Wisata Sukabumi

Puncak Belendung Goalpara Sukabumi Wisata Hits Baru Perkebunan Teh

Puncak Belendung Goalpara Sukabumi adalah tempat wisata hits baru yang berada di Desa Cisarua, Kecamatan Sukaraja. Lokasinya di dekat perkebunan teh yang tepat posisinya di bawah kaki Gunung Gede Pangrango. Di sana juga terdapat pabrik teh dan rumah penjaga yang telah ada sejak zaman Belanda.

Tempat wisata hits Sukabumi ini dibangun atas inisiatif warga lokal yang memanfaatkan lahan PTPN Goalpara. Pengelolanya ingin memanfaatkan suasana alam yang asri dan indah ala perkebunan teh dengan panorama latar belakang Gunung Gede Pangrango Sukabumi.

Nama Belendung berasal dari Pohon Belendung yang tumbuh di sekitar perkebunan teh. Nama tersebut pun dijadikan sebagai tempat wisata Puncak Belendung. Objek wisata Sukabumi ini biasanya ramai didatangi terutama weekend dan hari libur nasional. Orang biasa membawa makanan dan botram di sana. Kalau pun tidak membawa makanan, bisa membelinya di warung-warung di sekitar tempat wisata.

Berfoto di Jembatan Belendung Goalpara Sukabumi

Foto di Jembatan Belendung Goalpara Sukabumi
Foto di Jembatan Belendung Goalpara Sukabumi

Tempat wisata alam Sukabumi baru ini dibangun spot foto berupa jembatan. Namanya adalah jembatan Belendung. Dari atas jembatan, wisatawan bisa melihat panorama perkebunan teh dan pohon-pohon hijau. Selain itu, sering dimanfaatkan sebagai tempat berfoto di beberapa spot, seperti sangkar burung, gambar angsa, sayap burung dan kupu-kupu.

Jembatan Belendung Goalpara Sukabumi dibuat dibuat dari bahan kayu dan batang bambu dengan bentuk prisma. Wisatawan yang datang biasanya langsung naik ke jembatan sebelum berkeliling di sekitar tempat wisata.

Sebelum naik jembatan, pengunjung bisa memberikan uang seikhlasnya di kotak yang telah disediakan. Di atas jembatan ini, terdapat spot sangkar burung untuk berfoto dan biasanya tidak dilewatkan oleh pengunjung. Dari atas jembatan kayu ini, pengunjung juga bisa melihat kondisi permukiman pedesaan di sekitar Goalpara Sukaraja Sukabumi.

Makan Bersama atau Botram Bersama Keluarga dan Teman-Teman

Foto Bersama Keluarga dan Teman-Teman di Puncak Belendung
Foto Bersama Keluarga dan Teman-Teman di Puncak Belendung

Wisatawan biasanya datang beramai-ramai bersama keluarga dan teman-teman. Tidak sedikit pengunjung yang mebawa makanan dari rumah. Lalu makan bersama atu botram di sekitar tempat wisata. Kalau pu tidak membawa makanan, bisa dibeli di warung-warung di sana. Kalau mau makan dengan nyaman, pengunjung bisa menyewa saung berbentuk setiga dengan membayar Rp 25.000.

Camping Puncak Belendung Goalpara Sukabumi

Berfoto di Sekitar Lokasi Puncak Belendung
Berfoto di Sekitar Lokasi Puncak Belendung

Bagi pengunjung yang suka camping, pengelola menyediakan tempat mendirikan tenda di area camping ground. Lahan yang disediakan bisa dikatakan cukup luas. Pengunjung yang ingin camping akan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk biaya pengelolaan dan kebersihan. Camping tempat ini akan berbeda dengan di pegunungan, karena suasananya sangat lekat dengan panorama perkebunan teh.

Harga Tiket Masuk Puncak Belendung Goalpara Sukabumi

Biaya Tiket masuk tidak ditentukan oleh pengelola. Pengunjung bisa membayar seikhlasnya.

Jadi berikanlah uang kepada pengelola di tempat yang disedikan. Uang yang dikeluarkan tidak akan sia-sia karena bisa liburan murah dan menikmati wisata ala perkebunan teh.

Pengunjung juga bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di sana, seperti tolet, tempat parkir, spot foto, dan fasilitas lainnya.   

Artikel menarik lainnya: Wajah Baru Lapangan Merdeka Sukabumi yang Makin Cantik dan Selalu Dikunjungi Warga Kota

Lokasi Puncak Belendung

Alamat tempat wisata Puncak Belendung Goalpara Sukabumi berada di Jalan Goalpara No.km.8, Cisarua, Kec. Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pengunjung bisa datang menaiki angkutan umum yang melewati Jalur Goalpara Sukabumi atau kendaraan pribadi.  Kalau naik angkutan umum bisa menaiki angkot 04 warna merah dari sukabumi akses ke Goalpara, sampai terminal goalpara. Lalu, masuk ke kawasan pabrik teh Goalpara dengan jalan kaki sekitar 50M ke lokasi. Dengan melewati kawasan pabrik.

Jika naik kendaraan pribadi motor maupun mobil bisa langsung masuk kawasan pabrik dan sudah disediakan area parkir. Selanjutnya, pengunjung hanya berjalan kaki sekitar 20 meter ke lokasi.

Jalan menuju ke tempat lokasi bisa dikatakan cukup luas dan muat untuk dilewati mobil dari dua arah. Patokan tempat wisata adalah perkebunan dan pabrik teh Goalpara. Jika pergi dari pusat Kota Sukabumi membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan jarak sekitar 13 km.

Demikian penjelasan mengenai Puncak Belendung Goalpara Sukabumi Wisata Hits Baru di Dekat Perkebunan Teh. Tempat wisata hits dan murah yang cocok didatangi beramai-ramai bersama teman-teman dan keluarga.

Artikel menarik lainnya: Cafe Di Bawah Langit Selabintana Sukabumi Tempat Makan Hits Di Taman Ruang Terbuka

One thought on “Puncak Belendung Goalpara Sukabumi Wisata Hits Baru Perkebunan Teh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *