Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Sukabumi

Curug Sawer Situgunung Sukabumi Awalnya Dikenal Angker Kini Ramai Dikunjungi Wisatawan

Curug Sawer Situgunung Sukabumi terletak tidak terlalu jauh dari danau (arah timur danau). Debit airnya cukup besar dan tinggi tebingnya sekitar 35 m, sebagian air Cigunung Guruh ini mengembun.

Sehingga kompleks air terjun ini selalu basah dan kadang-kadang muncul timbul pelangi. Sungai Cigunung Guruh adalah sumber air yang cukup penting bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya. Baik sebagai sumber air minum, pertanian, maupun kegiatan lainnya.

 Curug Sawer Situgunung Lebih Mudah Diakses Melalui Jembatan Tertinggi di Asia Tenggara

Menyenyeberang Suspension Bridge Sukabumi
Menyenyeberang Suspension Bridge Sukabumi

Pada awalnya, Curug Sawer Situgunung adalah tempat wisata yang sepi dari pengunjung, karena tempatnya tersembunyi dan belum terawat. Masyarakat juga menilai kawasan tersebut juga angker. Setelah mendapatkan perhatian menjadi tempat wisata, area air terjun tersebut dibenari dan banyak dikunjungi wisatawan. Saat ini, tempat wisata Curug Sawer tidak pernah sepi pengunjung.

Curug Sawer berlokasi di di Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Air terjun ini sangat cocok menjadi tujuan wisata yang bersama keluarga atau teman-teman. Apalagi akses jalan menuju tempat wisata ini sangat mudah didatangi di daerah Sukabumi. Di kawasan tempat wisata ini, wisatawan dapat melihat beberapa anak sungai dan tidak jarak mandi di sekitar curug Sawer yang berada pada ketinggian antara 900-1300 mdpl.

Apabila tertarik pergi berlibur ke tempat wisata Curug Sawer, kawasan ini berada sekitar 10 km dari jalan poros Sukabumi-Bogor. Untuk sampai ke tempat ini wisatawa harus berjalan kaki berjarak sekitar 1 km dari pintu masuk Kawasan wisata Situ Gunung.

Sejak diresmikan tanggal 9 Maret 2019, Curug Sawer lebih dekat didatangi dengan menyeberangi Situgunung Suspension Bridge. Pengunjung akan menikmati pemendangan semesta dan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Ada banyak pepohonan yang menjulang tinggi dapat dilihat dari atas jembatan terpanjang se-Asia Tenggara. Jalan kaki dari pintu masuk Wisata Alam Situgunung Ke Curug Sawer membutuhkan waktu sekitar setengah. Jalannya yang menurun dan menanjak cukup membuat napas ngos-ngosan, namun terbayarkan dengan menikmati pemandangan di tempat wisata Curug Sawer.

Suara gemuruh air jatuh di atas bebatuan dan pemandangan indah dapat rasakan langsung sambil berdiri di atas jembatan kayu di dekat Curug Sawer Situgunung Sukabumi. Wisatawan akan merasakan kesegaran udara dan percikan air di sana. Beristirahatlah sejenak Setelah lelah melewati tangga bebatuan atau bisa sambil  bermain air di sungai jernih di dekat air terjun.

Curug Sawer Menjadi Objek Wisata Utama di Kawasan Situgunung Sukabumi

Kawasan sekitar Curug Sawer Situ Gunung Sukabumi telah berubah dan sangat rapi. Pengelola mendirikan jembatan terdapat di atas sungai dekat air terjun. Pengunjung biasanya mengabil foto dari atas  jembatan dengan latar air terjun. Jangan khawatir karena jembatan dibuat sangat kuat, kokoh, dan bisa menahan beban banyak orang.

Tempat Wisata Alam Sukabumi ini juga menyediakan fasilitas yang mumpuni dan bikin nyaman pengunjung. Ada toilet yang cukup bersih. Bagi yang mau membawa oleh-oleh bisa membeli dari pedagang yang menjajakan makanan, minuman, serta souvenir. Jika ada kendala selama di Curug Sawer, wisatawan bisa bertanya dan memanfaatkan pemandu wisata yang berada di area wisata.

Informasi Wisata Sukabumi lainnya: Melepas Tukik di Tempat Wisata Konservasi Penyu Ujung Genteng Sukabumi

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close