Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Wisata Sukabumi

Pengakuan Geopark Ciletuh Menjadi UNESCO Global Geopark Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat Sukabumi

Kabupaten Sukabumi sedang gembira, karena Geopark Ciletuh Sukabumi sudah disahkan menjadi Unesco Global Geopark (UGG). Lalu apa sebenarnya UGG tersebut? UGG merupakan satuan wilayah geofrafis dari situs dan lanskap yang diakui secara internasional.

Pengakuan tersebut dalam bentuk konsep perlindungan menyeluruh, pendidikan dan pembangunan berkelanjutan. Sebuah UGG menggunakan warisan geologi, dikaitkan dengan semua aspek alam dan budaya suatu daerah.

Tujuan dari pengakuan UNESCO tersebut untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang masalah yang dihadapi masyarakat, seperti penggunaan sumber daya alam secara berkelanjutan, mengurangi dampak perlindungan iklim, dan mengurangi risiko bencana alam. Sehingga pengakuan tersebut membuat masyarakat terlibat secara aktif untuk melindungi wilayah geopark yang menjadi tempat tinggal mereka.

Ketika Kawasan Geopark menjadi wilayah tujuan wisata, masyarakat dilatih menjadi lebih inovatif, bisa menghasilkan pekerjaan dan pendapatan baru sekaligus melindungi sumberdaya geologi dari Kawasan yang dilindungi.

Geopark Ciletuh Sukabumi disahkan Bersama 13 Geopark dari 11 Negara

Ciletuh Georpark disahkan Ole Uncesco bersama 13 kawasan geopark dari 12 negara di dunia. Negara-negara tersebut antara lain, Perancis, Vietnam, Spanyol, Belgia, China, Jepang, Korea Selatan, Tanzania, Kanada, Thailand dan Indonesia.

Geopark Ciletuh dinilai memiliki modal yang sangat mendukung dengan potensi keindahan alamnya. Kawasan Ciletuh terdiri dari, landscape, gunung, air terjun, sawah, sungai, dan tentu saja pantainya. Semua kelebihan tersebut membuat Geopark Ciletuh sangat layak menjadi tujuan pariwisata untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun macanegara.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Geopark Ciletuh memiliki kelebihan batuan unik dengan sajian pemandangan yang indah. Pantai dengan ombak yang tinggi mendapat perhatian, karena sering digunakan untuk berselancar, seperti pantai Cimaja. Pantai tersebut sangat pas sebagi lokasi lomba berselancar tingkat dunia.

Pemerintah Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat Palabuhanratu

Pengakuan Geopark Ciletuh sebagai Kawasan yang dilindungi dunia tentu tidak lepas dari peran masyarakat yang hidup di dalamnya. Pemeritah tentu harus memiliki perhatian lebih, agar kawasan Ciletuh bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat ang hidup di sekitarnya.

Ada banyak hal yang bisa dibangun dan digerakkan oleh pemerintah, seperti pemberdayaan masyarakat melek pariwisata, membuat desa binaan, pelatihan kerajinan lokal, dan lainnya. Tanpa dukungan dari pemerintah berbentuk kegiatan yang berkelanjutan, pengakuan Geopark Ciletuh tentu tiada artinya.

Apalagi, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah Sukabumi telah menghabiskan biaya yang tidak sedikit untuk pengembangan kawasan Geopark Ciletuh.

Untuk diketahui, wisata Sukabumi Geopark Ciletuh Sukabumi Jawa Barat memperoleh pengakuan Unesco Global Geopark berdasarkan tiga unsur, antara lain geodiversity, biodiversity, dan culture diversity. Semua unsur tersebut dianggap sangat mendukung menjadikan kawasan wisata geopark ciletuh pelabuhan ratu untuk dijaga kelastariannya dan masyarakat harus menerima manfaat dari pengakuan taraf internasional tersebut.

Sumber Foto : Akun Facebook Kementerian Pariwisata

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close