Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Wisata Sukabumi

Jalur Cikidang Berbahaya Bagi Bus dan Truk

Hola sis and bro yang mau berlibur ke arah Pelabuhan Ratu Ciletuh Geopark, ingatlah jalur Cikidang berbahaya bus dan truk. Setelah terjadi kecelakaan pada sabtu (8/9) dan jumat (7/9) membuktikan bus memang tidak disarankan melalui jalur alternative tersebut. Apalagi kecelakaan telah memakan korban puluhan orang, karena bus terjun ke jurang.

Orang yang melalui jalur Cikidang biasa ingin cepat sampai tujuan Pelabuhan Ratu, karena jalan lebih sepi dan menghindari macet. Tetapi jalurnya sangat berisiko kalau dilewati oleh rombongan dengan mengendarai bus.

Sayangnya, para wisatawan sering memilih jalur yang berbahaya dengan kontur naik turun dan terdapat beberapa belokan tajam. Cari informasi lebih lengkap tentang jalur Cikidang dan dengar saran dari Pihak Kepolisian Sukabumi.

Pihak Kepolisian Menyatakan Jalur Cikidang Berbahaya bagi Bus dan Truk

Dikutip dari detik.com, Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Galih Bayu telah membuat pernyataan bahawa jalur Cikidang memang tidak untuk dilewati kendaraan berukuran besar seperti bus dan truk.

Namun bagi kamu yang pernah ke Pelabuhan Ratu melewati Cikidang, mungkin sering berpapasan dengan bus. Apalagi ketika turunan/naikan dan sedang berbelok, pengendara memang harus hati-hati berpapasan dengan bus. Padahal kendaraan besar tersebut ternyata tidak boleh, karena jalur Cikidang berbahaya bagi bus dan truk.

Pihak kepolisian menyarankan bagi yang ingin berwisata terutama menjelang akhir pekan dengan bus, lebih baik mengarah ke Simpangratu (Cibadak), lalu melalui jalur Warungkiara untuk ke Palabuhanratu. Jangan melawati jalur Cikidang.

Apalagi pengendara dari luar Sukabumi sering tidak menguasai jalur alternative tersebut. Kondisi akan diperparah, kalau bus tidak layak jalan melalui jalur tersebut. Kejadiannya akan mengalami kesulitan menanjak dan menurun dengan risiko masuk ke jurang.

Jalur Cikidang Berbahaya Meski Kondisinya Sangat Baik

Secara fisik infrasturktur jalan, jalur Cikidang memiliki jalan aspal yang cukup baik bagi pengendara. Tetapi harus waspada terhadap tanjakan dan turunan curam, karena risikonya kesulitan mengerem dan kejadian kecelakaan biasanya karena rem blong.

Terbukti kecelakaan yang terajdi terakhir berada di jalur belokan berbentuk S dan kontur jalan menurun. Jadi sekali lagi jalur Cikidang berbahaya bagi bus dan truk, jangan coba-coba melewatinya, apalagi tidak biasa melewati jalur turunan dan belokan tajam dengan risiko tinggi kecelakaan.

Bagi kamu dari Jakarta yang ingin menikmati liburan di Pelabuhan Ratu dan Ciletuh Geopark akan lebih baik melawati jalur berikut ini :

Jakarta -> Tol Jagorawi -> Exit Ciawi -> Ciawi -> Cicurug -> Parung Kuda -> Cibadak > Cikembar > Warung Kiara > Pelabuhanratu -> Ciletuh Geopark.

Ingat jalur sepanjang jalan dari Bogor kea rah Sukabumi biasanya terjadi kemacetan yan sangat panjang. Jadi siapkan kondisi fisik tubuh kamu dan periksa kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan wisata. Jangan memaksakan diri, apabila belum terbiasa melawati jalur menanjak dengan belokan tajam. Berhati-hatilah dan cari tahu lebih banyak mengenai jalur/ rute yang akan anda lakukan.

Baca juga :

Bertahan Hidup dengan Gaji UMK Sukabumi Saat ini

Cara Berhenti Jatuh Cinta dan Tidak Membiarkan diri Patah Hati Terlalu Lama

Peringatan Bagi Pengendara Melalui Jalur Cikidang

Bagi yang belum begitu mengerti/hafal medan di tanjakan/tikungan kawasan Cikidang arah ke Pelabuhan Ratu agar berhati hati dan jangan sombong di perjalanan. Jangan memaksakan manuver/cornering tajam di sepanjang area tersebut.

Jalur Cikidang Berbahaya bagi bus dan truk karena bisa saja berpapasan dengan kendaraan lain atau malah terjadi rem blog, akibatnya bisa terjun ke jurang. Sekali lagi, jalur Cikidang sangat berbahaya.

Kredit Foto : Edhy/ Sukabumi Facebook

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close