Menikmati Pagi dengan Lagu Merdu, Suara Biola, dan Makanan Enak di Pasar Cikundul Sukabumi

pasar cikundul sukabumi

Bagi kamu yang bosan menikmati pagi tanpa arti dan hanya berdiam diri di kamar tidur, coba deh keluar dan jalan-jalan ke Pasar Cikundul Sukabumi. Pasar Cikundul merupakan tujuan wisata digital yang dirintis oleh Genpi Sukabumi. Oh ya, Genpi itu singkatan dari Generasi Pesona Indonesia yang anggotanya terdiri dari anak muda pengguna media sosial netizen, termasuknya youtuber dan blogger.

Biar tahu saja ya, Pasar Cikundul Sukabumi ini dipromosikan langsung oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya loh. Kementerian Pariwisata melihat potensi pariwisata  lokal yang bisa dikenalkan ke khalayak ramai melalui media sosial. Nah, para penggeraknya itu kaum mileneal yang akrab dengan medsos.

Hasilnya? Pasar Cikundul memang ramai dikunjungi kaum muda Sukabumi dan kabarnya mereka mangajak teman-temannya dari luar kota. Karena penggeraknya kaum muda Genpi Sukabumi, pengunjungnya pun tentu saja anak-anak muda kekinian.

Untuk menarik minat kaum mileneal, Pasar Cikundul dibuat semenarik mungkin, penuh warna, instagramable, namun tidak meninggalkan nuansa budaya lokal. Ada makanan tradisional dan penampilan kesenian sunda yang dipadu nuansa kekinian. Pasar dibuat dengan konsep taman terbuka yang membuat pengunjung bisa hilir-mudik ke sana-ke mari.

Baca juga : Kabar Gembira! ”Suspension Bridge” Jembatan Terpanjang Sukabumi Dibuka Kembali

Datanglah ke Pasar Cikundul Sukabumi Bersama Teman, Pacar, dan Keluarga Tercinta

Ke Pasar Cikundul Sukabumi Bersama Keluarga. Foto : Phadli Sabumi.
Ke Pasar Cikundul Sukabumi Bersama Keluarga. Foto : Phadli Sabumi.

Bagi kamu yang penasaran lokasinya, Pasar Cikundul berlokasi di Jalan Proklamasi No. 242, Lembur Situ, Cikundul, Sukabumi, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43168. Lokasinya tepat berada di tempat pemandian air panas Cikundul. Cek aja deh diinternet melalui google map untuk mengetahui titik tepat lokasinya. Manfaatkan alat digital canggih di tangan Anda.

Pasar Cikundul Sukabumi ini paling asyik didatangi bersama teman, pacar, dan keluarga. Kalau mau sendirian juga boleh kok, ada banyak muda-mudi yang bisa diajak ngobrol di pasar Cikundul.

Pasar Cikundul dibuka pada setiap hari minggu. Genpi Sukabumi biasanya membuat pengumuman di media sosial tentang kegiatan yang dilakukan setiap pekan. Pengunjung disarankan datang lebih pagi, agar suasana lebih fresh dan tentu saja tidak kehabisan stok jajanan makanan di sana.

Koin Kayu Buat Jajan Makanan di Pasar Cikundul. Foto : Phadli Sabumi.
Koin Kayu Buat Jajan Makanan di Pasar Cikundul. Foto : Phadli Sabumi.

Setelah memasuki Pintu Gerbang Pasar Cikundul, jangan lupa siapkan uang untuk menukarkan dengan koin sebagai alat buat jajan. Jadi, pengunjung jajannya menggunakan koin dari kayu yang bertuliskan uang dengan nilai Rp5000 atau Rp10.000.

Ragam Jajanan Di Pasar Cikundul. Foto : Phadli Sabumi.
Ragam Jajanan Di Pasar Cikundul. Foto : Phadli Sabumi.

Anda bisa menukarkan uang dengan nilai berapapun, bisasanya sih setiap pengunjung bisa habis lebih dari Rp50.000. Kenapa begitu? Karena jajanannya enak banget. Pengunjung bisa membeli nasi liwet, tahu sumedang, leupat, ketan bakar, mocha, gulali, dan baso juga ada loh. Kalau nukar uangnya Cuma sedikit, mana bisa mencoba semua makanan yang dijual di Pasar Cikundul Sukabumi.

Jajan Urap Rasanya Enak Sekali di Pasar Cikundul Sukabumi. Foto : Phadli Sabumi.
Jajan Urap Rasanya Enak Sekali di Pasar Cikundul Sukabumi. Foto : Phadli Sabumi.

Saat berkeliling mengintip makanan yang dijual, suasana akan tampak ramai, karena pengunjungnya datang berkelompok, ada yang sama teman, pacar, dan juga sama anak cucu. Dijamin tempat wisata digital ini tidak akan sepi. Apalagi, ada penampilan menarik di panggung utamanya, yaitu pertunjukan seni musik dengan biola dan musik tradisional Karinding.

Baca juga : Menolak Vaksin MR Karena Haram, Bidan Sarankan Tidak Dianestesi Karena Tidak Berlabel Halal

Alunan Musik Biola, Suara Karinding, dan Lagu Merdu Membuat Suasana Pasar Sangat Menyenangkan

Penampilan Sukabumi Violin Community. Foto : Phadli Sabumi.
Penampilan Sukabumi Violin Community. Foto : Phadli Sabumi.

Benar ya, komunitas sukabumi sungguh kreatif. Tidak salah kalau mengajak komunitas untuk meramaikan Pasar Cikundul Sukabumi. Hari minggu (16/9) ini, Sukabumi Violin Community memainkan musik biola yang membuat suasana nyaman dan menyenangkan. Dari anak kecil dan orang dewasa memaminkan biolanya.

Penampilan dari Karasakukan. Foto : Phadli Sabumi.
Penampilan dari Karasakukan. Foto : Phadli Sabumi.

Tidak mau kalah, Komunitas Karinding Sukabumi Bersatu yang dikenal dengan nama Karasukan juga menembangkan lagu yang Kental dengan musik tradisional Sunda. Seperti biasanya, Karasukan memberi pesan kepedulian untuk menjaga alam semesta, agar kehidupan berjalan seimbang bersama manusia sebagai penghuninya.

Pasar Cikundul menjadi tempat yang layak dikunjungi pagi siapa saja yang bosan menjalani akhir pekannya begitu-begitu saja. Daripada bosan dan berdiam diri, kuy ah main ke Pasar digital Cikundul Sukabumi ini. Setiap minggu ada hiburan dan penampilan yang berbeda dari komunitas Sukabumi.

2 thoughts on “Menikmati Pagi dengan Lagu Merdu, Suara Biola, dan Makanan Enak di Pasar Cikundul Sukabumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.