Pantai Karang Bolong Sukabumi Tujuan Liburan Bagi Para Petualang

Pantai karang bolong sukabumi

Bagi kamu yang suka liburan melihat birunya air laut, Pantai Karang Bolong Sukabumi bisa menjadi salah satu pilihan. Kamu enggak perlu lagi merasa bosan, karena jalan-jalannya ke tempat yang sama.

Pantai Karang Bolong yang menyajikan pemandangan nan asri ini sangat direkomendasikan bagi para backpacker, biker, atau bagi adventure traveler.

Pantai Karang Bolong terletak di selatan Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Kampung Cikaung, Desa Cidahu, Kecamatan Cibitung Kabupaten Sukabumi. Sayangnya di sekitar kawasan, ada aktivitas eksploitasi tambang dengan mengeruk hasil buminya.

Kegiatan yang masih bisa dilihat yaitu menggali pasir hitam sehingga, beberapa lokasi terjadi kerusakan, akibat kegiatan penambangan tersebut.

Baca juga : Bukan Persoalan Bowo Alpenliebe, Kominfo Blokir Tik Tok Harus Memperhatikan Perlindungan Terhadap Anak

Kawasan Pantai Karang Bolong Sukabumi Lebih Baik Dijadikan Kawasan wisata

Kalau dipikir-pikir, kawasan Pantai Karang Bolong Sukabumi lebih baik dikembangkan menjadi kawasan Wisata. Lokasinya sangat memanjakan bagi yang berkunjung ke sana dengan panorama batu karang yang unik dan deburan ombak yang tampak ganas seperti memukul lautan.

Pantai yang indah ini memiliki ombang yang tingginya bisa mencapai 10 sampai 15 meter. Sehingga, wisatawan wajib hati-hati kalau bermain di sekitarnya. Apalagi bagi yang mau berselfi atau memasang tenda untuk camping. Jangan terlalu dekat dengan bibir pantai.

Selain itu, kawasan Pantai Karang Bolong Sukabumi dihiasi hamparan rumput yang tumbuh di pesisir pantai. Sehingga lingkungannya tampak sangat hijau sejauh mata memandang.

Menariknya lagi, pantai ini termasuk kawasan wisata yang sedang dikembangkan oleh pemerintah, yaitu termasuk destinasi wisata Geopark Pelabuhanratu. Sehingga, bagi kamu yang belum berkunjung, ayo dong luangkan berlibur ke tempat ini.

Jalur Ke Pantai Karang Bolong Sukabumi

Bagi wisatawan yang hendak berlibur ke Pantai Karang Bolong Sukabumi, datang dari arah Bogor bisa melalui Cikirang atau Cibadak. Setelah itu masuk ke Bagbagan jembatan Kuning. Jalan terus memasuki arah simpenan Kiara Dua. Selanjutnya, ke Waluran hingga ke Jampangkulon dan Surade.

Dari Surade terdapat dua arah menuju pantai Karang Bolong Sukabumi.

  1. Dari Cibarehong, wisatawan menuju arah kiri ke Curug Cikaso. Sebelum Curug Cikaso terdapat Kampung Cidahu. Sebelum bingung dan sesat di jalan, tanyakan kepada warga sekitar arah ke Pantai Cikawung/ Pantai Karang Bolong.

Selama pernjalanan menuju pantai, kamu akan disuguhkan pemandnagan perkebunan hutan Jati sekitar 12 Km dan kondisi bebatuan yang lumayan rata. Perjalanan dari Cidahu ke Pantai Karang Bolong setidaknya menghabiskan waktu satu jam dengan perkiraan kecepatan 40 km/jam.

  1. Dari arah Surade, kamu bisa mengarah ke Jalan Sartiki atau dikenal Jalan sukmawijaya yang terletak di belakang SMPN 1 Surade. Selanjutnya, perjalanan akan menemukan kawasan Sukatani setelah 7 km. Dari situ, lanjutkan ke pertigaan di Depan kantor Desa Cipendeuy. Dari tempat tersebut, jalan lurus saja ke Desa Sukatani. Selanjutnya mengikuti jalan tersebut hingga tiba di Pantai Karang Bolong.

Jangan Lupa Bawa Tenda untuk Menginap di Sekitar Kawasan Pantai

Bersantai di Pantai Bersama Sahabat
Bersantai di Pantai Bersama Sahabat. Foto : @tandikakelana

Di kawasan Pantai belum terdapat penginapan.Jadi, bawalah tenda masing-masing atau bisa mencoba menginap di rumah warga.

Jangan lupa bertegur sama dengan warga, mereka suka memancing dan hasil tangkapannya sering di jual. Belilah dan bisa ditawar dengan harga yang pantas. Enggak sampai bikin kantong bolong kok.

Tapi, sesekali anda perlu nanya ke warga yg sedang mancing biasanya ikan hasil tangkapanya suka di jual. Adapun maslah harga tergantung pintar2nya kita saja melobi..

Hayu Ka Sukabumi, Jagan lupa bahagia hari ini. Sukabumi Mencrang ku Pariwisatana.

 

Di tulis Oleh : Hidayat Asep (Admin Group Facebook Wisata Alam Sukabumi).

Editor : Phadli.

2 thoughts on “Pantai Karang Bolong Sukabumi Tujuan Liburan Bagi Para Petualang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.