PariwisataWisata Indonesia

5 Destinasi Wisata di Klaten Untuk Tujuan Liburan Keluarga

Destinasi Wisata di Klaten Untuk Tujuan Liburan Keluarga. Klaten adalah kabupaten yang berada di antara Solo dan Yogyakarta. Meski wilayah kecil, Klaten menyimpan destinasi wisata yang tidak bisa dilewatkan. Misalnya Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Plaosan, serta beberapa wisata candi yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

Selain itu, wisata di Klaten juga termasuk destinasi alam yang menyegarkan. Wisatawan bisa mengunjungi beberapa tempat pemandian dengan sumber mata air. Beberapa destinasi umbul di Kabupaten Klaten ini menjadi rekomendasi tempat wisata untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga.

Jika wisatawan mencari tempat untuk dikunjungi di Klaten terdapat beberapa rekomendasi wisata Klaten. Di bawah ini contoh destinasi wisata di Klaten untuk tujuan liburan keluarga.

1. Girpasang Destinasi Wisata di Klaten

Tempat wisata Girpasang ini terletak di Gritingan, Tegalmuryo, Kabupaten Kemarang. Dibuka pada Kamis (20 Januari 2022), Jembatan Gantung Klaten sempat membuat orang penasaran dan berbondong-bondong ke tempat wisata alam ini.

Jembatan inilah yang menghubungkan Girpasang dengan desa seberang. Selain jembatan, memiliki gondola dan kereta gantung. Setelah siang hari menjadi waktu tepat datang ke tempat wisata Klaten ini, tidak ada keramaian dan tidak ada antrian. Hindari Waktu liburan jika ingin liburan dengan suasana tidka terlalu ramai.

Bagi yang datang pada sore hari, bisa melihat sekilas kabut, dan semakin banyak pengunjung yang datang. Sore hari kabut semakin tebal, apalagi saat melintasi jembatan, rasanya seperti berjalan di atas awan yang tak berujung.

Kawasan wisata ini juga merupakan rumah bagi kafe santai, cocok untuk hang out bersama teman, pasangan, dan keluarga. Tiket Girpasang Klaten mulai dari Rp 2.000 per orang. Untuk menyeberangi jembatan itu gratis. Biaya naik gondola Rp 60.000 untuk empat orang.

2. Wisata Rivermoon Klaten

Tempat wisata Rivermoon terletak di Desa Karanglo, Polanharjo ini menjadi salah satu destinasi wisata menarik bersama keluarga. Wisatawan tidak hanya dapat menikmati makanan lezat di Rivermoon Restaurant Klaten, tetapi juga dapat menikmati pemandangan tepi sungai yang sangat damai.

Restoran ini tidak hanya memiliki suasana yang sangat tenang. Tetapi menawarkan permainan menyenangkan seperti arung jeram, tubing sungai, dan berkemah.

Jika wisatawan tertarik dengan river tubing dan ingin mencobanya, berjarak dengan panjang 500 meter dengan harga Rp 15.000. Apabila tak puas dengan jarak yang dekat, wisatawan dapat menghabiskan Rp 40.000 runtuk jarak 2 km. Harga sudah termasuk snack, air minum dan penjemputan dengan mobil.

Untuk outbond, wisatawan dapat membayar antara Rp 50.000 hingga Rp 90.000 tergantung paket yang dipilih. Wisata Rivermoon buka dari pukul 09:00 hingga 20:30 wib.

3. Bukit cinta Destinasi Wisata di Klaten

Apabila ingin berwisata alam sambil foto instagramable di media sosial, kunjungi Bukit Cinta di Desa Gunung Gajah Kecamatan Bayat. Destinasi wisata Klaten ini juga merupakan tempat wisata yang terkenal ikonik.

Dari tempat parikir, wisatawan tidak sabar untuk mengeluarkan kamera mereka segera setelah mereka keluar dari tempat parkir. Pengelola memang mengatur kawasan wisata di sekitar tempat parkir kendaraan.

Begitu sampai di puncak bukit, wisatawan bisa memilih spot foto bertema cinta. Dari atas bukit, jadi pemandangan dari sana melihat tempat sangat indah. Pemandangan persawahan dari atas terlihat seperti pemandangan di bawah terik matahari. Kota Klaten juga bisa terlihat dari kejauhan.

Selain objek wisata, Bukit Cinta juga merupakan situs geologi dan sering menjadi bahan penelitian oleh kampus-kampus besar seperti UGM. Tiket masuk Bukit Cinta bisa dikatakan terjangkau dengan biaya Rp 5.000. Selain itu bayar parkir Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor. Untuk mengunjungi Bukit Cinta bisa datang pukul 06.00, tutup pukul 17.00 wib.

4. Tempat Wisata Kali Talang di Klaten

Bagi pencinta alam yang ingin melihat indahnya pemandangan Gunung Merapi tanpa mendaki, datang ke objek wisata Kali Talang yang terletak di desa Balerante di kecamatan Kemalang. Ekowisata Kalitalang terletak hanya sekitar 4 km dari puncak dan salah satu tempat terbaik untuk melihat kekuatan Gunung Merapi.

Di sekitar Kalitalang dikelilingi oleh tebing-tebing terjal, yang dasarnya adalah aliran lahar sungai Gunung Merapi. Material Merapi biasanya mengarah ke Kali Woro Klaten, yang digunakan sebagai tambang pasir dan batu. Berhati-hatilah saat menjelajahi Kalitalang karena terdapat banyak tebing.

Fasilitas wisata di Kalitalang masih sederhana karena hanya dioperasikan oleh penduduk setempat. Namun sejauh ini minat masyarakat untuk mengunjunginya tidak berkurang. Salah satu spot pas sekali terutama bagi para pecinta fotografi. Puncak Merapi, asap belerang dan letusan kawah, serta aktivitas sehari-hari penduduk setempat menjadi bahan buruan foto.

Artikel menarik lainnya: Tempat Wisata di Selong Lombok Timur

5. Destinasi Wisata Klaten Candi Plaosan

Candi Plaosan terletak sekitar 1,5 km sebelah timur Candi Prambanan dengan arsitektur yang sangat unik. Diperkirakan dibangun pada abad ke-9, candi ini tidak sepopuler Candi Prambanan. Tetapi Candi Plaosan berhasil menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Banyak wisatawan yang ingin berkunjung dan melihat keunikan dan keindahan candi Plaosan ini karena banyak wisatawan yang mengunggah foto di Instagram dan media sosial lainnya. Candi ini merupakan contoh toleransi antar umat beragama pada zaman dahulu, karena gaya arsitektur candi itu sendiri merupakan perpaduan antara agama Buddha dan Hindu.

Candi Plaosan terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jarak dari pusat kota Klaten sekitar 15 km, atau 25 menit dengan naik mobil. Berangkat dari kompleks candi Prambanan, kawasan candi Plaosan lebih dekat. Bangunan Kuil Phraosan terbagi menjadi dua bagian. Yang pertama berada di utara dan disebut Candi Plaosan Lor. Di selatan, dikenal sebagai Candi Plaosan Kidul.

Artikel menarik lainnya: Hotel Termahal di Sumba NTT Tempat Penginapan Mewah Bagi Wisatawan

One thought on “5 Destinasi Wisata di Klaten Untuk Tujuan Liburan Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *