Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Wisata Sukabumi

Mari Berlibur Bersama Ke Tempat Wisata Palabuhan Ratu

Apakah Anda sudah pernah berkunjung dan berlibur ke tempat wisata Palabuhan ratu di Kabupaten Sukabumi? Palabuhan Ratu merupakan nama kecamatan yang terdapat di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Palabuhan Ratu dikenal karena sebagai tujuan wisata yang terletak di pesisir Samudera Hindia. Sebagai ibukota Kabupaten Sukabumi, Palabuhan Ratu memiliki wilayah dengan berbagai tujuan wisata yang sangat menarik.

Tempat Wisata Palabuhan Ratu Sukabumi dari pantainya dikenal dengan ombak yang kuat, hempasan ombak yang tinggi, wilayah yang memiliki tebing karang terjal, serta terdapat hutan cagar alam nan luar. Tidak salah deh, kalau Palabuhan Ratu dijadikan kawasan wisata dari Provinsi Jawa Barat.

Bagi kamu yang ingin berlibur di Tempat Wisata Palabuhan Ratu, yuk ah simak ulasan berikut ini.

Bisa Diving di Tempat Wisata Pelabuhan Ratu

Gua Sodong Parat Pelabuhan Ratu Sukabumi
Gua Sodong Parat. Sumber : http://ciletuhpalabuhanratugeopark.org

Bagi Anda yang mau berlibur, diving di tempat wisata Palabuhan ratu bisa menjadi pilihan berlibur tersendiri. Ada pemandangan bawah laut yang indah di Sodong Parat, karang Antuk, dan Batu Kuok. Keindahan bawah laut ketiga lokasi tersebut tidak kalah dengan laut lainnya dan terdpaat beraneka ikan hias.

Dari pengunjung yang sudah diving di Palabuhan Ratu, wisatawan bisa menemukan Octopus, Stone fish, lobsters, dan berbagai ikan coral di Sodong Parat. Namun tetap harus berhati-hati, karena arusnya mengarah ke laut lepas.

Cobalah Bermain dan Berenang di Pantai Karang Hawu

Pantai karang hawu sukabumi
Pantai Karang Hawu. Sumber : instagram @dianass21

Apabila sedang berada di tempat wisata Palabuhan Ratu, Anda harus ingat tetap berhati-hati berenang di pantai. Pantai yang biasanya dijadikan sebagi lokasi berenang adalah Pantai Karang Hawu. Lokasinya sudah cukup bagus, memiliki terotoar , dan gazebo yang dapat digunakan untuk mamandangi keindahan pantai.

Pantai Karang Hawu merupakan bagian dari Desa Cikoko, Kecamatan Cisolok. Dari pusat Kota Sukabumi, pantai ini berjarak sekitar 73 km.

Hawu merupakan kata yang berasal dari bahasa Sunda berarti tungku. Pantai ini diberikan nama Karang Hawu karena kondisinya terdapat karang berlubang dan menjorong kea rah laut. Bentuk lokoasinya juga seperti berbentuk tungku.

Wisatawan Bisa Mencoba Mandi di Lokasi Air Panas Cisolok Sukabumi

Pemandian Air Panas Cisolok Sukabumi
Pemandian Air Panas Cisolok. Sumber : http://www.reresepan.com

Selain pemandangan pantai yang terdapan di sepanjang wilayah Palabuhan Ratu, ada pemandian air panas di Desa Cisoslok yang patut dicoba. Sumber air panas terebut berada sekitar 15 km dari pantai Palabuhan ratu.

Lokasi pemandian air panas ini sangat layak sebagai tempat wisata Palabuhan Ratu. Lokasinya menawarkan air panas yang sangat enak ketika mangenai tubuh pengunjung.

Lokasi wisata pemandian air panas Cisolok merupakan temuan dari orang belanda dan menjadi tempat favorit yang sering dikunjugi pada masa penjajahan. Pemandian air panas Cisolok terletak di desa Cisolok, kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Wisatawan Bisa Melihat Jutaan Kelelawar di Gua Lalay Palabuhan Ratu

Tidak jauh dari pesisir pantai, ada terdapat Goa Lalay. Jaraknya hanya sekitar 3 km dari Kota Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Keistimewaan Goa ini bisa melihat jutaan Kelelawar yang biasanya keluar pada sore hari sekitar pukul 17.00 wib.

Goa ini dinamakan Lalay yang artinya kelelawar. Lokasi Goa Lalay menjadi bagian dari Kampung Cipatuguran, desa Citarik, kecamatan Pelabuhan Ratu, kabupaten Sukabumi. Sayangnya, lokasi ini agak sepi karena orang lebih senang berwisata di pantai.

Mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan di Dermaga Pelabuhan Ratu

Tempat Wisata Palabuhan Ratu yang layak didatangi adalah dermaga yang posisinya terdapat di teluk teluk Palabuhan Ratu. Lokasinya merupakan salah satu pintu utama ke pantai selatan.

Hal menarik dari dermaga ini adalah tempat pelelangan ikan (TPI) yang sering ramai didatangi pengunjung. Cobalah jalan-jalan dan berfoto sejenak mengamati kegiatan masyarakat di sana. Jangan lupa membeli ikan segar untuk dimasak di rumah.

Baca juga :

Cara Menghilangkan Komedo dengan Mudah

Anjuran Tidak Merokok Itu Sudah Sudah Baik, Begitu Pula Bulutangkis Tanpa Iklan Rokok itu (Tidak) Baik

Pantai Cimaja Layak Dicoba Sebagai Lokasi Surfing

Pantai Cimaja Sukabumi
Pantai Cimaja Palabuhan Ratu. Sumber: http://blog.reservasi.com

Wisatawan yang ingin surfing atau berselancar bisa dilakukan di Pantai Cimaja. Ombaknya yang besar membuat banyak surfer kagum dan mencoba untuk menaklukkannya. Banyak peselancar yang tertantang untuk bisa mengikuti gerakan gelombang ombak di Pantai Cimaja.

Pantai Cimaja juga memiliki panorama yang indah. Sehingga, selain menikmati ombak, pengunjung bisa bersantai memandangi keindahan alamnya. Wisatawan sering betah untuk berlama-lama di Pantai Cimaja.

Nah, bagi kamu yang ingin berwisata, cobalah datang ke tempat wisata Palabuhan Ratu. Tidak hanya pantai, ada Goa Lalay dan Pemandian Air panas yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Kalau mau menginap juga ada pelabuhan ratu hotel pinggir pantai , seperi augusta hotel pelabuhan ratu dan sarana lainnya serta perhatikan rute pelabuhan ratu yang aman sebelum berangkat.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close