Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Wisata Sukabumi

Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi, Kamu Pasti Tertarik Melewatinya

Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi akan menjadi tujuan wisata baru yang diprediksi akan menyedot kedatangan wisatawan. Karena sangkin panjangnya, jembatan yang terletak di Kawasan Wisata Situ Gunung di kaki Gunung Gede Pangrango bakal menjadi tujuan wisata bagi pecinta adrenalin. Siapkan jantung yang sehat untuk melintasi jembatan tersebut.

Tetapi, jembatan gantung ini belum bisa dilewati oleh para wisatawan, karena masih dalam tahap finishing. Para wisatawan yang datang ke Situ Gunung Sukabumi sudah penasaran bagaimana bentuk jembatan tersebut dan tidak sabar untuk berfoto di sana, tetapi masih dilarang dengan alasan keamanan.

Kawasan Situ Gunung sebagai objek wsiata alam Sukabumi yang sangat menarik dan menawarkan keindahan dan kesejukan. Kondisi hutan yang asri, keindahan danau, dan air terjunnya menjadi daya tarik yang kuat untuk didatangi wisatawan lokal maupun dari luar Sukabumi.

Bayangkan saja, ada ribuan orang yang datang ke kawasan Situ Gunung setiap minggu. Mereka biasanya datang untuk menikmati pesona hutan damar yang berada di areal Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Setelah adanya jembatan gantung terpanjang Sukabumi, objek wisata Situ Gunung semakin menyedot perhatian. Sebelum Kamu datang berkunjung untuk melihat objek wisata ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang jembatan gantung ini.

Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi Berada 700 m dari Pintu Masuk

Bagi wisatawan yang penasaran dimana lokasi jembatan ini, lokasinya berada di Kawasan Wisata Alam Situ Gunung, di Kampung pesanggrahan, Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat. Posisi jembatan sekitar 700 m dari pintu masuk Objek Wisata Situ Gunung.

Jika mau datang ke Lokasi wisata ini sangat gampang kok, datang dari arah Sukabumi Kota dengan berpatokan kantor Polsek Cisaat. Pengunjung terus berbelok ke kanan, jalan tersebut langsung ke arah Situ Gunung melalui Jalan Kadudampit. Lalu, ikuti lajur jalan sampai menuju pintu masuk lokasi wisata Kadudampit.

Harga tiket untuk bisa melintas di jembatan ini belum ditentukan, kabarnya akan diumumkan kalau objek wisata tersebut telah dibuka secara resmi oleh pengelola nantinya.

Baca juga :

Cara Membuat NPWP Bagi Karyawan Gampang Banget

Pemeran Milea Adnan Hussain Film Dilan 1990, Vanesha Prescilla Cantik Minta Ampun

Berada di atas Ketinggian 114 m dari Permukaan Tanah

Dari foto yang beredar nama jembatan tersebut Suspension Bridge, namun belum diketahui nama pasti nantinya. Jembatan ini dikatakan terpanjang, karena memiliki ukuran panjang 240 m dengan lebar 18 m. Tidak tanggung-tanggung, jembatan ini berada di atas ketinggian 114 m.

Sebagai pengaman Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi, perancang jembatan telah memasang jaring kawat dengan ukuran 4 mm dengan tinggi 120 meter. Jembatan tersebut berbahan kayu ulin yang dikirim dari Provinsi Papua.

Kontsruksi jembatan gantung Situ Gunung dapat menampung berat dengan beban 55 ton atau sekitar 150 orang. Tetapi diperkirakan hanya 60 orang yang dapat naik dalam waktu bersamaan. Jembatan tersebut tidak boleh dilewati sepeda motor. Hanya wisatawan pejalan kaki saja yang bisa melintas di atasnya.

Selain terpanjang di Sukabumi, Jembatan Gantung Situ Gunung ini kabarnya bakal menjadi yang terpanjang di Jawa Barat juga. Pembangunan jembatan ini atas prakarsa pihak swasta dan Kementerian Lingkungan Hidup. Dana yang dikeluarkan sejak bulan Mei 2017 pun tidak sedikit, yaitu lebih dari 4 milyar rupiah.

Pembangunan jembatan gantung Situ Gunung sangat bermanfaat untuk pengembangan wisata dan menaikkan pamor pariwisata di Sukabumi. Apalagi lokasinya menjadi satu Kawasan dengan Curug Sawer dan Situ Gunung. Yuk ah mari berwisata ke Sukabumi. Ada banyak destinasi wisata yang menarik yang dapat kamu datangi.

Penulis : Abdun Nasir

Sumber foto : instagram/jheridzone

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close