Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Sukabumi

Curug Cimarinjung Sukabumi Sudah ke Sana belum?

Curug Cimarinjung Sukabumi menjadi tempat wisata dari sekian banyak tempat liburan air terjun di selatan Sukabumi. Enggak akan ada habisnya kalau membicarakan wisata alam di kawasan Geopark Ciletuh.

Akses yang mudah dan didukung beberapa fasilitas membuat kawasan geopark ciletuh banyak di datangi wisatawan dari ibukota. Para wisatawan biasanya tidak sekedar berfoto-foto saja, tetapi sekaligus mandi di area air terjun.

Sama halnya dengan tempat wisata Curug Cimarinjung yang merupakan bagian dari aliran Sungai Cimarinjung yang berada pada ketinggian 100 meter diatas permukaan air laut (Mdpl). Sungai Cimarinjung ini juga merupakan salah satu sungai bermuara ke Teluk Ciletuh di Samudera Hindia.

Jika ingin berkunjung, waktu terbaik untuk menikmati wisata air terjun di Sukabumi ini adalah ketika debit air sedang tinggi. Pemandangan air yang mengalir deras dari air terjun menghujam ke bumi dari ketinggian sekitar 45 meter menjadi atraksi alam yang luar biasa indah.

Menikmati Keindahan Alam Wisata Alam Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung memang terkenal populer karena panoramanya yang menakjubkan. Curug ini mengalir di antara tebing batuan yang tinggi serta dikelilingi oleh hutan dan persawahan. Tak heran jika panorama alam yang disajikannya akan memukau siapa saja.

Pemandangan yang sangat menyenangkan mata dan hati. Suasana alam yang masih alami asri ditambah pemandangan tebing bebabatuannya yang sangat memukau menjadi daya tarik tersendiri.

Harga tiket masuk ke Curug Cimarinjung cukup murah. Wisatawan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp3000 saja, Bagi yang membawa kendaraan cukup membayar tarif parkirnya adalah Rp3000 untuk sepeda motor dan Rp5000 untuk mobil. Biaya yang cukup murah untuk wisata alam yang sangat indah.

Curug Cimarinjung akan mudah dan dekat dijangkau dari Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru. Jalan menuju air terjun dapat dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat. Pengunjung sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena sulit ditemukan angkutan umum.

Perjalanan dari arah Kabupaten Cianjur, wisatawan dapat melalui jalur jalan raya Sukabumi-Pelabuhan Ratu- Ciemas, atau Sukabumi-Jampang Tengah-Ciemas. Dari keuda jalur tersebut akan mengarah ke pertigaan Kiara Dua, Desa Kertajaya Kecamatan simpenan.

Lalu, perjalanan terus menuju Waluran. Apabila mendapati pertigaan Waluran, beloklah kea rah kanan sampai di Kampung Ciloa Desa Caringin Nunggal. Selanjutnya, belok kanan hingga ke Desa Ciwaru tepat di wilayah pesisir Pantai Palampang. Nah, setelah itu akan mengarah ke Curug Cimarinjung. Perjalanan menuju air terjun membuat hati bahagia karena akan disuguhi pemandangan perkebunan karet, kelapa, dan lereng pegunungan yang cukup sepi.

Melihat Lebih Dekat Curug Cimarinjung Sukabumi

Wisatawan dapat melihat langsung indahnya aliran Curug Cimarinjung yang terletah di antara bentangan tebing yang tinggi. Air mengalir deras ke telaga dengan perpaduan hiasan batu alami. Air terjun akan tampak lebih deras terutama pada musim hujan  dan berbahaya kalau dijamah dari jarak dekat.

Tetapi jangan khawatir, pengunjung bisa menikmati lebih dekat keindahan alam air terjun Sukabumi. Cara melihat Air terjun Cimarinjung adalah dari dermaga yang terletak di ujung jalan setapak. Berdiri di dermaga bisa membuat pengunjung menyaksikan pemandangan air terjun dari jarak yang lebih dekat.

Ketika musim hujan, debit air lebih tinggi. Sedangkan musim kemarau menyajikan tebing yang mempesona. Liburan ke Geopark Ciletuh jangan lupa ke Curug Cimarinjung.

⁣⁣⁣Informasi Wisata Sukabumi lainya: Mengenal Goa Baduy yang Pernah Dimasukin Seorang Baduy Luar di Selatan Sukabumi

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close