Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Sukabumi

Kawah Ratu Sukabumi Destinasi Wisata Alam di Kaki Gunung Salak

Kawah Ratu Sukabumi adalah tempat wisata alam dengan tujuan wisata yang beragam. Anda bisa menikmati keindahan air terjun, kawasan camping ground, dan pemandangan alam bekas letusan dahsyat Gunung Salak, berupa Kawah Ratu.

Objek wisata ini cocok dikunjuki oleh Anda yang ingin liburan bersama teman sekolah, rekan kantor dan sanak keluarga. Wisatawan akan menikmati cantiknya alam hutan dan kesejukan hawa pegunungan. Pengunjung bisa bermalam di tenda atau sekedar untuk bersantai.

Kawah Ratu Sukabumi Bisa Didatangi dengan Kendaraan Roda Dua dan Roda Empat

Pepohonan di Sekitar Kawah Ratu Gunung Salak Sukabumi. Foto Budi Bagas
Pepohonan di Sekitar Kawah Ratu Gunung Salak Sukabumi. Foto Budi Bagas

Kawah Ratu Sukabumi merupakan salah satu Resort (RPTN) berlokasi di SPTN Wilayah III Sukabumi, Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tempat wisata ini berada di kaki Gunung Salak. Secara administratif, lokasi wisata berbatasan dengan Desa Cidahu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Anda bisa datang ke wisata alam Kawah Ratu Sukabumi dengan kendaraan roda dua maupun empat. Jika dari arah Bandung, Anda dapat menempuh melalui rute sampai kota Sukabumi, terus ke arah Bogor sampai perempatan Cidahu. Kemudian, belok kiri lurus hingga ke lokasi.

Sedangkan dari arah Jakarta, anda dapat menempuh perjalanan melewati tol Jagorawi sampai di Ciawi. Silakan lanjutkan menuju jalur arah Sukabumi sampai di perempatan Cidahu. Belok ke arah kanan dan lurus hingga tiba di lokasi wisata tujuan.

Biodiversitas dan Objek Wisata yang Dapat Ditemukan Wisatawan

Kawah Ratu Sukabumi. Foto Hiekmat Fallz
Kawah Ratu Sukabumi. Foto Hiekmat Fallz

Kawah Ratu Sukabumi menarik dikunjungi karena bidiversitas dari vegetasi tumbuhan yang yang beragam. Di bagian bawah, Anda dapat melihat gugusan pohon Damar yang berdaun menyerupai jarum. Pada bagian hutan bervegetasi homogen di tempat wisata ini, dapat ditemukan beberapa satwa liar seperti Monyet ekor panjang, Jelarang, musang, burung dan lainnya.

Apabila menuju jalur hiking ke Kawah Ratu, Anda dapat menemukan suasana hutan belukar alami khas pegunungan tropis.Di kawasan ini, Anda bisa melihat satwa liar yang lebih beragam secara visual, dari jejak, dan suaranya. Anda mungkin dapat menemukan Surili, Monyet Ekor Panjang, Owa Jawa, Lutung, Macan Tutul atau Macan Kumbang.

Adapun Objek wisata yang terdapat di tempat ini, adalah fasilitas area berkemah yang sangat luas. Kawasannya dibagi dalam 3 (tiga) blok yang dilengkapi dengan fasilitas toilet. Jangan takut kelaparan karena tidak membawa makan, karena ada banyak warung yang menyediakan makanan berat dan ringan.

Resort Kawah Ratu terdapat tujuh air terjun dengan lokasi yang menyebar dan lima diantaranya mudah dikunjungi, yaitu Curug 1, 2, 3,Curug Dua Undak dan Curug Ngumpet. Anda bisa menikmati gemuruh suara air dan mengabadikan foto suasana alami di sekitar lokasi air terjun.

Tujuan utama Wisatawan Kawah Ratu Bekas letusan Gunung Salak yang Terjadi pada Tahun 1938

Letusan gunung ini membentuk kawan yang memiliki luas sekitar 2 hektar. HIngga saat ini, kawah masih mengeluarkan air dan uap panas, serta gas belerang.

Kawah Ratu Sukabumi bisa didatangi dengan melakukan perjalanan pendakian selama 1,5 jam (3,5 Km) dari kantor Resort Kawah Ratu di Cidahu. Di tengah jalur pendakian, ada lapangan yang luasnya sekitar 0,75 hektar dan bisa dijadikan tempat berkemah.

Disebabkan kandungan belerangnya sangat tinggi, wisatawan dilarang untuk turun ke kawahnya dan tetap berada di zona yang telah ditentukan.Nah, tunggu apalagi, mari berliburan ke tempat ini dan tetap ikuti prosedur kesehatan selama di kawasan wisata alam Sukabumi.

Tempat Wisata Menarik Lainnya: Perjalanan Melelahkan ke Curug Cibeureum Pondok Halimun Sukabumi

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close