Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Sukabumi

Pantai Karang Gantungan Sukabumi Surga Tersembunyi di Ujung Genteng

Berada di dekat pesisir Pantai Karang Gantungan, ada sebuah tebing batuan yang besar

Pantai Karang Gantungan Sukabumi banyak diceritakan para penikmat wisata, karena terdapat pulau kecil yang langsung berada di tengah Muara. Sebuah Karang eksotis yang terletak sekitar 100 meter ke Utara dari Muara Cikarang.

Nama Karang Gantungan telah dikenal para Nelayan Sejak jaman dahulu. Ada pula yang mengatakan karang ini seperti menggantung. Jika dilihat dari bentuknya seperti Piramida. Orang Jampang menyebutnya seperti berbentuk Aseupan. Berada di dekat pesisir Pantai Karang Gantungan, ada sebuah tebing batuan yang besar.

Pantai Karang Gantungan memang memiliki rupa khasnya bak candi Tebing bebatuan yang indah luar biasa. Para wisatawan yang berkunjung jangan sampai lupa mengabadikan dalam foto ketika berkunjung ke pantai ini.

Menikmati Keindahan Pantai Karang Gantungan Dari Atas Tebing

"Senja

Wisatawan tidak perlu menginjak pasir pantai untuk menikmati keindahannya, cukup dari atas tebing pantai diiringi deburan ombak dan secangkir kopi panas. Kalak mentari terlihat datang seolah bersembunyi melengkapi panorama nan cantik yang yang ada di Pantai Karang Gantungan Sukabumi.

Sukabumi memang sangat kaya akan alamnya, pantai Karang Gantungan adalah salah satu wujud dari “Surga yang Tersembunyi”. Apalagi belum banyak terjamah oleh jejak kai manusia. Di Pantai itu, pasir putih, deburan ombak, air laut nan jernih, nan lingkungan yang asri, orang akan merasa tenang untuk berdiam diri sejenak.

Tuhan memang tidak salah menciptakan Sukabumi dengan anugerah kekayaan alam yang tak ada habisnya untuk dikunjungi. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Pantai Karang Gantungan Sukabumi rasa Bali ada baiknya ketika cuaca lagi cerah. Tempat wisata Sukabumi ini sangat enak buat lokasi camping sembari menikmati sunset dari atas tebing.

Kenapa Pantai Karang Gantungan Disebut Pantai Rasa Bali?

Orang yang datang ke Pantai ini sering menyebutnya pantai rasa Bali dari Sukabumi. Hal itu karena dinilai mirip dengan Diamond Beach Nusa Penida Bali, yang membedakannya adalah faktor cuacanya.

Sehingga, tidak sedikit orang menyebut Karang Gantungan itu pantai rasa Bali. Hal itu karena, kemiripan antara lain:

  • Karakter pantai yang mirip.
  • Lengkungan yang pantai menyerupai, tetapi posisi terbalik.
  • Bibir pantai yang di kelilingi dengan batu karang pasir putih.
  • Ombak pantai yang tidak terlalu besar juga landai.
  • Kedua pantai di Indonesia ini sama-sama cantik. Bedanya, Pantai Diamond berwarna toska dan lebih jernih.

Tebing-tebing yang terdapat di sisi pantai juga membuat pemandangan lebih indah seolah-olah tersembunyi di antara tebing. Di Pantai Sukabumi ini terdapat sebuah karang yang membentuk pulau di sisi pantainya.

Menariknya, beberapa sisi pantai terdapat banyak karang dan memiiliki pasir yang sangat halus. Sehingga membuat pantai indah Sukabumi ini sangat bagus bagi kamu untuk berburu foto dan menambah koleksi untuk diposting di media sosial.

Datang Ke Pantai Karang Gantungan Sukabumi Bersama Pemandu Lokal

Bagi kamu yang ingin pergi kesana, dapat di akses dengan patokan Komplek Auri. Sebelum Jembatan Cikarang yang mengarah ke Ujunggenteng.

https://g.co/kgs/Wwq6ag

Jika dari arah Jakarta, wisatawan akan melalui Bogor dan melanjutkan perjalanan via Cikidang atau Cibadak masuk ke Bagbagan Jembatan kuning. Selanjutnya menuju Kiara dua terus ke Jampangkulon – Surade. Dari Terminal surade, perjalanan dilanjutkan terus lurus sekitar 8 km arah Ujung Genteng.

Nantinya, di sebelah kiri terdapat Komplek Auri. Masuk Saja menyusuri jalan itu dan bertanya ke warga sekitar.  Akses dari komplek Auri masih berupa jalan tanah, jadi harus hati-hati dan sebaiknya menggunakan kendaraan offroad.

Jika ingin datang ke Pantai Karang Gantungan Sukabumi sebaiknya bersama dengan pemandu lokal agar tidak tersesat. Selain itu, agar dapat pergi ke sana langsung ke tempat tujuan dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Tidak ingin menyasar ketika berwisata di Sukabumi kan?

Pantai Karang Gantungan Sukabumi sangat Instagramable dan cocok sebagai tempat fotonya yang cantik. Biayanya untuk menikmatik keindahan alam ini juga murah, hanya Rp10ribu. Dari jalan raya tidak jauh hanya berjarak 700 m-1km. Namun, harus hati-hati karena sebagian jalurnya masih tanah.

Fasilitas dan Lokasi Karang Gantungan Sukabumi

Ada banyak orang yang sudah berkunjung dan membuat penasaran ingin datang ke Pantai Karang Gantungan. Tahukah kamu, pantai Sukabumi ini disebut seperti itu karena namanya diambil dari karang yang menggantung di atas air.

Fasilitas Umumnya memang tidak sebagus di Bali. Fasilitas umum di sana bisa dikatakan masih minim, karena akses jalan menuju pantai kurang bagus. Tetapi, sudah ada pedagang yang berjualan makanan di dekat pantai.

Lokasi Pantai Karang gantungan Sukabumi berada di Jalan Surade-Ujung Genteng, Desa Pasiripis, Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Dari pusat Sukabumi berjarak sekitar 97 Kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 3 jam memakai sepeda motor.

Ingatlah datang ke tempat wisata alam Sukabumi tetap membuang sampah pada tempatnya. Jangan buang sampah sembarangan, apalagi pantai ini harus tetap dijaga kebersihannya.  Alam sudah bersih dan tidak perlu dikotori oleh manusia.

Informasi Wisata Sukabumi Lainnya: Cerita Dibalik Curug Larangan di Sukabumi Jangan Datang atau Tidak Pernah Kembali

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close