Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Wisata Sukabumi

Puncak Darma Geopark Ciletuh Menjadi Lokasi Paling Sering Dikunjungi Wisatawan

Membicarakan Liburan ke Sukabumi, tidak lengkap rasanya tidak berkunjung ke Puncak Darma Geopark Ciletuh. Namanya menjadi semakin terkenal sejak Geopark Ciletuh menjadi lokasi tujuan wisata andalan Kabupaten Sukabumi. Seolah, kalau belum datang ke tempat ini belum berwisata ke Sukabumi.

Bagi Kamu yang belum pernah ke tempat wisata andalan ini, Puncak Darma Geopark Ciletuh merupakan bukit yang terlelatk di Teluk Ciwaru. Puncak Darma menjadi titik yang dijadikan para wisatawan sebagai tempat selfie.

Puncak Darma menjadi perbincangan hangat di wisatawan lokal maupun internasional. Selain keindahan alamnya yg sangat menakjubkan kawasan ini sangat enak di pandang mata.

Puncak Darma Geopark Ciletuh Namanya Berasal dari Nama Pasir Muncang

Sebelum bernama Puncak Darma, lokasi wisata ini bernama Pasir Muncang. Setelah penggarapan Geopark Ciletuh sebagai wisata andalan, namanya mulai diganti. Karena menjadi salah satu bagian dari wisata Geopark Ciletuh.

Sejak pergantian nama tersebut, nama Pasir Muncang sudah mulai tidak dikenali lagi. Apalagi berbagai pihak selalu mengenalkan nama Puncak Darma Geopark Ciletuh menjadi lokasi destinasi wisata.

Beberapa tahun belakangan, wisatawan semakin banyak berkunjung dan tidak sedikit yang berkemah di Puncak Darma. Lokasinya sudah menjadi jauh lebih baik dibandingkan dulu hanya ada ilalang dan kebun warga.

Setelah dikembangkan menjadi wisata andalan Sukabumi, warung-warung mulai berdiri. Jadi enggak usah takut kelaparan kalau kehabisan makanan ketika berkunjung ke Puncak darma.

Puncak Darma Sebagai Lokasi Selfie dan Menyajikan Pemandangan Alam yang Indah

Dari lokasi tersebut bisa melihat Teluk Ciletuh dengan pemandangan Pantai Palangpang yang indahnya kebangetan dan sangat menakjubkan. Kamu juga bisa melihat berakhirnya aliran sungai Ciletuh dari ketinggian tempat tersebut.

Wisawatan juga bisa melihat sunset dengan posisi matahari terbenam searah dengan teluk. Pulau-pulau kecil pun bisa dilihat meski tampak sangat kecil dari kejauhan kea rah selatan.

Ada yang mengatakan kalau Puncak Darma seperti tribun dari amfiteater untuk menyaksikan pemandangan alam. Istilah amfiteater merupakan hasil karya cipta berupa arena pertunjukan terbuka yang bentuknya lingkaran, setengah lingkaran, ataupun oval.

Tidak heran disesbut seperti tersebut, karena bentang alamnya berbentuk tebing dan pantai yang bentuknya setengah lingkaran. Selayaknya amfiteater dengan barisan tebing yang sangat indah.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Puncak Darma Geopark Ciletuh, jalan ke lokasi ini dinilai sudah cukup baik, namun harus hati-hati. Karena jalannya terjal dan sempit. Setiap pengendara harus awas dengan kondisi jalannya.

Baca juga :

Hukum Mati Sopir Angkutan Kasus Pembunuhan Gadis Asal Cianjur!

Antusiasnya Orang Tua Dalam Kegiatan Market Day Sekolah Alam Indonesia Sukabumi

Apabila datang dari Jakarta, wisatawan dapat menghabiskan waktu setidaknya 8 jam. Lumayan memakan waktu, tetapi cukup sebanding dengan keindahan yang ingin diperoleh di Puncak Darma.

Puncak Darma termasuk dalam kawasan Geopark Ciletuh yang lokasinya di di Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi wisata tersebut, Kamu jangan bertanya ke warga sekitar agar tidak nyasar di jalan. Ingatkan peribahasa, kalau malu bertanya akhirnya akan jalan-jalan.

Jadi, para wisatawan yang budiman yuk ah Kemon berkunjung ke Puncak Darma Geopark Ciletuh. Kamu tidak akan menyesal menyaksikan keindahan alam Geopark Culetuh Palabuhanratu setelah berlelah-lelah menikmati perjalanan panjang.

Sumber Foto : Hidayat Asep

Dari Grup Facebook Wisata Alam Sukabumi

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close