Wisata Sukabumi

Wisata Taman Gunung Wayang Sukabumi Tempat Makan, Naik Kuda, dan Main ATV

Wisata Taman Gunung Wayang didirikan atas inisiatif Pemerintah Desa Gununggendut, Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi. Sang Kepala Desa bermimpi tempat tinggalnya memiliki kawasan agro wisata yang lokasinya tepat bawah kaki Gunung Wayang.

Kesempatan tersebut memperoleh titik terang ketika PTPN VIII memiliki rencana mengembangkan lahan kelapa sawit. Namun, warga melakukan penolakan karena dinilai merusak lingkungan dan menyerap air. Masyarakat lebih ingin lahan di sekitar tempat tinggal mereka ditanam pohon kayu dan buah.

Lalu, diajukan kerjasama untuk mengembangkan lahan dengan luas 8,4 Ha pada tahun 2017. Setelah dibuat rencana teknis dan dana mulai dibangun tempat wisata ini pada tahun 2019. Pendanaan pun diperoleh dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kas desa, dan dana swadaya masyarakat.

Peresmian Tempat Wisata Taman Gunung Wayang Sukabumi Dimulai Tahun 2021

Meskipun belum selesai seluruhnya, kawasan wisata Taman Gunung Wayang Sukabumi mulai diresmikan pada April 2021 lalu. Konsep tempat wisata dibangun dengan nuansa Bali dan sangat terlihat di gerbang masuk mirip pura. Ide tentang Bali diambil karena sang Kepala Desa sangat suka dengan bentuk desain tempat wisata di Pulau Dewata.

Jika dilihat sekilas, gapura persis sekali dengan bagunan yang terdapat di Bali. Meski begitu, sebenarnya tempat makan sukabumi disisipkan desain bernuansa Sunda.

Konsep ala Bali tersebut ternyata berhasil menari banyak kunjungan wisatawan lokal untuk datang ke tempat wisata Sukabumi ini. Hal itu, membuat pengelola semakin yakin bahwa destinasi yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Gunungendut bisa menyokong ekonomi masyarakat.

Kegiatan Di Agro Wisata Taman Gunung Wayang Sukabumi

Agro Wisata Gunung Wayang Sukabumi menjadi tempat wisata Sukabumi Hits baru semakin hari kian banyak pengunjungnya. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan dan dinikmati di tempat wisata yang rencananya akan dilengkapi dengan panggung seni, area wirausaha, camping ground, saung, flying fox, kolam renang, dan danau buatan.

Tempat Wisata Sukabumi Ramah Anak

Tempat Wisata Gunung Wayang Sukabumi memiliki alam yang indah karena menjadi tempat hiburan dan tempat makan bersama anak-anak.Karena terdapat wahana permainan anak-anak dan taman piknik sebagai tempat botram (makan bersama) keluarga.

Di sana juga ada Gazebo (saung) yang berciri rumah adat sunda menjadi tempat makan sukabumi dan bersantai wisatawan. Anak-anak juga bisa bermain kora-kora, komidi putar, perosotan dan lainnya. Selain itu, bisa juga mengajak naik kuda dan main ATV.

Wisatawan bersama keluarga bisa menyusuri keindahan alam Gunung Wayang sambil bermain bersama anak-anak. Ketika lapar dan perut terasa keroncongan, maka tinggal memesan makanan dan minuman yang di lokasi sesuai menu yang disediakan.

Pengelola juga menanam pohon hingga 3.412 bibit pohon jeruk, jambu kristal, jambu madu, lengkeng, mangga, alpukat, nangka, sirsak dan durian. Selain itu, ditanam pula pohon vinus, pala dan kelapa.

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Gunung Wayang Sukabumi

Tiket masuk Wisata Taman Gunung Wayang Sukabumi cukup murah dan tidak memberatkan pengunjung. Tiket Masuk dikenakan biaya Rp. 5000/orang. Wisatawan pun bisa menikmati dan mencoba berbagai wahana di tempat wisata kuliner Sukabumi ini.

  • Tiket Masuk: Rp 5000/orang
  • Wahana Kora Kora: Rp 10.000/orang
  • Komidi Putar: Rp 8000/orang
  • Wahana Berkuda: Rp 10.000/orang
  • Parkir Motor: Rp 2000/Motor
  • Tiket Parkir Mobil: Rp 5000/Mobil

Tempat wisata Agrowisata Sukabumi ini dibuka dari pukul 09.00 hingga 22.00 WIB setiap hari.

Artikel menarik lainnya: Wisata Bukit Durian Sagara Sukabumi Makan Langsung dari Pohon Dekat Pelabuhan Ratu

Lokasi dan Fasilitas Tempat Makan di Sukabumi

Alamat tempat wisata Gunung Wayang berada di Desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi.  Tempat wisata Sukabumi ini berjarak menghabiskan 2 jam perjalanan dari Kota Sukabumi. Kalau dari Gunung Endut, rute dari Cibadak sekitar 30 minute.

Demikian tempat Wisata Taman Gunung Wayang Sukabumi Wisata tempat makan di Sukabumi. Pengunjung bisa menikmati makanan, Naik Kuda, dan Main ATV bersama anak-anak. Wisatawan bisa menghabiskan waktu bersama di sana dari pagi hari sampai menjelang malam hari.

Artikel menarik lainnya: Puncak Belendung Goalpara Sukabumi Wisata Hits Baru Perkebunan Teh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *