Sun. May 26th, 2024
    Jembatan Situ Gunung Siap Dibuka KembaliJembatan Situ Gunung Siap Dibuka Kembali

    Jembatan Terpanjang Situ Gunung Sukabumi telah ditutup sejak ditetapkannya kondisi darurat kesehatan COVID-19 dan ada rencana akan dibuka kembali. Penutupan tersebut mengikuti aturan Pemerintah Daerah yang meminta semua tempat wisata Kabupaten Sukabumi ditutup hingga waktu yang tidak ditentukan.

    Pada hari kamis (11/6/2020), Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong melakukan peninjuaan kesiapan tempat wisata alam Situ Gunung untuk dibuka kembali.  Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri menjelaskan kalau lokasi wisata yang berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango tersebut akan dibuka jika sudah ditetapkan sebagai zona biru.

    Selama belum beroperasi, pengelola sedang mempersiapkan aturan bagi wisatawan sesuai protokol COVID-19. Searah dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan melakukan evaluasi untuk menentukan waktu pembukaan. Selain itu, akan dibuat pula ketentuan terkait protokol kesehatan dan batasan wisatawan yang dapat berkunjung ke Situ Gunung Sukabumi.

    Jembatan Terpanjang Situ Gunung Dinyatakan Sudah Siap untuk untuk Dibuka Kembali

    Keindahan Panorama Wisata Alam Situ Gunung Sukabumi
    Keindahan Panorama Wisata Alam Situ Gunung Sukabumi. Foto  Bangkit Eliana

    Hasil dari kunjungan kerja Wakil Menteri Menteri LHK dan Pemda Kabupaten Sukabumi dinyatakan kondisi situs wisata di kawasan Suspension Bridge Situ Gunung sudah siap didatangi wisatawan. Sehingga, aman dari segi staff, fasilitas kebersihan, dan prosedur kesehatan bagi pengunjung.

    Wakil Menteri LHK menyampaikan kunjungan kerjanya untuk mengecek kawasan konservasi termasuk kawasan wisata Suspension Brige yang ada di Kab. Sukabumi. Ia menyatakan lokasi wisata Situ Gunung dapat dibuka jika Kabupaten Sukabumi sudah temasuk zona biru. Sesuai aturan wisatawan yang berkunjung hanya 50 persen dari rata-rata kunjungan sebelumnya.

    Pembukaan kembali tempat wisata yang sangat terkenal di Sukabumi, diharapkan berdampak bagi ekonomi lokal di kawasan Situ Gunung, Kadudampit, Sukabumi. Wisatawan lokal maupun mancanegara dapat datang dengan prosedur rasa aman. Kegiatan perekonomian masyarakat sekitarnya dapat berjalan kembali.

    Kondisi bencana kesehatan COVID-19 sangat berpengaruh bagi sektor wisata di Sukabumi. Semua tempat wisata terkenal tidak dapat dikunjungi oleh wisatawan demi mencegah penularan virus corona.

    Tiket Masuk Situ Gunung

    Harga tiket masuk ke Situ Gunung adalah Rp16.000 pada hari kerja (senin-jumat) dan Rp18.500 pada akhir pekan. Pengunjung biasanya lebih ramai pada hari Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional. Setiap pengunjung nantinya disarankan memakai masker, menjaga jarak, dan memperhatikan kebersihan untuk mencegah penularan virus.

    Situ Gunung merupakan kawasan wisata alam di Kabupaten Sukabumi. Ada beragam obyek wisata di dalamnya, seperti jembatan gantung , tempat camping, air tejun dan danau. Tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama teman dan keluarga. 

    Baca juga: Cerita Dibalik Nama Pantai Karang Hawu Dan Keindahan yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan

    One thought on “Jembatan Terpanjang Situ Gunung Akan Dibuka Kembali”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *