Manfaat Pembangunan Bandara Sukabumi, Jadi Mudah Deh Berwisatanya

manfaat pembangunan bandara sukabumi

Apakah manfaat Pembangunan Bandara Sukabumi yang dijanjikan akan dilakukan mulai tahun depan? Janji pembangunan bandara itu sendiri keluar dari mulut Presiden Joko Widodo setelah melakukan pembukaan tol Bocimi Seksi 1 (1/12/2018).

Kalau dipikir-pikir, sarana insfrastruktur untuk menghubungkan Sukabumi dengan kota lainnya selayaknya ditingkatkan. Apalagi jalan darat penghungung Sukabumi-Bogor sudah minta ampun macetnya. Kalau sudah terjebak macet, perjalanan menuju kota lainnya atau kembali ke Sukabumi bisa memakan waktu berjam-jam.

Untuk itu, rencana pembangunan bandara menjadi angina segar untuk membuat akses menuju kota lain lebih efisien. Jadi kalau mau pergi ke Kota lain yang jaraknya jauh, tidak perlu lagi ke Bandara Soekarno Hatta di Tangerang atau Bandara Husen Sastranegara di Bandung.

Ada beberapa manfaat yang mungkin dapat dirasakan dan manfaat pembangunan badara Sukabumi. Jangan bilang enggak berguna, emangnya mau berjam-jam macet di Jalan dan harus bandara di kota lainnya agar bisa perpergian ke tempat yang jauh.

Baca juga: Hore, Sudah Ada Bus Damri Rute Sukabumi ke Bandara Soekarno Hatta

Manfaat Pembangunan Bandara Sukabumi Memudahkan Akses Ke Berbagai Daerah di Indonesia

Pembangunan Bandara Sukabumi sebagai upaya menggenjot pembangunan infrastruktur di Jawa Barat bagian selatan. Tidak hanya bandara, pemerintah juga merencanakan pembangunan rel kereta api ganda Jakarta-Bogor dan melanjutkan Pembangunan Tol Bocimi sampai Seksi IV.

Manfaat pembangunan bandara Sukabumi antara lain:

  • Semakin efisiennya mobilisasi masa dari dan menuju Sukabumi.
  • Waktu perjalanan jauh semakin singkat, karena mau kemana-mana sudah ada bandara di Sukabumi. Apalagi, masyarakat Sukabumi sudah puluhan tahun harus menempuh perjalanan darat ke Jakarta atau Bandung jika ingin terbang dengan pesawat.
  • Bandara baru akan semakin menghubungkan Sukabumi dengan daerah lain dari berbagai pulau di Indonesia dengan lebih cepat dan efisien.
  • Pembangunan bandara di daerah lain yang melayani penerbangan  terbukti menghubungkan daerah terisolasi atau terpencil. Hal itu mengatasi moda transportasi lain memakan waktu perjalanan yang sangat lama.
  • Kehadiran bandara bisa diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi di Sukabumi. Hal tersebut sesuai dengan rencana pemerintah untuk mendukung program Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).
  • Sektor ekonomi daerah seperti perkebunan dan pertanian bisa juga menggunakan transportasi udara.
  • Bandara di Sukabumi dapat menyokong sektor pariwisata yang sedang dikembangkan pemerintah daerah, seperti lokasi wisata Geopark Ciletuh.

Baca juga: Sinergi Lintas Generasi Literasi Sukabumi

Dunia Pariwisata  Akan Menerima Manfaat Pembangunan Bandara Sukabumi

Rencana pembangunan bandara baru dapat mendorong mendorong geliat sektor pariwisata di Sukabumi. Wisatawan memiliki pilihan dapat menggunakan transportasi udara untuk datang ke Sukabumi.

Pendirian Bandara Sukabumi secara otomatis mendukung akses menuju ke Pelabuhan Ratu dan lokasi wisata Geopark Ciletuh. Selama ini wisatawan setidaknya membutuhkan waktu di sekitar di atas 5 jam dari Jakarta atau Bandung menuju lokasi wisata pantai di Sukabumi.

Baca juga: Pentingnya Pelatihan Wirausaha Bagi Eks TKI Agar Tidak Mengadu Nasib di Negeri Orang Lagi

Kehadiran bandara baru di Sukabumi dapat menjadi pemicu datangnya investasi di sektor pariwisata. Bukan rahasia lagi, investasi akan mendatangkan efek berantai bagi sektor pendukungnya, seperti hotel dan restoran. Pengiriman barang menuju Sukabumi pun dapat lebih cepat dengan menggunakan moda transportasi udara.

Sehingga, janji sang Presiden layak dinanti dan ditunggu, karena memiliki manfaat yang begitu banyak bagi sarana transportasi di Sukabumi. Anda tidak mau kan terus-menerus terkena kemacetan melalui jalur darat, apalagi menjadi tua di jalan.

2 thoughts on “Manfaat Pembangunan Bandara Sukabumi, Jadi Mudah Deh Berwisatanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.