Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
TRENDING TOPIKWisata Sukabumi

Back to the wild : Menelusuri Hutan Hujan Tropis Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Perjalanan sehari “back to the wild” menyusuri hutan hujan tropis di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menjadi liburan yang menyenangkan bagi kawan Sabumi Volunteer.

Kamis, 13 Juni 2019, seorang aktifis Lingkungan berkebangsaan Australia bernama Dana, beserta beberapa orang dari Tanakita Camp mengadakan sebuah agenda kegiatan. Temanya jalan-jalan santai menjelajahi kawasan hutan hujan tropis tepatnya di sekitaran danau Situ Gunung Kadudampit Sukabumi.

Tidak banyak yang tahu tentang kegiatan ini karena peserta dibatas maksimal 12 orang, Kebetulan beberapa orang dari Sabumi bisa ikut serta dalam kegiatan ini. Peserta diwajibkan membayar administrasi sebesar Rp50.000 untuk makan dan minum selama perjalanan. Biaya yang cukup murah untuk berlibur, bukan?

Menelusuri Keindahan Alam Hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Indahnya Hutan Taman Nasional Gede Pangrango
Indahnya Hutan Taman Nasional Gede Pangrango

Kegiatan dimulai jam 9 pagi dengan start point dari Tanakita. Lalu, dilanjutkan ke track yang mengelilingi kawasan danau Situ Gunung, Setelah melakukan perjalanan singkat, para peserta diajak beristirahat di air terjun yang bernama curug Cimaracun,

Di situlah kegiatan makan siang sembari berbagi wawasan dan pengalaman seputar lingkungan. Kami pun menggunakan kesempatan tersebut untuk mewawancarai Dana dan mengetahui bagaimana keadaan lingkungan beserta kendala kendala di negaranya di Australia.

Istirahat Setelah Menelusuri Hutan Situ Gunung Sukabumi
Istirahat Setelah Menelusuri Hutan Situ Gunung Sukabumi

Katanya masalah sampah sama saja, cuman penanganan mereka sudah lebih baik dibandingkan negara berflower dengan kode telpon +62. Ada banyak inovasi inovasi terkait penanggulangan dan pengendalian sampah di negeri kangguru.

Baca juga:

Kementerian Kesehatan: Tidak Ada Iklan Rokok di Internet

Di Kampung Terpencil Ciawi Tali Taman Baca Masyarakat Pernah Didirikan

Dia juga bercerita bahwa sudah hampir setahun berada di Indonesia. Ada beberapa project yang dia kerjakan selama berada di negeri ini, seperi art project, eduction project, dan pernah juga mengadakan eksibisi dan pameran tentang alam.

Dana, Dari Australia Mencintai Hutan Indonesia
Dana, Dari Australia Mencintai Hutan Indonesia

Art project yang dia lakukan sangat unik, dia memberi nama Nature Printing. Projek dengan mengumpulkan macam-macam daun dan menjiplaknya memakai tinta di kertas, semacam lukisan alam.

Art Project Dari Daun-Daun
Art Project Dari Daun-Daun

Dia juga melakukan Education Project yaitu pendidikan gratis tentang lingkungan kepada anak anak di kawasan Gunung Halimun.

Menikmati Hidangan yang Dibawa Selama Pejalanan di Situ Gunung
Menikmati Hidangan yang Dibawa Selama Pejalanan di Situ Gunung

Kami pun mendapatkan banyak ilmu dari beliau yang sangat mencintai kekayaan alam Indonesia khususnya Sukabumi. Pada akhir kegiatan kami berkesempatan menikmati indahnya panorama dan suasana Tanakita 5 star Camping Ground sambil menikmati kopi dan goreng pisang. Kelezatan yang tiada tara.

Liburan yang menyenangkan…☺

Mari Piknik Jangan Panik

Denden Darian

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close