Sat. May 25th, 2024
    Terjangkit Virus Corona, Apakah Perlu Langsung ke Rumah SakitTerjangkit Virus Corona, Apakah Perlu Langsung ke Rumah Sakit

    Ada banyak orang yang bertanya, kalau saya terkena virus corona, Apakah boleh langsung pergi ke rumah sakit? Ketahuilah dalam penanganan Virus Corona dilakukan dengan skala prioritas. WHO (Badan Kesehatan Dunia) telah merilis bahwa sebagian besar orang terinfeksi virus merasakan gejala ringan, antara lain : batuk dan demam tinggi. Kalau kondisinya seperti itu, mereka tidak perlu dirawat di rumah sakit.

    Ada kelompok yang lebih prioritas yang berisiko sakit parah, seperti :

    1. Orang lansia (lanjut usia)
    2. Orang dengan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes atau paru-paru.

    Maka, penanganan rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya diutamakan bagi orang dengan risiko gejala parah dan butuhpengobatan serius lainnya. Kenapa tidak semua orang disarankan pergi ke rumah sakit? Karena ditakutkan orang yang tadinya negatif COVID-19 malah terpapar virus di rumah sakit. Jika jumlahnya kian bertambah, sarana kesehatan dan tenaga medis akan kewalahan.

    Merasa Terjangkit Virus Corona, Tetapi Gejalanya Ringan Lebih Baik Istirahat Di rumah Tidak Langsung ke Rumah Sakit

    Jangan Lupa Deteksi Perkembangan Kesehatan Pribadi Diri Pribadi. Apabila kondisi sakit ringan, disarankan lebih baik istirahat saja di rumah. Pantau kondisi kesehatan diri sendiri. Konsumsi makanan bergizi, minum air yang cukup, dan jaga jarak dengan anggota keluarga lain. Apalagi kalau ada anggota keluarga dari luar rumah. Suruh cuci tangan dan mandi sekalian.

    Ingat jaga pola hidup bersih dan sehat. Cuci pakaian kotor, pelengkapan minuman, gagang pintu, permukaan benda lain. Hal paling penting dilakukan adalah mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Waktu mencuci tangan dengan sabun tersebut setidaknya selama 20 detik.

    Baca juga : ANCAMAN LEBIH BESAR VIRUS CORONA JAKARTA SEMUA TEMPAT HIBURAN DAN REKREASI DITUTUP

    Bagaimana kalau Kondisi Kesehatan Memburuk?

    Apabila kondisi kesehatan memburuk, dengan ciri demam tinggi dan sesak napas, hubungi nomor kontak yang disarankan pemerintah atau pergi ke sarana kesehatan setempat. Tidak perlu membawa anak-anak ke rumah sakit dan sarana kesehatan lainnya. Anak-anak lebih baik di rumah.

    Disarankan tidak mengunakan angkutan umum dan upayakan jaga jarak 1 meter. Apabila berada di sarana kesehatan pun tetap diperintahkan sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Jika tidak ada gunakan cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%).

    Virus corona sangat berbahaya dapat menyebar dengan jarak dekat. Percikan yang keluar dari mulut orang terjangkit COVID-19 karena batuk dan bersin dapat menyebar dengan cepat. Orang dengan mudah terpapar virus corona. Para ahli membuat perkiraan bahwa satu orang sakit dapat menulari 2-3 orang lainnya. Bahkan, sebagian ahli lain menyatakan dapat menulari hingga 4-5 orang.

    Jadi, mari jaga kesehatan dan lakukan yang terbaik untuk menjaga kesehatan diri serta keluarga. Tetap di rumah, tidak perlu kemana-mana, apalagi untuk kegiatan yang tidak penting.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *