11 Pantai Geopark Ciletuh Sukabumi yang Wajib Kamu Kunjungi

Pantai Geopark Ciletuh Sukabumi

Pantai Geopark Ciletuh Sukabumi dapat menjadi tujuan wisata ketika anda ingin menikmati liburan. Kawasan ini sedang dikembangkan dan sangat terkenal dengan keindahan dan batuan alamnya. Ada banyak pantai indah yang terletak di kawasan Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat, menjadi bagian dari taman batu tertua di Pulau Jawa.

Kawasan wisata ini sudah diresmikan oleh UNESCO menjadi salah satu warisan dunia. Pemerintah pun mendukung daerah pesisir Pantai Geopark Ciletuh Sukabumi dikembangkan menjadi basis konservasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat. Kian hari, wisatawan semakin banyak yang datang ke pantai yang begitu indah di pandang mata.

Ada Pantai Geopark Ciletuh Sukabumi Apa Saja Ya

Pantai Cikadal

Pantai Cikadal FOTO: RON AGUSTA. Sumber http://ciletuhpalabuhanratugeopark.org/pantai-cikadal/
Pantai Cikadal FOTO: RON AGUSTA. Sumber http://ciletuhpalabuhanratugeopark.org/pantai-cikadal/

Ada d desa Mandrajaya yang menjadi muara dari sungai Cikadal. Pantai Cikadal dapat didatangi dengan menggunakan perahu dari pantai Palangpang. Wisatawan juga bisa datang melewati jalan utama ke desa Mandrajaya. Dihiasi oleh keindahan pasir putih, pantai ini menjadi tempat paling aman untuk berenang.

Ombaknya tergolong kecil, karena terhalang oleh pulau kecil.Ketika surut, kamu bisa berjalan kaki menyebrangi laut dangkal menuju pulau Mandra. Wisatawan juga dapat mendatangi Gunung Badak dan Pulau Kunti dari pantai ini. Kamu bisa menikmati matahari terbenanm di Pulau Kunti. Kalau ingin bermalam, ada sejumlah penginapan dengan biaya ringan di kantau di sekitar pantai tersebut.

Baca Artikel Wisata Lainnya : Pengakuan Geopark Ciletuh Menjadi UNESCO Global Geopark Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat Sukabumi

Pantai Citirem

Pantai Citirem Sukabumi. Foto Endang Sulaeman Addakhil. Sumber : Wisata Alam Sukabumi
Pantai Citirem Sukabumi. Foto Endang Sulaeman Addakhil. Sumber : Wisata Alam Sukabumi

Pasir putihnya dan hamparan terumbu karang di sepanjang pesisirnya serta deburan ombak, menjadikan pantai ini begitu indah. Pantai ini menjadi rumah bagi penyu hijau untuk bertelur. Wisatawan akan betah disini karena lokasinya belum begitu ramai dan bisa menikmati ombak yang berkejaran. Wisatawan mana yang tidak merasa damaiketika berada di pantai ini.

Pantai Palangpang

Pantai Palampanng. Foto Abdul Latif. Sumber : Wisata Alam Sukabumi
Pantai Palampanng. Foto Abdul Latif. Sumber : Wisata Alam Sukabumi

Letaknya berada di Desa Ciwaru. Pantai Ciletuh Geoparak Sukabumi ini bisa dimasuki mobil melalui jalan utama Desa Ciwaru. Kawasan pantai nan luas membuat pantai ini sebagai lokasi dilaksanakannya kegiatan masal seperti festival budaya hajat laut.

Pantai pernah digunakan sebagai lokasi paralayang. Oh ya, dipantai ini ada pelabuhan nelayan dan tempat pelelangan ikan. Jadi wisatawa bisa membeli ikan di pantai ini.

Pantai Batununggul

Lokasi pantai ini terletak di desa Mandrajaya. Pantai ini dapat didatangi dengan perahu dan hanya menghabiskan waktu sekitar 30 menit dari pantai Cikadal. Kalau diperhatikan, pantai putih ini menjadi jalan paling dekat menuju kompleks Batu Naga atau Batu Batik, Sungai Cibatununggul dan Gunung Beas.

Pantai Cikalapa

Pantai Cikalapa. Foto; Ron Augusta. Sumber: http://ciletuhpalabuhanratugeopark.org
Pantai Cikalapa. Foto; Ron Augusta. Sumber: http://ciletuhpalabuhanratugeopark.org

Nama pantai ini juga disebut pantai Karang Daeu yang berlokasi di di desa Girimukti. Pantai ini dapat didatangi dengan menggunakan sepeda motor dari Puncak Dharma. Waktu yang dihabiskan diperkirakan 30 menit dan dapat menikmati pemandangan nan indah dengan hamparanpadi huma. Kamu akan senang sekali kalau mendatangi pantai geopark ciletuh Sukabumi ini.

Pantai Legonpandan

Pantai ini juga di kenal sebagai pantai Karang Antu,terletak di desa Mandrajaya, dan ditempuh sekitar 25 menit dengan perahu dari pantai Cikadal. Di sepanjang pesisir pantai ini dapat di lihat berbagai bentuk batuan unik yang menyerupai binatang, seperti batu Badak, Kodok, Kerbau, Pagar, dan juga Pulau Karang Antu, yang hanya bisa terlihat pada saat surut.

Pantai Sodong Parat

Transplantasi Terumbu Karang Pantai Sodong Parat. Foto: Nana Septiansyah. Sumber: Wisata Alam Sukabumi
Transplantasi Terumbu Karang Pantai Sodong Parat. Foto: Nana Septiansyah. Sumber: Wisata Alam Sukabumi

Pantai ini terlihat seperti tanjung, di pantai ini terdapat gua laut serta singkapan batuan gabro, amfibolit dan plagiogranit yang berasal dari kerak samudra. Di bagian atas Sodong Parat, ada sebuah luasan berumput, di akhiri oleh segerombol tanaman-tanaman khas pantai. Untuk pergi ke bawah, kalian bisa berjalan dari bukit sebelum Sodong Parat, atau melalui bukit karang Sodong Parat itu sendiri. Kalian juga bisa mengaksesnya dari Karang Sebrotan dengan menyusuri pantai.

Pantai Cibulakan

Pantai Cibulakan. Foto: Petrus Suryadi‎. Sumber: Wisata Alam Sukabumi
Pantai Cibulakan. Foto: Petrus Suryadi‎. Sumber: Wisata Alam Sukabumi

Hamparan terumbu karang di sepanjang pesisirnya serta deburan ombak akan menyambut wisatawan yang datang ke Pantai ini. Hal yang menarik dari pantai ini adalah dapat melihat penyu-penyu ke darat untuk bertelur.

Pantai Cikepuh

Pantai Cikepuh. Foto: Kang Kiki.. Sumber : Wisata Alam Sukabumi
Pantai Cikepuh. Foto: Kang Kiki.. Sumber : Wisata Alam Sukabumi

Dari Pantai Cikadal, wisatawan dapat mendatangi pantai ini yang memakan waktu sekitar 45 menit. Pantai ini berada di desa Mandrajaya. Jalur terdekat menuju gua laut Sodong Parat, batu Kura-kura, Sungai Cikepuh dapat melalui pantai ini.

Pantai Ombak Tujuh

Pantai Ombak Tujuh. Foto Petrus Suryadi‎. Sumber: Wisata Alam Sukabumi
Pantai Ombak Tujuh. Foto Petrus Suryadi. Sumber: Wisata Alam Sukabumi

Dikenal berpasir putih, tanaman Santigi (Pemphis acidula), panati ini dianugerahi rangkaian ombak besar yang saling menggulung. Pantai ini sangat popular bagi bagi peselancar. Gulungan ombaknya bergaantian memecah karang.

Karena kedahsyatan ombaknya, pantai ini dinamakan Ombak Tujuh. Kalau cuaca sedang berangin, pengunjung akan disajikan dengan gulungan tujuh ombak sampai menerpa karang.

Baca juga : Kawasan Perkemahan Hingga Jembatan Gantung Terpanjang Ada di Situ Gunung Sukabumi

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng. Foto Ujang Syaefullah
Pantai Ujung Genteng. Foto Ujang Syaefullah

Tempat wisata alam Jawa Barat ini sudah populer dan telah dilengkapi dengan fasilitas hotel, penginapan dan restoran. Ada juga yang mengatakan pantai ini merupaka surga tersembunyi karena air lautnya yang jernih.

Pantai ini dikenal juga sebagai lokasi penangkaran penyu hijau (Chelonia mydas) yang dibuka pada pagi dan siang hari. LOkasi penangkaran dijaga ketat petugas kementrian kelautan dan perikanan di malam hari. Kamu pasti senang sekali kalau datang ke Pantai Geopark Ciletuh ini.

Penutup

Demikian penjelasan 11 Pantai Geopark Ciletuh Sukabumi yang memiliki keindahannya masing-masing wisata di jawa barat. Infonya bisa dicari di perian internet dan google gambar mengenai lokasi wisata ini.

Bagi kamu yang mau berlibur ke Kawasan ini, jangan ragu dan bimbang. Ada akomodasi dan fasilitas dapat dinikmati mulai dari penginapan hingga penyewaan kendaraan Pantai Geopark Ciletuh Sukabumi.

One thought on “11 Pantai Geopark Ciletuh Sukabumi yang Wajib Kamu Kunjungi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.