Sun. May 26th, 2024
    Lapangan Merdeka Sukabumi. Dok sukabumikota.go.idLapangan Merdeka Sukabumi. Dok sukabumikota.go.id

    Lapangan Merdeka Sukabumi adalah ruang public yang berada di kota dan menjadi tempat kegiatan olahraga warga. Selain itu, kerap dipakai menjadi tempat upacara dan acara-acara resmi oleh pemerintah, organisasi atau ataupun acara sekolah.

    Lapangan terbuka di Sukabumi ini juga memiliki lintasan lari sekitar 400 meter yang mengelilingi lapangan. Di kawasan itu ada lapangan basket, voli, tempat bermain bola, dan kegiatan olahraga lainnya. Adapula gelanggang olahraga tertutup berada di sudut barat daya lapangan.

    Pintu masuk utama lapangan Merdeka Sukabumi berada di sebelah di timur yang mengarah ke Jalan Perintis Kemerdekaan. Jalan jalan sukabumi di lapdek ini bisa melewati  pintu lain juga bisa menjadi pintu masuk, seperti dari Jalan Veteran di sebelah utara dan Alun-alun di sebelah selatan.

    Lokasinya yang berada di pusat kota membuat lapangan ini selalu ramai dijunjungi warga Sukabumi. Tidak hanya di hari libur, dikala hari kerja banyak warga yang pergi ke sana dari pagi hingga sore hari. Lapangan Sukabumi ini sangat ramai ketika hari Minggu. Jumlah pengunjung bisa mencapai berkali lipat. Di sana adapula pedagang yang menjual makanan ringan dan minuman, sehingga sangat mudah membelinya ketika perut kosong.

    Lapangan Merdeka Sukabumi Telah di Tata Ulang oleh Pemerintah Kota Sukabumi

    Keberadaan Lapangan Merdeka Sukabumi bisa dikatakan sebagai ruang terbuka publik yang cukup pas dan sangat dekat dengan alun-alun Kota SUkabumi. Kondisinya pun telah ditata ulang sehingga tampak bersih dan rapih.

    Penataan Alun – alun dan Lapang Merdeka telah selesai dilakukan dan Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, bersama Sekretaris Daerah, Dida Sembada, serta jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) telah memantau k awasan tersebut.

    Untuk diketahui jalan jalan Sukabumi, penataan Kawasan Alun – alun dan Lapang Merdeka dilakukan sejak bulan Juli 2021. Selanjutnya, akan masuk tahap pemeliharaan selama 6 bulan dari pihak pengembang. Walikota menyatakan Kawasan Lapang Merdeka dan Alun-alun Kota Sukabumi bisa digunakan kembali mulai awal tahun 2022.

    Artikel menarik lainnya: Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar Sukabumi dan Kehidupan yang Mengikuti Perintah Para Leluhur

    Tidak Hanya Menata wisata kota sukabumi terbaru Lapangan Merdeka, Pemerintah juga Menata Kawasan Pedestrian Ahmad Yani

    Pemerintah Kota Sukabumi juga melakukan Penataan Kawasan Pedestrian Ahmad Yani. Wali Kota menjelaskan kalau penataan, segmen 1 hingga 3 telah selesai dan semua pekerjaan telah selesai sesuai dengan target. Sisa pekerjaannya adalah menata ulang kabel listrik dan telepon di kawasan pedestrian wisata kota sukabumi terbaru.

    Pemindahan kabel dan tiang listrik serta telepon akan dilakukan oleh PT. PLN dan Telkom. Pemerinta Daerah Kota Sukabumi akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk penyediaan fasilitas tempat sampah untuk kawasan pedestrian.

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah juga telah meninjau Alun-Alun dan kawasan Pedestrian Kota Sukabumi. Menurutnya, Jalur pedestrian tampak sudah nyaman untuk pejalan kaki. Kang Emil akan melakukan peresmian Alun-alun dan Lapangan Merdeka Kota Sukabumi pada tanggal 8 Januari 2022.

    Artikel menarik lainnya: Fakta Menarik dan Unik Tentang Kota Bogor dari Nama Hingga Sejarah

     

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *