Tips Menghindari Penuaan Dini dan Menjaga Kulit Halus Wajah Kamu

menjaga kulit halus wajah cantik
menjaga kulit halus wajah cantik

Faktanya bahwa wajah mulai keriput, maka saatnya mengetahui tips menghindari penuaan dini dan menjaga kulit halus wajah kamu. Kesehatan kulit dipengaruhi banyak faktor, antara lain polusi, stres, dan kerusakan lapisan kulit akibat sinar matahari. Seiring waktu kulit pun menjadi kasar, keriput, bintik-bintik, mendur, dan semakin menua.

Selain itu, perubahan kimia dan hormon pada tubuh yang disebabkan perimenopause dan menopause dapat membuat hilangnya kehalusan kulit. Begitulah faktanya, proses penuaan pada wajah sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit kamu. Seperti kata David Pallock, ahli kimia kecantikan dan perawatan kulit, “Bertambahnya usia membuat  tubuh kita semakin sedikit menghasilkan zat-zat yang membuat kita terlihat lebih muda.

Lalu, muncullah sel-sel kulit mati dan keratin yang mempengaruhi tekstur dan penampilan kulit. Kelembaban yang semakin berkurang juga menjadi alasan utama kulit terlihat kasar dan kering. Namun, kamu jangan menyerah dan harus terus mengupayakan agar kulit tetap halus. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara menghaluskan kulit yang menua.

Baca juga: Duh Kenapa Haidnya Terasa Nyeri Sekali ya, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Konsumsi Makanan Bergizi Demi Memperoleh Kulit yang Oke

Kamu kan tahu kalau junk food tidak bagi bagi kulit, namun tetap saja memakannya. Padahal, bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Tahu enggak sih kalau makanan olahan, alkohol, dan karbohidrat olahan menghancurkan bakteri baik dan membuat tidak seimbangnya mikrobioma di usus kamu. Sehingga, mengakibatkan terjadinya peradangan dan tidak bagi kulit.

Untuk itu, kamu lebih baik mengonsumsi lebih banyak vitamin dan antioksidan dalam makanan, dengan memakan buah-buahan dan sayuran. Kulit membutuhkan buah-buahan dan sayur-sayuran untuk menjaga kulit tetap halus dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Asam lemak omega-3 pada ikan juga penting untuk membuat kulit menjadi halus dan bercahaya.

Tidur yang Cukup Sebagai Cara Menjaga Kulit Halus Wajah Kamu

Kondisi yang stres dapat mengakibatkan kerusakan kulit, apalagi membiarkan tubuh kurang tidur karena berbagai kesibukan. Tubuh akan menyesuaikan kondisi dan memulihkan rasa stres ketika memperoleh tidur yang cukup. Kualitas tidur yang cukup dapat menahan proses penuaan dini pada kulit.

Kondisi kelelahan membuat kulit kering atau pucat. Sementara tidak pernah mengucapayakan untuk menjaga kondisi tubuh. Orang yang kurang tidur akan tampak cekungan pada kulit di bawah matanya. Jalan terbaik menguranginya adalah dengan tidur secukupnya. Jam tidur yang cukup adalah apabilah memenuhi waktu  tujuh hingga delapan jam tidur setiap malam yang bermanfaat untuk meremajakan kulit dan tubuh Kamu.

Ayo Dong Olahraga yang Teratur

Setelah menginsumsi buah dan sayuran, lalu beristirahat dengan tidur yang cukup. Selanjutnya cobalah lakukan olahraga yang cukup. Olahraga teratur mendorong aliran darah dipompa lebih baik melalui pembuluh-pembuluh wajah. Hal tersebut sangat baik menjaga hormon yang penting bagi kulit dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Keringat yang keluar ketika berolahraga adalah cara yang bagus untuk membersihkan pori-pori di kulit kamu.

Jaga Kelembaban Kulit Kamu

Apakah kulit kamu dalam kondisi kering atau berminyak? Pelembab sangat penting digunakan untuk menyeimbangkan sebum di kulit dan mengisi kembali kelembaban yang hilang. Lotion dan krim adalah produk berminyak yang berfungsi untuk mengatasi sel kulit mati dan membuat permukaan kulit lebih halus.

Perhatikan pula bahan yang terkandung dalam lotion dan krim sesuai sensitivitas kulit. Perhatikan apakah kulit mudah berjerawat, muncul bintik-bintik cokelat atau gejala kulit lainnya sebelum mencoba produk pelembab. Cara terbaik menjadi kelembaban kulit dengan oleskan lotion atau pelembab dalam waktu tiga menit setelah mandi. Sehingga kondisi kulit wajah tetap dalam kondisi terbaik.

Menjadi Kelembaban Kulit dari Dalam Tubuh

Perbanyak minum air putih untuk menjaga kulit halus wajah kamu. Air putih adalah teman terbaik untuk mengeluarkan racun dari tubuh kamu. Semakin banyak air yang kamu minum, maka semakin baik bagi sel-sel kamu. Proses metabolisme di dalam sel dapat berkerja lebihefisien. Minum air setidaknya delapan hingga sepuluh gelas air sesuai kebutuhan tubuh.

Baca juga: Membingkai Alun-Alun Cianjur Cantik dan Indah Betul

Lalu, Hinda Terkena Cahaya Matahari Secara Langsung Terlalu Lama

Bukan rahasia lagi bahwa radiasi sinar UV adalah berdampak tidka baik bagi kulit. Faktanya, sebagian besar kerusakan kulit terjadi karena paparan sinar matahari.Efek berkepanjangan paparan sinar UV dapat menghancurkan kolagen dan elastin yang membentuk jaringan ikat pada kulit. Maka, perhatikan paparan matahari ke kulit kamu.

Nah demikianlah tips menghindari penuaan dini menjaga kulit halus wajah kamu. Walaupun sudah banyak tips tentang kesehatan kulit, tetapi tidak pernah dicoba dan diterapkan setiap hari. Sepertinya tiada gunanya deh. Hehe…

 

Sumber Lanjutan: Baca informasi di artikel berikut ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.