Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Sukabumi

Mengenal Goa Baduy Sukabumi yang Pernah Dimasukin Seorang Baduy Luar

Pengunjung yang masuk ke goa nantinya akan disediakan Sepatu boot, Pelampung, Helm, Senter, Perahu karet, Tambang besar dan Gantungan lampu

Mengenal Goa Baduy Sukabumi salah satu dari banyak objek wisata, dari gunung, laut, hutan, termasuk goa. Dikenal dengan Slogan GURILAPS (Gunung, rimba, Laut Pantai, sungai dan seni budaya), beragam objek wisata Sukabumi yang eksotis bisa didatangi para wisatawan.

Tidak heran kalau semakin banyak wisatawan  dari luar kota bahkan luar negeri yang datang untuk menikmati wisata alamnya. Objek wisata goa seperti goa Baduy bisa menjadi pilihan tempat wisata baru yang layak untuk dikunjungi.

Mengenal Objek Wisata Baru Goa Baduy dari Kecamatan Cimanggu Sukabumi

Jalur Masuk Ke Goa Baduy Sukabumi
Jalur Masuk Ke Goa Baduy Sukabumi

Goa Baduy Sukabumi berada di Kampung Palayangan Legok Picung, Rt.01/01 Desa Sukamanah, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi. Dari cerita orang tua, Goa ini pernah menjadi tempat persembunyian pribumi dari serangan tentara Belanda sebelum Indonesia merdeka.

Penamaan goa baduy diberikan dari 40 tahun oleh seorang Baduy luar bernama Karsim. Ia masuk ke dalam goa mencari kelelawar dan mengetahui karakteristik dalamnya. Goa Baduy mempunyai ukuran Panjang ± 700 M, lebar 4 sampai 10 M, kedalaman ± 50 M, tinggi 6 sampai 12 M. Di dalamnya, ada sungai Ciawitali Leuwi Surupan yang dapat dilewati oleh pengunjung. Selain itu, ada  3 danau di dalamnya yang bisa digunakan sebagai arena bermain.

Letak mulut Goa Baduy berada di Kampung Palayangan dan ujungnya di Kampung Surupan, Desa Sukamanah, Kecamatan Cimanggu. Ciri khas goa terdiri dari Stalagmit yang merupakan kumpulan kalsit yang berasal dari air yang menetes. Stalaktit adalah jenis speleothem yang menggantung dari langit-langit gua kapur yang berasal dari pengendapan kalsium karbonat dan mineral lainnya. Sekumpulan kelelawar juga hidup dan berkembang biak di sana.

Dikelola oleh Kelompok Karang Taruna Desa Sukamanah dan Kecamatan Cimanggu

Camat Camat Cimanggu, Abdul Naafi AR, menyatakan penataan goa sedang dilakukan oleh masyarakat dan kelompok pemuda (Karang Taruna), Mereka bekerjasama dengan pemerintah Desa Sukamanah dan Kecamatan Cimanggu. Dari Pembuatan Gapura, Saung Rineh/Istirahat, Jembatan, Bendungan dan Spot Selfie dikerjakan oleh para pemuda.

Pengembangan Goa Baduy dimaksimalkan demi kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung. Pengunjung yang masuk ke goa nantinya akan disediakan Sepatu boot, Pelampung, Helm, Senter, Perahu karet, Tambang besar dan Gantungan lampu. Pengelola berencana akan menyediakan wahana yang menarik seperti Outbond, Flaying Fox dan Panjat tebing.

Selain itu, penataan Wisata Goa Baduy akan menampilkan Wisata sejarah geologi terbentuknya Gua Baduy, di bagian luar, akan dibuat Replika Kampung Adat Baduy Luar. Untuk membuatnya lebih menarik, wisata agro disediakan untuk menanam ratusan bibit buah buahan dan sayuran di area Wisata.

Pemerintah Sukabumi juga mendorong pengembangan sektor pertanian dan pariwisata dengan menggali potensi alam dan melibatkan pemberdayaan masyarakat. Sehingga terwujud peningkatan ekonomi, dan Kelestarian alam. Diharapkan pula, objek wisata  Goa Baduy Sukabumi dapat  meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.

Baca juga: Bukit Teletubbies Sukabumi Tempat Wisata Selain Penangkaran Penyu dan Pantai Pasir Putih di Ujung Genteng

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close