Sat. May 18th, 2024
    Foto Batu Tapak Camping Ground Cidahu SukabumiFoto Batu Tapak Camping Ground Cidahu Sukabumi

    Batu Tapak Camping Ground Cidahu adalah tempat perkemahan di TNGHS resort. Tempat camping yang terletak di Cidahu, Kabupaten Sukabumi ini berada di ketinggian 900 mdpl dengan luas 2,5 hektar. Terdapat panorama alami dengan kontur alam dan berundak di lahan perkemahan pada  3 bidang lapangan.

    Dari tempat camping ground, dapat melihat pemandangan Gunung Gede Pangrango dan hutan dengan mayoritas pohon damar. Lokasinya semakin menarik, karena berbatasan langsung dengan Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), dan Resort PTN Ratu Ratu.

    Fasilitas yang terdapat perkemahan di Batu Tapak Camping Ground Cidahu Sukabumi

    Tempat berkemah terdiri dari tiga bidang utama yang terletak berjenjang di daerah perkemahan dan sebagian berada di sekitar aliran sungai. Tiga lapangan berjarak sekitar 55 meter dari tempat parkir.

    Jaraknya berbeda-beda tergantung lokasi yang dipilih untuk membangun tenda. Sedangkan, dari area parkir ke front office hanya berjarak sekitar 25 meter. Di area utama Camping Ground Batu Tapak, lingkungan pembentuknya cukup datar dan teduh dilindungi pohon damar dan pinus.

    Disediakan akomodasi dengan berbagai model tenda sebagai tempat menginap dengan lingkungan berkemah, seperti restoran / kafetaria, tempat ibadah, kantor, parkir, saung bambu, kamar mandi / toilet, dan lainnya. Fasilitas alami berada di sekitar Batu Tapak berupa curug mini, pesawahan,  kebun sayur, sungai, hutan, rute treking, dan lainnya.

    Fasilitas Tenda dengan berbagai model di Batu Tapak Camping Ground Cidahu

    Ada dua model tenda sebagai tempat menginap, antara lain model tenda dome kubah layer mempunyai dimensi inside 3,5 mx 2 m dengan tinggi 1,9 meter. Juga dilengkapi dengan 4 unit kasur yang bisa diisi dengan 4 orang. Setiap tenda dilengkapi flysheet sebagai pengaman tambahan.

    Tenda-tenda lain memiliki model setengah lingkaran yang memanjang ke belakang. Fasilitas ini khusus bagi keluarga atau kelompok kapasitas 17 orang. Tenda Rofi Lwet lorong di Batu Tapak Camping Ground sebagai tenda VIP. Panjangnya 6 m, lebar 3 m, dan tinggi 2 m, dibuat dari bahan parasit waterproof dengan frame fiber 55 cm.

    Restoran / Cafetaria Menjual Makanan dan Cinderamata

    Ada cafetaria/ restoran di kawasan perkemahan Batu Tapak dengan struktur bangunan dibuat dari bambu dan tembok dengan motif alam. Restoran dibuka 24 jam yang menyediakan makanan dan cinderamata.

    Air Terjun Mini dan Sungai di dekat Batu Tapak Camping Ground Cidahu

    Di area camping ground, terdapat air sungai di sekitar tempat untuk mendirikan tenda. Di bagian lain, ada air terjun mini dengan ketinggian sekitar 2 meter yang meluncur ke kolam dan terdapat batu besar di sekitarnya.

    Untuk sampai ke air terjun mini dibutuhkan perjalanan sekitar 10-15 menit dengan melewati jalanan setapak yang berkurang dengan anak tanah dan batu-batu.

    Rute Hiking dan Jalan Setapak

    Di sekitar kawasan perkemahan Batu Tapak, terdapat jalanan setapak yang ditata rapih. Landasannya batu belah ditanami pohon damar dan sebagiannya adalah pinus merkusi dan beberapa anak tangga.

    Jalanan setapak ini adalah penghubung antara campsite (lokasi mendirikan tenda) utama dengan berkemah di sekitar aliran sungai. Penghubung lain adalah jembatan yang terbuat dari bambu yang menyeberangi sungai. Orang Sunda menamakan jambatan sasak.

    Panorama Persawahan dan Kebun

    Selain lingkungan alami yang dibentuk oleh hutan gunung, terdapat lahan pertanian kebun dan persawahan menjadi panorama sekitar Batu Tapak Camping Ground. Ada beberapa spot perkemahan berhadapan langsung dengan lahan persawahan yang dibatasi oleh sungai.

    Kegiatan Wisata Alam di Batu Tapak Cidahu Sukabumi

    Selain berbagai kegiatan berkemah di kawasan hutan dan gunung, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung, antara lain:

    1. Treking Hutan

    Jalan-jalan ditengah hutan yang rimbun ke beberapa air terjun di wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak, bisa menjadi pengalaman berpetualang di sekitar kawasan bumi perkemahan.

    1. Wisata Air Terjun

    Di sekitar wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak, area wisata alam Cangkuang berada di Cidahu Curug yang populer dengan nama Curug Cangkuang dan Curug Empat.

    1. Kegiatan bermain di Ketinggian

    Batu Tapak Camping Ground adalah area untuk melakukan kegiatan berdasarkan adventure learning base, berbagai kegiatan petualangan dengan nuansa berkemah. Ada kegiatan game di ketinggian seperti Flight Fox, two line bridge, net bridge, wooden bridge, yang bisa dicoba oleh orang dewasa dan anak-anak. Kegiatan luar ruangan lainnya seperti outbond, paint ball, dan berbagai kegiatan lainnya.

    Artikel menarik lainnya: Wahana Kursi Sultan Situgunung Sukabumi Objek Wisata Baru Melintasi Sungai Curug Sawer

    Lokasi Batu Tapak Cidahu Camping Ground Sukabumi

    Alamat Bumi Perkemahan Batu Tapak adalah Jalan Cangkuang No.Km. 12, Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi.

    Ada dua cara menuju tempat perkemahan Batu Tapak Camping Ground, yaitu pakai kendaraan pribadi dan transportasi umum. Jika berangkat dari Jakarta, dari arah bogor menuju Cicurug dan belok ke daerah Cidahu. Kemudian terus sampai ke lokasi perkemahan.

    Jarak tempuh dari persimpangan Cidahu ke lokasi Batu Tapak sekitar 14 km dengan jalan yang bisa dimasuki oleh bus ukuran medium. Adapun Harga tiket masuk (HTM) adalah Rp 20.000 – Rp 50.000/orang/malam.

    Demikian penjelasan mengenai Batu Tapak Camping Ground Cidahu. Bukan hanya berkemah, ada kegiatan lain yang bisa dilakukan seperti trekking, ke air terjun, dan bermain di ketinggian.

    Artikel menarik lainnya: Taman Cakrawala Sukabumi Tempat Camping dan Botram di Belakang Hotel Selabintana

     

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *