Tue. May 28th, 2024
    Mencuci tangan pakai sabunMencuci tangan pakai sabun

    Mencuci tangan pakai sabun lebih efektif untuk menghilangkan virus dan bakteri dari tangan dibandingkan hand sanitizer, namun tetap harus dilakukan dengan benar. Pesan paling penting selama berkembangnya penyebaran COVID-19 dari petugas kesehatan adalah menjaga perilaku hidup sehat dan bersih.

    Begitulah kenyataannya, mencuci tangan dengan sabun sebagai cara sederhana membunuh virus yang mungkin menempel di tangan Anda. Tetapi benarkah demikian, saya kan sudah membeli hand sanitizer demi kesehatan keluarga di rumah.

    Dikutip dari situ unicef, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir atau memakai hand sanitizer (pembersih tangan) bisa membunuh kuman dan patogen. Hand sanitizer lebih praktis dipakai ketika dibawa ke luar rumah. Namun susah mendapatkannya saat kondisi darurat penyebaran virus corona sekarang ini.

    Jika dibandingkan keduanya, sabun lebih baik, karena pembersih tangan berbasis bahan alkohol dapat membunuh coronavirus. Tetapi tidak membunuh semua jenis bakteri dan virus di tangan Anda. Hand sanitizer dengan kandung setidaknya 60 persen alkohol menjadi pilihan kedua, apabila tidak mempunyai sabun dan sulit menemukan air mengalir. Setelah menggunakan hand sanitizer sangat penting mencuci tangan segera dan tetap hindari kontak tangan dengan orang lain.

    Mencuci Tangan Pakai Sabun itu Penting untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

    Cara Mencuci Tangan yang Benar
    Cara Mencuci Tangan yang Benar

    Virus yang menyerang pernapasan seperti penyakit virus corona (COVID-19) menyebar ketika lendir atau tetesan dari orang yang bersin dan batuk mengandung virus masuk ke tubuh melalui mata, hidung, atau tenggorokan. Virus sering menyebar melalui tangan dari satu orang ke orang lainnya.

    Berapa lama harus mencuci tangan? Tangan dicuci selama 20-30 detik. Untuk mencegah COVID-19, Anda disarankan mencuci tangan, ketika melakukan kegiatan sebagai berikut :

    • Setelah batuk atau bersin.
    • Mengunjungi ruang publik, termasuk transportasi umum, pasar dan tempat-tempat ibadah.
    • Menyentuh permukaan di luar rumah, termasuk memegang uang.
    • Sebelum, selama dan setelah merawat orang yang sakit.
    • Sebelum dan sesudah makan.

    Baca juga : FIERSA BESARI : ORANG TIDAK TAKUT VIRUS CORONA OTAKNYA KETINGGALAN DI RAK SEPATU

    Ajarkan pula anak-anak mencuci tangan dan jadikan menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Jadi anak-anak memiliki kebiasaan hidup sehat dan bersih tidak hanya ketika masa pandemi virus corona. Jelaskan pula pentingnya mencuci tangan untuk mencegah virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh.

    Virus mudah menyebar salah satunya karena sentuhan tangan, maka bersihkan dengan sabun sebelum berakibat fatal terhadap kesehatan Anda.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *