Wed. Apr 24th, 2024
    Pulau Kunti Sukabumi. photo by @chitraachiet @irfanfirPulau Kunti Sukabumi. photo by @chitraachiet @irfanfir

    Pulau Kunti Sukabumi adalah bagian destinasi wisata yang menjadi bagian dari destinasi wisata Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu. Tempat wisata alam ini berada di ujung semenanjung area Gunung Badak kawasan Hutan Suaka Margasatwa Cikepuh atau Cagar Alam Cibanteng.

    Pulau Kunti Sukabumi dikenal dengan pantai berpasir putih, memiliki deretan karang sisa lava gunung ap, dan pohon yang rimbun. Keberadaan pulau ini semakin dikenal sejak dimasukkan dalam jaringan UNESCO Global Geopark (UGG) pada tahun 2018. Sehinga, pulau ini dijadikan objek wisata, selain dikenal dengan air terjun, hutan yang indah, dan kekayaan alam lainnya.

    Kenapa Dinamakan Pulau kunti di Sukabumi?

    Nama Pulau Kunti menjadi nama objek wisata bukan berarti karena banyak ditemukan kuntilanak di sana. Tetapi suara itu terbentuk dari badai dan gelombang air pasang yang bisa mencapai 4 hingga 5 meter. Lalu, membentur deretan batuan lava dan embuat gema yang menghasilkan bunyi seperti kuntilanak tertawa.

    Jadi nama yang serap itu sama sekali tidak berkaitan dengan dunia mistis. Suara ‘kuntilanak’ itu berasal dari proses alamiah.Nah, bunyi tersebut seperti suara tawa membuat masyarakat di Kampung Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Sukabumi memberi nama Pulau Kunti.

    Dikala belum seramai saat ini, ada juga orang-orang yang menyebut pulau ini seram dan angker. Tetapi bagi warga lokal tidak demikian, biasa menjadi tempat memancing atau mencari ikan di sana. Suara seperti kuntilakan tersebut pun dianggap biasa karena sudah tahu berasal dari proses terbentuknya bunyi di pantai tersebut.

    Bagaimana Cara Menuju Pulau Kunti Sukabumi?

    Wisatawan harus mencoba datang ke pulau Kunti dan cocok bagi pecinta alam bawah laut untuk menyelami laut Samudera Hindia. Untuk datang ke tempat wisata pantai Sukabumi ini, pengunjung harus melakukan perjalanan dengan menyeberangi lautan dengan jarak 5 mil atau selama 15 menit. Warga lokal menyediakan perahu wisata di Dermaga Ciwaru – Palangpang.

    Ketika sampai di Pulau Kunti, pengunjung bakal takjub dengan keindahan hamparan pasir putih dan batu karang di sekitarnya. Ditambah dengan pohon yang rindah. Seta, pengunjung juga bisa melihat gua yang bisa dijadikan tempat untuk latar berfoto.

    Ada apa saja Di Pulai Kunti?

    Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Kunti Sukabumi, antara lain:

    • Menyelam maupun snorkeling. Datanglah di bulan Agustus sampai November untuk melakukannya karena bertepatan dengan berakhirnya musim barat. Snorkeling atau diving bisa dilakukan dengan memakai kapal boat sewaan dari Pantai Palangpang dengan tarif Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta per hari.
    • Pengunjung juga bisa ikut menjaga kelestarian terumbu karang dengan cara transplantasi bersama kelompok pemuda setempat.
    • Bersantai kayak di Pantai pas sekali dilakukan ketika berwisata di tempat ini. Apalagi pantai dikenal sepi dan waktu yang tepat untuk menanti matahari terbenam. Bayak pula wisatawan yang bisanya berkeliling di kawasan Pulau Kunti untuk melihat-lihat dan berfoto dengan berbagai latar di pulau ini.
    • Kawasan Pulau Kunti juga memiliki beragam habitat yang unik,seperti elang jawa dan rusa. Apabila ingin mencoba masuk ke kawasan cagar alam, harus meminta izin simaksi atau surat izin masuk kawasan konservasi.
    • Melihat Gua Kunti yang dipercaya bisa membuat orang cepat dapat jodoh. Jadi kalau mau berjodoh dengan seseorang datanglah ke tempat ini. Gua Kunti terbentuk dari proses abrasi air laut yang terus membentur dinding lava, lalu terbentuk ruang di dalamnya menjadi gua. Kondisi kedalaman gua sekitar 9 m dan tingginya 5 m.

    Biaya Menyeberang ke Pulau Kunti

    Wisatawan yang ingin menyeberang ke Pulau Kunti bisa menggunakan perahu. Tarif memakai perahu dihitung per sepuluh orang  yang harganya Rp 300 ribu- Rp 350 ribu. Jadi, satu perahu hanya bisa dinaiki 10 orang saja. Semua penumpang akan dipasangkan pelampung oleh pemandu dan wajib tidak boleh dibuka selama menyeberang ke Pulau Kunti.

    Biaya Sewa Perahu: Rp 300 ribu- Rp 350.000

    Artikel menarik lainnya: Wisata Bukit Durian Sagara Sukabumi Makan Langsung dari Pohon Dekat Pelabuhan Ratu

    Lokasi Pulau Kunti Sukabumi

    Dimana letak Pulau Kunti Sukabumi? Pulau ini terletak di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Tempatnya merupakan dekat dari kawasan inti Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, yaitu Batu Batik termasuk kawasan Zona inti.

    Pulau Kunti posisinya berada di ujung semenanjung terbentuk dari sedimen Batuan Melan. Usianya diperkirakan 55 juta-65 juta tahun.

    Demikian penjelasan mengenai Pulau Kunti Sukabumi Wisata Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu. Destinasi wisata Sukabumi yang hits dan banyak dikunjungi wisatawan. Pulau nan unik denga banyak batuan merupakan bagian pembentuk pulau ini.

    Artikel menarik lainnya: Wisata Taman Gunung Wayang Sukabumi Tempat Makan, Naik Kuda, dan Main ATV

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *