Mengenalkan Kampung Wisata Sukabumi Melalui Produk Hanjeli   

Kampung Wisata Sukabumi Hanjeli

Upaya terus dilakukan untuk mengenalkan Kampung Wisata Sukabumi dengan ragam cara, salah satunya melalui pengolahan beragam produk Hanjeli.

Alhamdulillah, kami kedatangan tamu istimewa Wakil Bupati Sukabumi, Drs. H.Adjo Sardjono, MM beserta rombongan Dinas dari Pemerintah Daerah Sukabumi Ke kampung Wisata Hanjeli. Lokasinya berada di Kampung Cekdam, Desa Waluran Mandiri, Kec. Waluran Sukabumi, Jawa Barat.

Kedatangan pejabat daerah menjadi momen berharga untuk mengenalkan potensi kampung wisata Sukabumi, sehingga dapat bersinergi dengan program yang dijalankan pemerintah.

Baca juga : Menariknya Konsep Digital Warung Surabi Tasik Kang Asep dalam Wisata Kuliner

Mengenalkan Konsep pemberdayaan Kampung Wisata Sukabumi dari Pengolahan Produk Hanjeli

Presentasi Mengenai Kampung Wisata Hanjeli. Foto : Asep Hidayat.
Presentasi Mengenai Kampung Wisata Hanjeli. Foto : Asep Hidayat.

Alhamdulillah, saya diberi kesempatan mempresentasikan Konsep Pemberdayaan Berbasis Kampung/ Desa yang fokusinya untuk menjelaskan tentang Kampung Wisata Hanjeli. Saat ini, Kampung Wisata Hanjeli sedang dikembangkan menjadi lokasi yang siap dikunjungi kedepannya.

Sehingga, persiapan demi persiapan dan mengenalkan konsep kampung wisata Sukabumi sangat penting untuk dilakukan, karena membutuhkan dukungan dari semua sektor, baik dukungan dari Pemerintah Daerah, terutama dari masyarakat itu sendiri.

Kampung Hanjeli direncanakan akan menjadi bagian dari Geo Produk/ Kuliner di Kawasan Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark. Alasannya  Wilayah Waluran Sebagai Gerbangnya Kawasan Geopark Ciletuh.

Daya tarik yang sedang dikembangkan untuk kampung wisata Sukabumi ini adalah Paket Nasi Liwet Hanjeli. Produk lokal dari dalam kampung dikenalkan kepada wisatawan yang datang ke kampung kita. Masyarakat bisa mengenalkan apa itu hanjeli, cara pengolahan pertaniannya, dan khasiatnya ketika dikonsumsi oleh tubuh.

Hal yang paling utama adalah mengenalkan konsep pemberdayaan masyarakat sebagai bagian penting dalam pengembangan Kampung Wisata Hanjeli di Sukabumi.

Baca juga : Senyuman Mereka Membuat Anak-Anak Kita Memahami Koruptor Tidak Memalukan

Produk Hanjeli Menjadi Ciri Khas Kampung Wisata Sukabumi

Menyambut Kedatangan Pemda ke Kampung Wisata Hanjeli. Foto : Asep Hidayat.
Menyambut Kedatangan Pemda ke Kampung Wisata Hanjeli. Foto : Asep Hidayat.

Sebuah kampung atau desa dapat disebut sebagai desa wisata, karena memiliki ciri khas yang dapat diunggulkan sebagai daerah tujuan para wisatawan. Untuk itu, selanjutnya kita akan mengenalkan juga aneka Produk yang dikerjakan oleh ibu-ibu, terutama kegiatan olahannya seperti Rengginang Hanjeli, Kicimpring Hanjeli dan lainnya.

Harapannya, wisatawan tidak hanya melihat hasil olahan saja, tetapi dapat dipraktekan langsung cara membuat rengginang, menggoreng sampai bisa mencicipinya.

Menariknya Kampung Wisata Hanjeli di Waluran Sukabumi ini adalah dikerjakan oleh para perempuan dari warga lokal dan para mantan TKW.

Potensi wisata dari kuliner denga pengolahan paket makanan seperti nasi hanjeli dapat menjadi sumber penghasilan bagi warga lokal, terutama ibu-ibu di sekitar kawasan kampung wisata. Mereka dapat memenuhi kebutuhan hidup dari potensi sumberdaya alam yang tumbuh di kampungnya. Sehingga, kaum ibu tersebut tidak perlu berangkat lagi bekerja ke Luar negeri menjadi TKW.

Apabila hal tersebut bisa terlaksana, maka kampung wisata bisa membantu untuk meringankan beban ekonomi rumah tangga mereka dan bisa tersenyum menghadapi masa depannya. Semoga saja dan mari kita kerjakan bersama-sama.

Ditulis Oleh Asep Hidayat

Untuk Kemajuan Kampung Wisata Sukabumi yang Mandiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.