Piknik Asyik di Sukabumi Ala Sabumi Volunteer

piknik asyik di Sukabumi

Setelah menyumbangkan sebagian waktu dalam dunia relawan literasi, apalagi yang paling menyenangkan selain piknik asyik di Sukabumi bersama kawan-kawan Sabumi Volunteer.

Waktu takkan pernah habisnya, tenaga masih terlalu kuat untuk digunakan, dan pikiran masih begitu baik untuk dicurahkan. Walau begitu, kita membutuhkan waktu untuk menepi dan merayakan kebahagiaan bersama.

Apapun keadaannya waktunya ngobrolin refreshing dulu ah.

19 Juni 2018, tepat H +4 lebaran. Bukan tanggal itu bukan tanggal cantik, tetapi waktu yang tepat rehat sejenak dari dunia volunteer dan “cuti” dari kegiatan lainnya.

Kami membuat rencana perjalanan untuk menyambangi tempat piknik asyik di Sukabumi yang berada di pelosok Bojong Haur dan Bojong Lopang.

Ada dua tempat yang akan dituju yaitu Situ Cukang Paku dan Puncak Angin, dua destinasi daerah pelosok yang dikelola swadaya oleh warganya.

Kebetulan pula, liburan kali ini bagian dari silaturasa menemui Mang Bangkit bagian keluarga Sabumi Volunteer. Dia menghuni sebuah rumah yang tidak jauh dari Situ Cukang Paku.

Baca juga : Curug Awang Sukabumi Salah Satu Destinasi Wisata Alam Geopark Ciletuh Wajib Dikunjungi

Harapan dari Kepala Desa Setelah Membangun Tempat Piknik Asyik di Sukabumi yang Baru

Situ Puncak Angin. Foto : Sabumi Volunteer
Situ Puncak Angin. Foto : Sabumi Volunteer

Tempat Wisata Situ Cukang Paku bisa dikatakan lokasi wisata yang tersembunyi di pelosok Sukabumi. Meski begitu, lokasinya sangat dekat dengan pemukiman warga.

Kami sempat berbicara langsung bersama kepala desa. Dia mengatakan wisata Situ Cukang Paku yang masih baru tersebut diharapkan bisa dikenal oleh banyak orang. Baik dari Sukabumi, maupun orang non Sukabumi.

Kepala desa menjadi sosok penggerak warganya untuk andil menjaga dan melestarikan destinasi wisata di daerah yang dipimpinnya. Harapan besarnya, tempat wisata tersebut bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekaligus mengelola dan menjaga keindahan kampungnya sendiri.

Tiada yang lebih baik, selain warga desa bisa mengangkat nilai kearifan lokal pariwisata pelosok. Kepala desa berniat melakukan sosialisasi tentang pengembangan daerah tujuan wisata kepada pemerintah kota Sukabumi kedepannya.

Agar, Pemerintahan daerah memperhatikan akses ke pelosok dengan pembangunan sarana jalan raya. Lokasi tujuan wisata diharapkan menjadi pemicu perbaikan infrastuktur ke desa yang dipimpinnya.

Kuy Ah Ngomongin Liburan Bersama Sabumi Volunteer

Di Jembatan Kehidupan Kita Menanti. Foto : Sabumi Volunteer.
Di Jembatan Situ Cukang Paku Kehidupan Kita Menanti. Foto : Sabumi Volunteer.

Kalau dipikir-pikir, Situ Cukang Paku sangat cocok menjadi tempat piknik asyik di Sukabumi bersama keluarga. Lokasinya berada di Kampung Talaga Darmawangi RT 019, RW 007, Desa Sirnasari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi.

Bagi yang belum berkeluarga, ajak saja Ayah, Ibu, kakak, adik, tetangga ke tempat ini. Biar seperti keluarga cemara. Biaya tiket masuknya murah sekali, cuma Rp5000 sudah termasuk parkir.

Kalau Ayah, Ibu,kakak, dan Adik enggak mau, ajak sama teman-temanmu liburan bersama. Seperti yang Sabumi Volunteer lakukan. Ambil kamera, cekrek, jadilah libur seperti bersama keluarga.

Berlibur Bersama Keluarga Sabumi Volunteer. Foto : Sabumi Volunteer.
Berlibur Bersama Keluarga Sabumi Volunteer. Foto : Sabumi Volunteer.

Kondisi alam nan sejuk membuat lokasi wisata ini sangat nyaman. Mun cek urang sunda mah, “niis bari botram.” Hembusan angin dari pohon pinus di sekitarnya adalah anugerah dari Tuhan yang tidak bisa ditolak.

Menikmati Keindahan Alam Tepi Situ Cukang Paku. Foto : Sabumi Volunteer
Menikmati Keindahan Alam Tepi Situ Cukang Paku. Foto : Sabumi Volunteer

Ingat wahai kamu yang ingin berlibur ke tempat yang berbeda, Situ Cukang Paku sangat kami rekomendasikan. Jangan sampai tidak pernah ketempat ini.

Rute Ke Cukang Paku

Perjalanan ke Situ Cukang Paku bisa menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua, dari arah Sukabumi dapat melewati jalan utama ke arah Jampang Kulon- Surade (lihat di google map ya). Lalu sampai di pertigaan Bojong Haur setelah mengahabiskan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Setelah itu belok kiri sampai dengan kantor kepala Desa Sirnasari. Bertanyalah dulu ke kantor Kepala Desa tentang lokasi wisata Cukang Paku. Dari kantor kepala desa, pengunjung yang menggunakan mobil harus berganti kendaraan roda dua.

Minta tolong saja ke aparat desa untuk ditunjukkan guide ke sana. Warga desa dijamin sangat ramah kepada pengunjung.

Warga lokal siap menjadi tukang ojeg untuk mengantar para pengunjung untuk bisa menikmati kesejukan dan keindahan Situ Cukang Paku.  Dari kantor desa membutuhkan waktu sekitar 60 menit dan akses jalannya sedikit kurang baik.

Puas berlibur di tempat wisata baru Situ Cukang Paku, kami beralih ke tempat wisata lainnya. Namanya Puncak Angin. Iya di puncak itu bisa menyatukan diri bersama angina yang berlalu.

Baca juga : Berlibur Ke-5 Tempat Wisata di Yogyakarta Menarik ini Yuk

Menikmati Hari Berada di Ketinggian Puncak Angin di Sukabumi

Berada di Ketingian Puncak Angin Sukabumi. Foto : Sabumi Volunteer.
Berada di Ketingian Puncak Angin Sukabumi. Foto : Sabumi Volunteer.

Puncak Angin juga layak menjadi lokasi piknik asyik di Sukabumi. Pengunjung membutuhkan waktu perjalanan 1,5 jam dari lokasi Situ Cukang Paku.

Puncak Angin merupakan destinasi wisata yang berada di daerah ketinggian dan tentu saja berbeda dengan Situ Cukang Paku. Kalau Dilihat dari namanya juga sudah beda bukan, hehe.

Tertawa Bersama Puncak Angin. Foto : Sabumi Volunteer.
Tertawa Bersama Puncak Angin. Foto : Sabumi Volunteer.

Berada di daerah Desa Lembur Sawah, Kecamatan Pabuaran,kawasan wisata tersebut menyuguhkan panorama alam yang eksotis. Apabila melihat arah 360 derajat, kita bisa menikmati alam pelosok sukabumi yang luas dan sangat cantik.

Sunrise yang hangat ketika memulai hari menyuguhkan panorama awan permadani yang menutupi perkampungan daerah Jampang Surade.

Menikmati Hadirnya Mentari di Ujung Lagit. Foto : Sabumi Volunteer.
Menikmati Hadirnya Mentari di Ujung Lagit. Foto : Sabumi Volunteer.

Puncak Angin menjadi tempat piknik asyik di Sukabumi, karena tersedia beberapa spot photo yang didesign secara apik dan menarik oleh masyarakat setempat. Tak kalah di pagi hari, sunset ketika menanti malam, membuat kita enggan beranjak dari puncak angin tersebut.

Berlibur dan Enjoykan Dirimu. Foto : Sabumi Volunteer.
Berlibur dan Enjoykan Dirimu. Foto : Sabumi Volunteer.

Kita bisa melihat langit yang berubah warna jadi menawan dengan tiupan angin khas di sore hari. Nikmat Tuhan mana lagi yang mau kau hendak kau dustakan. Tak terhingga rasanya dan Dialah maha pencipta keindahan.

Untuk pergi ke lokasi Puncak Angin, arahnya sama dengan pergi ke Situ Cukang Paku. Namun, Puncak Angin ini bisa melalui akses Sagaranten Pabuaran juga. Jadi, ada dua arah jalan berbeda yang bisa menjadi akses menuju dua tempat wisata tersebut.

Libur Bersama Sabumi Volunteer. Foto : Sabumi Volunteer.
Libur Bersama Sabumi Volunteer. Foto : Sabumi Volunteer.

Terima Kasih Tuhan

Pengalaman perjalanan kali ini tentu saja tidak bisa dilupakan, apalagi piknik bersama kawan-kawan Sabumi Volunteer.  Kita sudah selayaknya mengucapkan terima kasih kepada Tuhan YME untuk kesehatan yang di berikan. Sehingga relawan bisa menikmati bentang alam Sukabumi yang luar biasa.

Bersama Deru Angin. Foto : Sabumi Volunteer.
Bersama Deru Angin. Foto : Sabumi Volunteer.

Kita bertugas untuk menikmati, melestarikan dan menjaga titipan keindahan alam ini. Semoga doa dari pelosok semua negeri didengarkan Tuhan YME.

Pembangunan detinasi wisata yang dilakukan warga lokal diharapkan membuat tidak ada lagi pelosok negeri yang terisolir. Kita bisa menjadi bagian yang mengenalkan destinasi wisata baru yang dikelola secara apik oleh warga lokal.

 

Ditulis Oleh : Meyland Nos Toed

Dari Sabumi Volunter

2 thoughts on “Piknik Asyik di Sukabumi Ala Sabumi Volunteer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.