Wisata Sukabumi

Goa Siluman Buniayu Sukabumi Menelusuri Alam Bawah Tanah dan Melihat Ornamen yang Indah

Goa Siluman Buniayu Sukabumi bisa menjadi alternatif pilihan wisata penjejahan bawah tanah. Kamu bisa melihat keindahan dan keajaiban alam yang berada di bawah tanah. Antara lain melihat stalagtit dan beragam hewan yang mungkin tak pernah dilihat sebelumnya.

Goa tersebut juga dinamakan Goa Cipicung berdasarkan nama tempat keberadaaannya. Selain itu, warga sekitar juga menyebutnya dengan nama Goa Siluman. Setelah dikelola Perum Perhutani, namanya diganti menjadi Wana Wisata Goa Buni Ayu.

Bisa dikatakan tempat ini menarik untuk didatangi, terutama dari wilayah Jabodetabek yang hanya memakan waktu 3-4 jam dari Kota Jakarta. Lalu apa menariknya Goa Siluman Buniayu Sukabumi?

Konisi Goa Siluman Buniayu Sukabumi yang Menarik Ditelusuri

Perhutani adalah pengelola awal Goa Siluman Buniayu Sukabumi. Selanjutnya dikelola oleh operator swasta dengan tujuan agar pengelolaannya lebih baik. Tahukah kamu, ada beberapa goa di kawasan Goa Buniayu, seperti Goa Cipicung (panjang 3.300 meter), Goa Bibijilan (panjang 717 meter), Goa Adni (panjang 635 meter), Goa Nyangkut (panjang 390 meter), dan lainnya.

Namun, goa yang paling layak menjadi destinasi bawah tanah adalah Goa Buniayu karena panoramanya yang indah dan alamiah. Karena ornament bebatuan yang sangat menarik dan berbeda. Tahukah kamu, nama Buniayu berasal dari Sunda. Buni” dan “Ayu” berarti “kecantikan yang tersembunyi”.

Nama yang sesuai sekali dengan kondisi di dalam goa, cantik sekali. Di Goa Buniayu terdapat stalaktit, stalakmit, flow stone, coloumn, drapery, gourdam, dan ornamen lainnya. Pengunjung bisa menelusuri goa dengan minat umum ke dalam sekitar 500m. Tidak perlu persiapan khusus, hanya menggunakan antislip dan pakaian yang nyaman.

Sedangkan, penelusuran minat khusus harus dengan stamina yang baik untuk menikmati perjalanan. Di dalam goa bisa melakukan perjalanan sekitar 4-5 jam. Karena minat khusus, maka harus menggunakan peralatan khusus pula, seperti helm, wear pack anti air, sarung tangan, sepatu boot antilicin, dan alat penerangan. Semua peralatan biasanya disediakan oleh operator goa.

Sensasi Tak Terlupa Wisata Caving Di Goa Buniayu Sukabumi

Wisata bawah tanah caving sangat menyenangkan dan sering tak terasa waktu sudah mau habis. Selama di dalam goa yang gelap tidak merasakan perbedaan siang dan malam. Bagi pengunjung yang mau datang pada malam harus juga bisa dan akan menyelesaikan perjalanan pada pagi hari.

Ketika berada di dalam goa, akan merasakan tiga zona, yaitu zona terang, zona senja, dan zona gelap abadi. Ketika berada di zona terang, pengunjung akan melihat keindahan beragam ornamen. Selanjutnya, pada zona senja cahaya terasa sedikit karena sulit masuk ke dalam. Sedangkan, zona gelap abadi sama sekali tidak terlihat cahaya matahari. Maka disarankan menyalakan headlamp ketika sedang berada di zona ini.

Untuk kegiatan caving di Buniayu Sukabumi sebaiknya dengan kondisi fisik yang sehat. Guide yang memandu wisata goa sangat professional dan akan membawa pengunjung dengan perjalanan yang menyenangkan.

Artikel menarik lainnya: Bikin Bangga, Aristasani dari Cicantayan Menjadi Mojang Pinilih dan Duta Wisata Kabupaten Sukabumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *