Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Sukabumi

Pantai Karang Hawu Pelabuhan Ratu : Cerita dan Keindahan yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Pantai Karang Hawu Pelabuhan Ratu adalah pantai yang terletak di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Panorama alamnya yang sangat khas yaitu adanya tebing yang menjorok ke laut. Sehingga, tempat wisata alam ini menjadi sangat terkenal di Sukabumi. Penamaan Pantai Karang Hawu disebutkan dari sebuah karang menjorok ke laut dan berlubang di beberapa bagiannya. Seperti membentu sebuah tungku. Bahasa sunda tungku adalah hawu.

Dari cerita rakyat yang turun-temurun, salah satu tebing tersebut merupakan tempat Nyai Roro Kidul (Putri Prabu Siliwangi) menceburkan dirinya ke laut. Nyi Roro Kidul menjadi frustasi karena penyakit yang dialaminya tidak kunjung sembuh. Setelah melakukan terjun ke laut, penyakit tersebut ternyata sembuh. Namun, kesembuhan sang putri memiliki konsekuensi, ia tidak bisa kembali lagi ke bumi. Sang Putri pun menjadi penguasa laut selatan.

Masyarakat percaya pada beberapa cekungan batu karang terdapat genangan air yang bersih yang digunakan untuk mandi dan mencuci muka. Khasiatnya dipercaya dapat membawa berkah. Ada saja wisatawan yang sengaja membawa air di dalam botol untuk dibawa pulang.

Keindahan Pantai Karang Hawu yang Membuat Wisatwan Berdecak Kagum

Pantai Karang Hawu memiliki daya tarik hamparan pasir yang luas dan udaranya yang sejuk. Para wisatawan yang gemar olahraga air seperti surfing dapat datang ke pantai ini. Pengunjung juga bisa berenang  dan memancing di sana. Selain itu, dapat menyaksikan deburan ombak, tebing, dan karang yang indah dipandang mata.

Selain itu, ada pemandangan Pegunungan Winarum dan Rahayu. Wisatawan dapat menuju puncaknya dengan berjalan kaki melalui jalan setapak. Selama perjalanan akan tampak pantai yang menakjubkan dari ketinggian.

Ketika sampai di puncak Pegunungan Winarum, ada petilasan yang dikeramatkan, yaitu makan Syeh Hasan Ali. Beliau adalah ulama besar yang sangat terkenal di Sukabumi. Disana juga terdapat rumah yang dipercaya sebagai tempat singgah penguasa laut selatan bersama dayang-dayangnya.

Di puncak Pegunungan Rahayu terdapat makan tokoh penyebar agama Islam bernama Raden Dikudratullah dan Raden Cengkal.  Keduanya dipercaya sebagai keturunan Sunan Gunung Jati.

Pantai Karang Hawu dapat didatangi dengan kendaraan sepeda motor dan mobil. Lokasi pantai akan ramai pengunjung ketika Akhir pekan, masa liburan hari raya keagamaan dan akhir tahun.

Baca juga: Situgunung Sukabumi Sepi Lebaran Kali ini

Pembangunan yang Bikin Pantai Karang Hawu Pelabuhan Ratu Semakin Cantik

Pantai Karang hawu yang mempunyai ciri khas karang seperti tungku memang selalu menarik wisatawan. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sukabumi pun membuat fasilitas baru dengan biaya sekitar Rp 7 miliar. Dana yang digunakan dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Provinsi Jawa Barat tahun 2021.

Hasil pembangunan Pantai Karang Hawu Pelabuhan Ratu membuat kondisi objek wisata alam Sukabumi tersebut semakin cantik. Tidak heran membuat wisatawan selalu ramai datan ke sana. Dampak positifnya ekonomi pedagang lokal pun dan penyedia jasa di pantai karang hawu ikut membaik. Wisatawan menjadi memiliki banyak spot foto pantai dan mengabadikan kegiatan di sana.

Pantai ini juga bisa dijadikan tempat berenang, namun harus berhati-hati karena banyak kejadian orang tenggelam. Jadi, harus dijaga dan selalu diawasi oleh petugas pantai. Obmak pantai Karang Hawu terkenal cukup tinggi.

Lokasi Pantai Karang Hawu Pelabuhan Ratu

Pantai Karang Hawu berada di Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.  Tempatnya tidak jauh dari Pelabuhan Ratu, Pantai Cibangban, Pantai Cimaja dan Pantai Citepus. Alamatnya adalah di Kecamatan Cisolok tepatnya di Desa Cekakak dan jaraknya sekitar 73 km dari pusat kota Sukabumi. Jika ingin berkunjung, Pengunjung bisa menggunakan google maps, agar sampai dengan tepat di lokasi wisata.

Demikian informasi mengenai Pantai Karang Hawu Pelabuhan Ratu. Datanglah berwisata dengan tetap menjaga kebersihan dan protokol kesehatan. Mari liburan di tempat wisata alam Sukabumi

Artikel menarik lainnya: Bubur Ayam Bunut Sukabumi dari H. Toi Hingga Dikelola oleh Penerusnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close