Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Wisata Sukabumi

Ada Cerita Rakyat Menarik Dibalik Wisata Alam Air Terjun Cikaso Sukabumi

Air Terjun Cikaso sukabumi terkenal sangat populer sebagai wisata alam air terjun bagi wisatawan pecinta wisata alam. Objek wisata ini berada di Dusun Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade menyuguhkan pemandangan yang indah dan memanjakan mata dengan aneka pohon-pohon hasil ciptaan alam.

Curug Cikaso memiliki nama lain yaitu curug luhur, karena sumber air mengalir dari anak Sungai Cikaso. Sehingga nama sungai tersebut menjadi identik dari penamaan orang lokal sebagai nama air terjun juga. Orang lokal menyebutkan terdapat tiga titik aliran air, namun ada 2 aliran saja yang terlihat dan satu agark ditutup oleh tebing.

Nama tiga aliran sungai tersebut, antara lain curug asepan di sebelah kiri, Curug Meong di tengah, dan Curug Aki di sebelah kanan. Dari ketiga aliran air tersebut mengalir begitu inda bermuara di air terjun Cikaso Sukabumi. Suasana menjadi lebih menarik, karena wisatawan yang berkunjung dapat menikmati suasana alam.

Cerita Rakyat dan Menariknya Air Terjun Cikaso sukabumi

Bagaimana pembaca sekalian menarik bukan? Bagi kamu yang senang mengunjungi tempat wisata alam tentu saja Curug Cikaso Sukabumi menjadi pilihan wajib untuk didatangi. Bukan hanya tentang aliran sungainya saja, di bawah Curug Cikaso membentuk kolam yang memiliki kedalaman 15 m.

Kolam yang terbentuk secara alami ini dapat digunakan sebagai tempat berenang, namun harus dalam pengawasan pengelola Curug Cikaso. Kolam dari Air Terjun Cikaso sukabumi ini memiliki air yang jernih berwarna hijau kebiruan. Semua aliran air akan bermuara ke Tegal Buleud, Kabupaten Sukabumi.

Selayaknya air terjun lainnya yang berada di Kabupaten Sukabumi, Curug Cikaso mempunyai cerita legenda dari masyarakat yang sangat khas. Diceritakan bawah Curug Cikaso dihuni oleh penunggu yang sakti.

Air terjun Cikaso Sukabumi menjadi lokasi bersemayam Nyai blorong (penunggu Curug Aseupan), Eyang santang (penunggu Curug Meong, dan Prabu Siliwangi (penunggu Curug Aki).

Rute Menuju Curug Cikaso Sukabumi

Air terjun terletak sekitar 8 km dari Surade, Kabupaten Sukabumi dan 15 kilometer dari‚ Jampang Kulon, Sukabumi. Sedangkan dari Ujung Genteng berjarak 32 km dan 110 km dari‚ Kota Sukabumi. Sedangkan, dari Kota Palabuhanratu berjarak sekitar 70 km.

Para wisatawan dapat pergi menuju Curug Cikaso dari Surade yang diperkirakan menghabiskan 30 menit. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat untuk sampai di pertigaan Jalan Cikaso. Curug Cikaso terletak tidak jauh dari lokasi Wisata pantai Ujung Genteng.

Ada pilihan lain jalur menuju Curug Cikaso, antara lain dari pertigaan/pasar Cinagen, Jampang Kulon dan‚ masuk ke arah cikaso, menghabiskan kurang lebih 5 km perjalanan. Piilihan jalur lainnya melalui jalan memutar berkeliling dimulai dari pertigaan Cibarehong, lalu, Surade ke arah SMAN 1 Surade dan masuk ke arah kiri, sekitar 3 km dari pertigaan Cibarehong.

Hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi jalan menuju air terjun yang cukup menyulitkan. Sebelum pergi ke Curug Cikaso perlu dipastikan kondisi kendaraan. Karena kondisi badan jalan yang berlubang, medan jalan cukup berat. Selain itu, kondisi jalan memiliki tikungan tajam, tanjakan, dan turunan curam.

Baca juga :

Pemerintah Dukung Pengembangan Wisata Labuan Bajo Marina

Pertemuan Jokowi dan Prabowo di MRT Demi Persatuan Indonesia

Biaya masuk ke Air Terjun Cikaso sukabumi, Murah Enggak Sih?

Setelah mengetahui keindahan alam dan jalan menuju Curug Cikaso, apakah pembaca tidak tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata ala mini? Wisatawan harus menyiapkan uang untuk tiket masuknya. Agar tidak merasa kemurahan atau kemahalan ketika sampai di lokasi Curug Cikaso.

Wisatawan harus membayar biaya masuk dan beberapa biaya lainnya. Pengunjung harus memperhatikan daftar harga di bawah ini.

Harga Terbaru Tiket Curug Cikaso Sukabumi

Kategori Harga (Rp.)
Mobil Rp 27.000
Parkir Mobil Rp 6.000
Bagi Pejalan Kaki Rp 3.000
Uang Kebersihan Rp 2.000
Sewa Perahu Rp 60.000
Bayar Toilet Rp 2.000

Nah, kalau sudah mengetahui tarifnya, tentu wisatawan tidak usah merasa was-was ketika tiba di Curug Cikaso. Tarifnya masuk, parkir, sewa perahu dan bayar toilet sudah tertera di daftar di atas. Jadi tunggu apalagi, Yuk mari berwisata ke Curug Cikaso.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close