Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Sukabumi

Camping Ground Pondok Halimun Sukabumi Tempat Berkemah di Kaki Gunung Gede Pangrango

Camping Ground Pondok Halimun Sukabumi objek wisata yang sering dijadikan tempat berkemah. Orang lokal menyebut destinasi alam Sukabumi dengan nama PH yang lokasinya masuk masuk melalui kawasan perkebunan teh.

Di bagian depan kawasan Pondok Halimun camping ground terdapat banyak warung yang menjual makanan khas kemping di pegunungan. Jenis makanannya antara lain jagung bakar, mie hangat, teh jahe, air mineral, ubi bakar dan lainnya.

Area wisata PH dikelola oleh PTPN, TNGGP dan Sebagian pihak swasta yang mengelola camping ground. Wisata Pondok Halimun buka 24 jam. Fasilitasnya cukup nyaman terdapat lahan parkir, toilet, dan mushola. Namun, pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum hingga ke pintu masuk Pondok Halimun Selabintana Sukabumi.

Mari Berkemah di Camping Ground Pondok Halimun Sukabumi 

Salah satu kegiatan di tempat wisata Pondok Halimun diantaranya berkemah dengan berbagai fasilitas, seperti yang camping ground elang jawa.  Bagi pengunjung yang melakukan berkemah mandiri cukup membayar uang administrasi Rp 15 ribu per orang/ malam. Lokasi kemping tersebut menjadi jalur pendakian ke kawasan Gunung Gede.

Kegiatan umum yang bisa dilakukan di sana antara lain: tubbing, rafting, outbond, tracking, hiking, dan liburan. Tidak sedikit pengunjung yang mandi di sungai dengan air jernih dan rasanya dingin. Tempat wisata di Pondok Halimun terus dikembangkan dan dilakukan beberapa pembangunan dan berinovasi untuk dijadikan tempat family atau gathering secara kelompok.

Lokasi Pondok Halimun terletak tidak jauh dari pintu masuk wisata Selabintana. Luas tempat berkemah PH mempunyai luas sekitar 3 Ha yang bisa menampung sekitar 550 orang (100 tenda) yang menyebar di 3 lokasi, antara lain:

  • LOKASI 1: Tempatnya berada di dekat kantor pengelola dan informasi center yang luasnya sekitar 0,25 Ha dan bisa menampung 200 orang. Fasilitas sangat memadai, seperti musholla, gazebo, MCK, ruang diskusi dan pos jaga. Sehingga, sangat tepat untuk kegiatan kemah keluarga, kemah pramuka dan kemah pendidikan.
  • LOKASI 2: Tempatnya memiliki jarak 250 m dari information center yang memiliki luas 0,15 ha, dan bisa menampung 150 orang. Fasilitas yang tersedia berupa shelter dan MCK. Lokasi ini berdekatan dengan bumi perkemahan Cipelang milik Perum Perhutani.
  • LOKASI 3: lokasinya dengan jarak 850 m dari information center yang memiliki fasilitas seperti jalan trail batu, shelter, gazebo, MCK, pos jaga dan tempat api unggun. Bumi perkemahan bisa menjadi tempat belajar pendidikan lingkungan.

Camping Ground Pondok Halimun Sukabumi sangat menarik karena dilewati sungai Cipelang dengan air yang jernih. Beberapa kawan kemping lainnya seperti Bumi Lentera Camp dan camping ground Salabintana. Selain itu, ada tempat menginap di sekitar bumi perkemahan.

Kemping Sambil Menikmati Keindahan Alam Wisata Alam Sukabumi

Dari lokasi kemping Pondok Halimun, pengunjung dapat mendatangi air terjun curug Cibeurem dengan berjalan kaki sekitar 1 jam dan jaraknya sekitar 2,5 km. Curug Cibeurem termasuk air terjun tertinggi di kawasan TNGGP (sekitar 60 m) pada ketinggian 1.200 m dpl. Bagi kamu yang mau mendatangi air terjun memiliki jalur setapak yang diperkeras dengan batu ke arah Utara Pondok Halimun Sukabumi/ Cipelang.

Jangan lupa selalu menjaga kebersihan, membawa makanan yang cukup, belanja dari warung sekitar, menyiapkan baju hangat, dan stok obat-obatan. Jaga lingkungan dan selalu ikuti protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 camping ground pondok halimun sukabumi.

Rute ke Pondok Halimun camping ground Sukabumi, patokan dari pusat kota Sukabumi berjarak sekitar 12 km. Setelah itu, akan melewati melewati Gedung Juang ’45. Lalu, melewati persimpangan jalan, belok ke kiri, selanjutnya akan bertemu gerbang dengan tulisan “Selamat Datang Gerbang Halimun”. Selamat berlibur dan berkemah tanpa mengotori bumi.

Artikel menarik lainnya: 7 Wisata Terdekat Kota Sukabumi yang Menjadi Tujuan Menarik untuk Dikunjungi

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close