Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Wisata Sukabumi

Jangan Liburan di Hari Libur ke Geopark Ciletuh Sukabumi

Saya pikir ada baiknya memang tidak liburan di hari libur ke Geopark Ciletuh Sukabumi. Sabtu tgl 8 juni 2019 (H+3 lebaran), Saya berkesempatan mangantar para pelancong sebuah travel dari Jakarta untuk menuju ke Ciletuh Geopark.

Lalu, sejak sabtu pagi, pukul 03:00 wib, saya menunggu bis travel dari Jakarta di Cibadak untuk menjemput mereka yang mau liburan ke Geopark Ciletuh. Ngeeeeng… Jalan masih kosong belum ramai, pukul 04:30 wib tiba di kawasan Palabuhan untuk istirahat sambil shalat subuh.

Nasib Perjalanan Libur Lebaran di Hari Libur ke Geopark Ciletuh Sukabumi

Jangan lupa berfoto selfie di Geopark Ciletuh
Jangan lupa berfoto selfie di Geopark Ciletuh

Singkat cerita, kami berserta wisatawan tiba di kawasan Loji Sukabumi. Kendaraan kami pun diberhentikan dua orang pria dan meminta uang retribusi (tidak resmi) secara paksa. Kalau dari nilainya tidak seberapa sih, cuma cara yang terlalu maksa dan sedikit arogan membuat saya dan sopir bis kesal.

Ketika masuk jalan Trans Loji – Palangpang, wisatawan yang kami dampingi bisa menikmati suguhan pantai di pagi hari. Para tambu takjub melihat keindahan alam selama perjalanan. “Ternyata ada ya di Sukabumi jalanan kaya di bali,” ujar salah satu tamu.

Membawa Wisatawan yang Kagum dengan Keindahan Geopark Ciletuh
Membawa Wisatawan yang Kagum dengan Keindahan Geopark Ciletuh

Setelah Sekitar 45 menit menikmati perjalanan Trans Loji – Palangpang, kami pun sampai di kawasan Puncak Darma salah satu ikon Geopark Ciletuh. Waktu ternyata sudah menunjukkan pukul 06:30 wib. Di pagi hari, pengunjung sudah mulai ramai sama-sama menikmati keindahan alam Geopark Ciletuh.Setelah itu melanjutkan perjalanan kembali.

Baca juga :

JADWAL BUS BANDUNG SUKABUMI ATAU SUKABUMI KE BANDUNG

ENGGAK PERLU BANTING MOTOR, INILAH DENDA RESMI TILANG PELANGGAR LINTAS

Tidak Lama Wisatawan pun Menikmati Pemandangan di Puncak Darma

Lalu, kita pun melanjutkan perjalanan ke arah Curug Sodong Sukabumi, karena pengunjung mulai penuh di Puncak Darma Geopark Ciletuh. Kami pun bergegas berangkat sebelum terkena macet di jalan menuju ke Curug Cimarinjung Geopark Ciletuh Sukabumi.

Di kawasan Curug Cimarinjung Sukabumi ternyata sudah mulai dipadati oleh pengunjung yg menikmati liburan. “Indah banget ya curug nya kaya di luar negri Sambil ngobrol di jalan” ujar salah seorang pengunjung. Wisatawan juga sempat menikmati wisata di Curug Sodong, Curug Cikanteh, dan Curug Awang.

Setelah menikmati keindahan yang disuguhkan Geopark Ciletuh, kami bergegas untuk menuju pulang kembali\nke Jakarta dengan jalur lama ke arah Wluran menuju Palabuhan Ratu. Setalah masuka ke jalan Palabuhan Ratu kami pun tejebak kemacetan di ruas jalan Loji Bagbagan selama 3 jam. “Waduh saya sampai Jakarta jam berapa ya,” tanya salah satu pengunjung yang gelisah di dalam bis.

Tidak cukup di situ, kami pun terjebak kembali di jalan menuju Cibadak selama 5 jam di daerah Ciangsanan Cikembang Sukabumi. Total perjalanan pulang dari Ciletuh menuju Cibadak adalah 10 jam. Perjalanan yang tentu saja melelahkan menuju pulang.

Begitulah pengalaman saya menikmati liburan di hari liburan ke Geopark Ciletuh dan bergulat dengan kemacetan setelah menikmati keindahan. Saran saya, jangan liburan di hari libur jika tak ingin terkena macet.

Siapa Suruh Mau Bermacet-Macet Libur Lebaran di Sukabumi

Info Tambahan Biaya Yang Dikeluarkan Selama Perjalanan:

  • Masuk kawasan jalur loji :Rp. 10.000/ microbus.
  • Parkir puncak darma: Rp.10.000 microbus.
  • Parkir Cimarinjung: Rp.10.000/ microbus.
  • Tiket masuk curug sodong / cikanteh: Rp.20.000/ microbus. Parkir Rp.35.000/ microbus.
  • Curug awang Tiket dan parkir :Rp. 20.000/ microbus.

Salam Piknik

Gugunk de Sunday

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close