Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer

Tentang Sabumi Volunteer

Sekilas Tentang Sabumi Volunteer

Sabumi Volunteer merupakan komunitas sosial berdomisili di Sukabumi yang berkonsentrasi pada bidang pendidikan, bergerak secara independen dalam kegiatan pendidikan, seperti pendirian taman baca masyarakat (TBM), pendirian sekolah gratis, dan distribusi buku bacaan ke pelosok daerah.

Komunitas literasi yang terbentuk berawal dari rasa keperihatinan beberapa orang anak muda melihat kondisi anak-anak daerah terisolir yang kurang memiliki akses terhadap buku bacaan. Akhirnya inisiatif pun muncul untuk turun tangan menyalurkan buku secara langsung ke kampung-kampung yang berada di Kabupaten Sukabumi. Sabumi Volunteer berdiri tanggal 1 April 2015.

Pendidikan di pelosok Sukabumi tidak dalam kondisi yang baik-baik saja. Anak-anak usia sekolah dasar hingga sekolah menengah atas bisa dikatakan tidak memiliki buku berkualitas untuk dibaca. Jangan bayangkan ada fasilitas perpustakaan seperti sekolah di perkotaan. Karena alasan itulah, Sabumi Volunteer menggagas pendirian taman baca masyarakat di sekitar tempat tinggal masyarakat atau sekolah, membuat motor pustaka, dan ada pula menyerbarkan manfaat membaca dengan sepeda onthel (Onthel Pustaka).

Para relawan dibebaskan untuk berkreasi dengan cara-caranya sendiri untuk meningkatkan minat baca. Kegiatan dilakukan survei lokasi untuk melihat kelayakan pendirian tama baca masyarakat di kampung itu tidak mudah. Relawan harus melewati jalan dengan kondisi berlumpur atau berbatu. Lokasi kampung bisa berkilo-kilo melewati hutan dan sungat.

Bagi Sabumi Volunteer pendidikan adalah upaya sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran demi anak-anak daerah pelosok Sukabumi. Maka,turun tangan terlibat menjadi relawan literasi menjadi kunci untuk mendukung pendidikan anak-anak pelosok Sukabumi. Lalu, mengajak banyak komunitas untuk saling bahu membahu membangun kepedulian dan bergerak untuk berdonasi bagi generasi penerus di negeri ini.

Mendatangi langsung ke berbagai kampung di daerah pelosok, mencari tahu persoalan dari sumbernya, dan memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi. Satu per satu taman baca masyarakat telah didirikan. Sekolah gratis pun berhasil didirikan untuk mendorong kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan bagi anak-anak pelosok.

Sabumi Volunteer masih terus berupaya mencari buku untuk anak-anak di berbagai kampung di Sukabumi. Setidaknya telah berdirin lebih dari 20 taman baca masyarakat hingga saat ini. Hasil upaya mereka terus mendistribusikan buku membuktikan kenyataan yang sama bahwa, “Minat baca anak-anak di Sukabumi sangat tinggi, ketika akses terhadap sumber bacaan lebih dekat dengan tempat tinggal mereka.

Taman Baca Masyarakat pun menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh anak-anak. Mereka bisa membaca sambil bermain dengan gembira. Sekolah gratis pun berhasil memantik kesadaran orang tua untuk menyekolahkan anak-anak mereka.

Pelan-pelan perubahan terjadi, anak-anak semakin semangat membaca buku, orang tua bisa memasukkan anaknya ke sekolah gratis, dan kemampuan memahami bacaan semakin membaik. Dunia pendidikan pelosok jangan dibiarkan menjadi gelap dan harus ada penerang bagi mereka. Melalui, tangan-tangan para relawan literasi dan orang-orang yang peduli dunia pendidikan. Kami tentu saja membutuhkan bantuan berbagai pihak, termasuk Bapak/Ibu yang sedang membaca tulisan ini untuk mendukung kegiatan literasi demi kondisi pendidikan yang lebih baik di Sukabumi.

Kerjasama dengan Sabumiku.com/ Sabumi Volunteer

Jika Pembaca sabumiku.com memiliki petanyaan bisa hubungi kami. Pertanyaan demi pertanyaan tentang Sabumiku.com, kegiatan komunitas, dan isi informasi dalam media ini, silakan dituliskan dalam formulir yang telah disediakan di halaman ini.

Selain itu, kami juga menerima kerjasama iklan berbayar, Content placement, dan kerjasama dengan pihak ketika. Berikut email dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Email : sabumiku2017@gmail.com

Alamat surat : Jalan KH. Damanhuri No. 8 Kampung Paledang, Desa Cicantayan, Kec. Cicantayan, Kab.Sukabumi. 43155.

No. HP : 089620163841

Close