Kawasan Perkemahan Hingga Jembatan Gantung Terpanjang Ada di Situ Gunung Sukabumi

Situ Gunung Sukabumi

Lokasi wisata alam di Situ Gunung Sukabumi terus berbenah dengan dibangun jembatan gantung yang menjadi trending topic di Media Sosial Situ Gunung merupakan salah satu objek wisata dengan keindahan alam yang luar biasa.

Lokasi wisata alam yang cukup terkenal di Sukabumi ini merypakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Untuk diketahui saja, kalau lokasinya terletak sekitar 16 km dari pusat kota Sukabumi.

Apabila tiba di kawasan wisata Situ gunung, wisatawan akan disambut berbagai suara dari kicauan burung dan hewan lainnya. Â Sehingga, akan merasakan berada di tempat yang damai sekali.

Selain dapat melihat danau (situ) dan air terjun (curug), wisatawan bisa menikmati banyak kegiatan di Situ Gunung. Pokoknya tidak akan menyesal datang ke objek wisata ini.

Baca juga : Pengakuan Geopark Ciletuh Menjadi UNESCO Global Geopark Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat Sukabumi

Tanakita Hingga Tempat Penginapan Villa Terdapat di Situ Gunung Sukabumi

Objek wisata yang identik dengan Gunung Gede Pangrango ini tentu saja menjadi incaran dari para pecinta alam untuk camping. Mereka datang berkemah dan mendirikan tenda di lokasi-lakasi yang sudah ditentukan oleh pengelolanya. Pengunjung bisa membawa perlengkapan tenda dan lainnya sendiri.

Kalau tidak membawa tenda sendiri, pengelola menyediakan pelayanan penginapan ala tenda di camping ground.  Ada fasilitas perkemahan dengan nama Tanakita Rakata Adventure.

Pengunjung bisa bertanya kepada pengelolanya ketika sampai di kawasan wisata ini. Pokoknya enggak akan menyesal deh, camping ala Tanakita ini Sudah 5-star camping facilities. Nyaman sekali. Wisatawan cukup membayar Rp550.000 per orang, per malam.

Bagi yang tidak tertarik dengan berkemah, pengunjung tidak perlu khawatir karena banyak villa dan losmen. di sekitar objek wisata ini. Kamarnya memiliki kualitas yang bervariasi sesuai kemampuan kantong anda. Fasilitasnya sudah lengkap, termasuk termasuk televisi dan air hangat.

Uang sewanya setidaknya sekitar Rp350.000/malam atau lebih untuk biaya per malamnya. Kalau datangnya dengan beramai-ramai, pengunjung bisa menyewa villa dengan fasilitas kamar beragam dengan harga hingga Rp1.000.000/malam.

Baca juga : Pemerintah Menyiapkan Pembuatan KTP Elektronik Hanya Satu Jam

Ke Situ Gunung ya Tentu Saja Harus ke Danaunya

Situ gunung merypakan nama dari sebuah danau yang berada di kawasan wisata ini. Danau tersebut terletak pada ketinggian sekitar 850 mdpl. Menarik sekali loh, diantara pepohanan dan kaki gunung Pangrango ada danau yang bagus buat selfie di sana.

Untuk menuju danau ini, wisatawan harus berjalan kaki sekitar satu kilometer dari pintu masuk. Enggak sampai melelahkan kok, cuma ya bikin ngos-ngosan bagi orang yang tidak terbiasa berjalan jauh dan naik turun tanjakan. Siap-siap tarik napas yang dalam ya.

Kawasan Danau Situ Gunung dihiasi dengan hutan pinus yang lebat. Sejauh mata memandang, pengunjung akan menikmati keindahan pepohonan. Sehingga, tidak salah lagi, kehijauan alam akan terlintas dimata anda. Pohon yang masih rindang ini membuat udara tetap segar dan selalu terasa sejuk di sana, meski cuaca sedang panas sekalipun.

Ingin Melihat Air Terjun, Silahkan Ke Curug Sawer Situ Gunung Sukabumi

Air terjun yang dinamakan Curug Sawer ini menjadi lokasi wisata yang selalu diburu oleh wisatawan lokal maupun luar daerah Sukabumi. Untuk menuju Curug Sawer, pengunjung harus menyiapkan napas yang lebih panjang, karena harus ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 4 km dari pintu masuk.

Tetapi enggak perlu bimbang dan ragu, perjalanan akan menyenangkan karena udaranya segar dan bisa menikmati keindahan alam sekitar Situ Gunung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Kalau kondisi airnya tentu saja jernih dan sangat dingin.

Sebenarnya kawasan Wisata Situ Gunung ini memiliki dua air tejun, yaitu Curug Cimanaracun dan Curug Sawer. Tetapi, Curug Sawer yang lebih terkenal karena terletak berdekatan dengan lokasi perkemahan. Kalau sedang hari libur, area Curug Sawer akan ramai sekali, sehingga akan ramai sekali oleh pengunjung.

Bagaimana pendapatnya ? . . repost @d3d1s Adanya pembangunan di kawasan Situgunung mmg diperlukan dan harus krn itu yg ditunggu2 sejak berpuluh-puluh tahun lamanya ; ——– setelah jembatan gantung terpanjang juga dilakukan pembangunan di kawasan Curug Sawer ; ——– dan ini salah satu pembangunan tempat selfie berupa jembatan tepat di depan Curug Sawer di kawasan Situgunung ; —- bagaimana menurut pendapat rekan-rekan ? foto : @fotokamisukabumi . @situgunungpark at Curug Sawer , Kec. Kadudampit Kab. Sukabumi .. #sukabumi #sukabumiface #sukabumitourism #smitour #sukabumifacebook #ilovesukabumi #jawabarat #waterfalls #curug #sawer #eksplorsukabumi #curugsawersukabumi #curugsawer #situgunung #situgunungpark #pesonaindonesia_id #pesonaindonesia #wonderfullindonesia #mytripmyadventure #gununggede #gununggedepangrango #indonesiatraveler_id #natureview #naturephotography #instastory #instagram #instatraveler #pecintaalam #pecintaalamindonesia #visitsukabumi

A post shared by SITUGUNUNG PARK (@situgunungpark) on

Kabarnya pengelola sudah membangun satu lokasi untuk selfie untuk wisatawan yang datang ke sana. Sehingga, pengunjung bisa foto cantic di sana. Meskipun, jembatannya tampaknya dibikin terlalu dekat dengan lokasi air terjun.

Pengelola mungkin ingin membuat lokasi air terjun semakin menarik dan mamfasilitasi pengunjunga yang ingin mengambil foto yang bagus berlatar air terjun.

Jembatan Terpanjang Di Lokasi Wisata Se-Indonesia Ada di Situ Gunung Sukabumi

Ada area yang sedang ramai dibicarakan di media sosial, seperti Sukabumi Facebook di Situ Gunung Sukabumi. Lokasi tersebut tentu saja jembatan terpanjang yang dibangun di sana.

Jembatan ini sudah membuat penasaran banyak orang, belum selesai dibangun saja sudah banyak yang membagi fotonya di media sosial. Bahkan, orang luar Sukabumi sudah men-share foto jembatan ini loh.

Bagi wisatawan yang senang sama ketinggian tentu jembatan ini cocok sekali. Orang sudah penasaran untuk datang ingin mencoba berjalan di atas jembatan tersebut. Kabar-kabarnya, jematan ini akan menjadi lokasi favorit bagi wisatawan.

Jembatan ini kabarnya diresmikan pada tahun 2018 ini. Jembatan gantung ini akan menghubungkan area air curug sawer dengan lokasi Situ Gunung. Bagi anda yang penasaran, lokasi jembatan ini berada 4 km dari pintu utama. Jalan yang sama kalau ingin ke Curug Sawer.

Jembatan ini memiliki panjang sekitar 200 meter, tingginya 100 meter, dan lebarnya 2 meter. Kabarnya jembatan ini sedang diusulkan mendapat Rekor MURI sebagai jembatan yang terpanjang di lokasi wisata se-Indonesia.

Jangan Lupa Hunting Foto di Situ Gunung Sukabumi

Nah, kegiatan yang tidak boleh dilewatkan tentu saja hunting foto. Kalau sudah berada di kawasan ini tidak foto ya sama saja bohong. No photo ya hoax kalau kata anak jaman sekarang. Pengunjung jangan lupa mengabadikan semua kegiatan di Situ Gunung.

Kawasan ini indah sekali menjadi latar foto anda. Pengunjung biasanya senang mengambil foto dengan latar hutan pohon pinusnya. Jembatan gantung juga diduga bakal menjadi lokasi foto favorit di kawasan ini.

Jadi para wisatawan sekalian, datanglah ke objek wisata alam Situ Gunung Sukabumi ini. Anda bisa datang menaiki kendaraan pribadi atau kereta api dari Kota Bogor ke Sukabumi.

Kalau menaiki angkutan Umum berupa mobil, pengunjung berhenti di pasar Cisaat Sukabumi, dan melanjutkan naik angkot yang akan diantar hingga pintu masuk Situ Gunung. Jangan lupa menggunakan google maps kalau ragu dan takut kesasar ke objek wisata ini. Mari berlibur dan jangan lupa datang ke Situ Gunung, Kadudampit, Cisaat, Sukabumi.

2 thoughts on “Kawasan Perkemahan Hingga Jembatan Gantung Terpanjang Ada di Situ Gunung Sukabumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.