Duh Kenapa Haidnya Terasa Nyeri Sekali ya, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Haidnya Terasa Nyeri Sekali

Bagi kaum wanita, menstruasi acapkali tak teratur dan haidnya terasa nyeri sekali. Menstruasi terjadi karena perubahan siklik pada alat kandungan ditandai dengan terlepasnya endometrium yang dipersiapkan untuk menerima ovum yang telah dibuahi. Prosesnya dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron.

Masa normal haid adalah 2-8 hari. Namun ada banyak wanita yang sering mengalami melewati masa seharusnya.  Kondisi haid terasa nyeri sekali tersebut membuat mungkin khawatir, karena sudahlah waktunya terlalu lama dan terus-menerus mengeluarkan darah terus menerus. Kalau terjadi hal seperti itu, kamu mungkin harus memeriksa jangan-jangan terjadi gangguan haid.

Baca juga: Hai Sista Hati-Hati Kanker Payudara Di Tubuh Kamu

Haidnya Terasa Nyeri Sekali, Jangan-Jangan….

Kaum wanita harus memahami tentang jenis gangguan yang terjadi saat haid. Sehingga, kamu sudah menyadari apa yang terjadi pada dirimu ketika haid. Nah, adapun gangguan hadir yang terjadi sebagai berikut:

  • Kondisi yang sering terjadi disebut Dysmenorrhea adalah timbulnya perasaan nyeri. Ada 2 jenis macam Dysmenorrhea, yaitu primer dan sekunder. Perbedaannya Dysmenorrhea primer menimbulkan nyeri tanpa penyebab patologis, sedangkan Dysmenorrhea sekunder adalah gejala pada haid yang harus dicari penyebabnya.
  • Jenis gangguan haid lainnya seperti Menorhagia. Menorhagia adalah keluarnya darah haid secara berlebihan tetapi siklus tetap normal.
  • Metrorhagia yang ditandai terjadinya haid, padahal baru saja haid satu minggu sebelumnya.
  • Amenorhea primer yaitu kondisi sama sekali belum haid dalam siklus yang seharusnya.
  • Hymen hipofirata adalah kondisi selaput darah utuh.

Ketika mentruasi, sebagian wanita mungkin mengalami Dysmenorrhea ringan. Sedangkan sedikit wanita yang mengalami Dysmenorrhea berat. Lalu Apa yang harus dilakukan kalau terjadi jenis gangguan haid tersebut?

Tips Mengatasi Gangguan Haid Dysmenorrhea

Apabila kamu mengalami Dysmenorrhea, maka tindakan yang harus dilakukan adalah olah raga ringan seperti Jogging atau senam aerobik. Kedua tindakan tersebut sangat membantu untuk mengurangi rasa sakit. Sebab, Hormon Endrofin yang dihasilkan dapat membantu menyeimbangkan kerja Hormon Prostaglandin.

Kamu juga dapat mengompres perut dengan botol yang berisi air Hangat atau panas, Manfaatnya dapat merelaksasi otot uterus yang sedang berkontraksi. Selain itu, kamu harus menghindari makanan dan minumam tertentu, seperti makanan berlemak, soda, alkohol, dan minuman mengandung kafein.

Baca juga: Menikmati Akhir Pekan Melihat Wajah Baru Pendopo Cianjur

Ganti saja jenis makanan dan minuman tersebut dengan konsumsi buah dan sayur, seperti minum jahe. Hal tersebut sangat membantu dalam memulihkan rasa nyeri haid.

Demikianlah tips yang dapat dilakukan saat terjadi pada diri kamu ketika hadinya terasa nyeri sekali. Semoga informasi ini bermanfaat dan kamu mengerti masalah yang terjadi ketika menstruasi.

Ditulis Oleh: Peggie Widya Putri

One thought on “Duh Kenapa Haidnya Terasa Nyeri Sekali ya, Bagaimana Cara Mengatasinya?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.