Mari Menikmati Indahnya Wisata Alam Sawah Sukabumi Bersama Keluarga

wisata alam sawah Sukabumi

Bukan rahasia lagi, wisata alam sawah Sukabumi menjadi pemandangan yang sangat menarik. Kalau orang datang ke Kabupaten yang sedang giat menggejot Wisata Geopark Ciletuh selalu tidak bosan memandangi panorama alam persawahan dari sisi dan kanan jalan serta daerah perdesaannya. Bagi kamu yang sudah lama tinggal di kota, cobalah berkunjung menikmati panorama persawan di kabupaten Sukabumi. Tidak akan menyesal, karena kondisinya yang masih sangat asri.

Ada beberapa rekomendasi area persawahan yang bisa kamu datangi, antara lain seperti di Cikondang, Pantai Loji, Ciemas dan Curug Cirjeg. Semuanya memiliki keindahan dan ciri khas tersendiri. Sehingga, sangat layak untuk kamu datangi.

Wisata Alam Sawah Sukabumi dari Cikondang Menawarkan Keelokan Alam nan Asri

Panorama Wisata Alam Sukabumi di Kampung Cikondang. Foto : Hidayat Asep
Panorama Wisata Alam Sukabumi di Kampung Cikondang. Foto : Hidayat Asep

Panorama wisata alam Sukabumi yang sangat intah terletak terletak di Kampung Cikondang, Desa CImangu, Kec. Cimangu. Wisatawan bisa menikmati panorama Jampang yang menawarkan keelokan Alam yang asri dan alami.

Mata akan tertuju pada aliran sungai Ciseureuh dan Cisuru yang mengapit bukit dan sawah terasering. Sungguh pemandangan yang aduhai! Dari puncak Cikondang kita bisa melihat dengan jelas cantiknya Gunung Patat yang berada di Kalibunder.

Baca juga : Berlibur ke Camping ground Pondok Halimun Sukabumi Aja!

Kawasan wisata alam sawah Sukabumi yang berada di Kampung Cikondang ini snagat cocok dinikmati bersama keluarga. Kamu bisa makan botram atau makan bersama sambil menikmati keindahan alam. Jangan takut dan ragu, lokasinya sangat mudah diakses. Dari Kota Jakarta, kamu melalui Bogor dan melintasi Cikidang via Cibadak. Selanjutnya mengarah ke Palabahanratu dan masuk Jembatan Kuning Bangbagan.

Selanjutnya, ke arah Simpenan- Kiara Dua – Waluran, menuju alun-alun Jampangkulon. Dari situ, belok Kiri samping Alfamart arah Ke Cimanggu. Kemudian, mengikuti jalan lurus sekitar 5 km dan nanti bertemu Kantor Kecamatan Cimanggu atau Kantor desa Cimanggu bersebalahan dengan Alfamart Cimanggu. Tidak jauh lagi masuk ke arah kiri sekitar 1,5 Km. Kondisi jalan sudah diaspal dan sebagian bebatuan. Mobil Avanza dipastikan bisa dikendarai menuju wisata alam sawah Sukabumi ini.

Panorama Hamparan Sawah di Pantai Loji Simpenan Sukabumi

Pantai Loji, di Kecamatan Siimpenan Kabupaten Sukabumi
Pantai Loji, di Kecamatan Siimpenan Kabupaten Sukabumi. Foto Hidaya Asep

Sajian pemandangan alam sawah yang tidak kalah indahnya, adalah area persawahan yang langsung menghadap ke laut selatan samudera Hindia. Kawasan persawahan tersebut memadukan hijaunya tanaman padi dan birunya air laut. Wisatawan bisa mendapatkan dua panorama alam yang berbeda sekaligus.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke lokasi persawahan ini, letaknya berada di Pantai Loji, Desa Loji/Sangrwayang Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabimi. Dari pantai Palabuhanratu hanya memakan waktu sekitar 20 menitan. Jangan takut nyasar, kawasna ini cukup dikenal sebagai tujuan wisata, apalagi setelah gebyarnya Geopark Ciletuh sebagai tujuan wisata andalan Kabupaten Sukabumi.

Menikmati Wisata Alam Sawah Sukabumi di Mekarjaya Ciemas

Kondisi Area Persawahan di Mekarjaya, Kecamatan Ciemas
Kondisi Area Persawahan di Mekarjaya, Kecamatan Ciemas. Foto dari Facebook: wisatamekarjayaciemas.

Lokasi wisata alam yang tak kalah indahnya berada di Kampung Pasir Angin, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Kawasan ini sangat dekat dengan Curug Panganten, jaraknya hanya sekitar 500 meter. Sawah terasering yang berundang menjadi ciri khasnya, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Untuk melihat panorama sawah, wisatawan bisa berdiri di puncak Tugu. Dari situ, kamu menatap langsung hijaunya alam karunia dari Sang Pencipta. Berkunjung ke tempat ini tentu lebih menyehatkan raga dan pikiran, dibandingkan harus berkunjung ke mall. Kawsan Ciemas menjadi bagian dari Geopark Ciletuh, Palabuhanratu, Sukabumi.

Kalau ke kawasan Geopark Ciletuh jangan lupa datang ke Puncak Tugu Ciemas. Karena lokasinya jauh dari keramain, cocok untuk bersantai dan bis amenikmati, persawahan, perbukitan, dan curug yang airnya terus mengalir sangat jernih.

Baca juga : Mendukung Teroris Mako Brimob Berpikir Tentang Sisi Kemanusiaan Kita

Pesona Curug Cirajeg Di Tengah Area Persawahan

Curug Cirajeg di Tengah Sawah. Sumber Foto: instagram.com/rianmaygi01
Curug Cirajeg di Tengah Sawah. Sumber Foto: instagram.com/rianmaygi01

Wisata Alam Sawah Sukabumi yang satu ini memang menarik, karena terdapat curug di tengah hamparan sawah. Curug yang tampak indah dan membuat betah berada di sana. Nah, disana pula area persawahan terhampar yang menyatu dengan aliran air terjun atau Curuh Cirajeg. Lokasinya berada di Dusun Cirajeg, Desa Neglasari, Kecamatan Purbalaya, Sukabumi, Jawa Barat.

Bagi kamu yang ingin datang ke Curug Cirajeg ini, perjalanan dari pusat Kota Sukabumi memakan waktu 1-2 jam menuju Purbalaya via Baros. Lalu rutenya menuju Desa Nelagasari dan bertanyalah dimana letak Dusun Cirajeg. Tandanya adalah adanya lapangan sepakbola. Kalau pergi menaiki kendaraan roda dua, lebih dekat dan bisa berhenti lebih dekat ke area persawahan dan Curug Cirajeg. Info lengkap bisa dibaca di http://kesiniaja.com.

Wisata Alam Sawah Terasering di Desa Cilangkap

SawahTerasering yang terdapat di Desa Cilangkap Kec. Lengkong Sukabumi
Sawah Terasering yang terdapat di Desa Cilangkap Kec. Lengkong Sukabumi. Foto diambil dari Facebook Hidayat Asep.

Keindahan yang juga harus dinikmati adalah nuansa hijau yang indah dari persawahan yang terletak di desa Cilangkap Kecamatan Lengkong Sukabumi. Di sana terdapat sawah terasering yang sangat keren dan tentunya memanjakan mata para Wisatawan yang datang kesana.

Dari foto dapat kita lihat, kalau sawah tampak bersusun berjajar ke bawah dan menampilkan gambaran betapa indahnya alam yang terdapat di Kabupaten Sukabumi.

Nah, itulah wisata alam dengan panorama persawahan yang terletak di Kabupaten Sukabumi. Kalau datang berkunjung ke Sukabumi, mari nikmati indahnya alam. Mari berlibur dan bersantai, tetapi jangan buang sampah sembarangan. Hayu Ke Sukabumi.

 

Sebagian Tulisan Disunting dari Artikel Hidayat Asep, Pengelola Grup Facebook Wisata Alam Sukabumi.

One thought on “Mari Menikmati Indahnya Wisata Alam Sawah Sukabumi Bersama Keluarga”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.