Wisata Sukabumi

Agrowisata Desa Cisande Sukabumi Destinasi Wisata Lokal Berbasis Alam, Budaya dan Edukasi

Agrowisata Desa Cisande Sukabumi mencoba memanfaatkan potensi alam dan budaya setempat agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Lokasi yang dikembangkan sebagai tempat wisata adalah di Kampung Karadenan, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan Sukabumi.

Masyarakat setempat mencoba menjadikan kampung Karadenan Sukabumi menjadi wisata edukasi dan budaya yang berbasis potensi alam. Kegiatan pariwisata yang ditawarkan, seperti bercocok tanam, ngubeuk kulah, camp sawah, fun games, river tubing, flying fox, tracking, dan pertunjukan budaya pencak silat.

Pengunjung diharapkan datang tidak hanya dari wisatawan lokal saja, melainkan dari luar daerah. Begitu pula, siswa sekolah bisa memanfaatkan fasilitas wisata Desa Cisande Sukabumi tersebut untuk kegiatan pembelajaran yang menyenangkan.

Pengembangan wisata berbasis potensi alam, edukasi, dan budaya tersebut membuat desa wisata Cisande Sukabumi di Kampung Karadenenan termasuk 50 besar program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Menteri Pariwisata dan Eknomi Kreatif, Sandiaga Uno sudah meninjau potensi wisata yang ada di Desa Cisande Sukabumi.

Potensi Desa Wisata Cisande Sukabumi Diharapkan Bisa Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Desa Wisata Cisande Sukabumi tidak hanya menonjolkan dari segi wisata edukasi alam, budaya, dan edukasi saja. Melainkan juga mencoba untuk menonjolkan nilai budaya setempat. Lalu dikembangkan angkringan, warung kopi, dan kegiatan cooking traditional class khas Cisande.

Wisatawan bisa juga berkunjung ke rumah produksi kriya sandal jepit, rumah produksi permainan tradisional, rumah produksi anyaman bambu, rumah produksi abon lele, dan lainnya. Sehingga, sangat menarik karena mempunyai banyak potensi wisata sangat menarik.

Melihat potensi yang ada di desa Wisata Cicantayan Sukabumi tersebut, Kemenparekraf mengunjungi langsung Desa Cisande. Menteri Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik pengembangan wisata desa tersebut. Bahkan, turut menyumbangkan sepasang domba untuk dikembangkan masyarakat.

Menariknya, desa wisata Cisande Sukabumi juga terdapat marching band Opa-Oma yang dibentuk sejak tahun 2015. Para pemainnya rata-rata berusia 50-70 tahun yang sebelumnya tidak memiliki pengalaman sebagai pemain marching band pada usia muda. Namun, bisa belajar dan menampilkan pertunjukan yang menarik.

Bupati Sukabumi Mendukung Pengembangan Desa Wisata Cisande

Untuk diketahui, Desa Wisata Cisande menjadi salah satu peserta dari 1.831 jaringan desa wisata Jawa Barat dan berhasil sebagai perwakilan 50 desa wisata terbaik. Atas keberhasilan tersebut, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mendukung atas prestasi dari Desa Cisande. Selain itu, berharap dapat bisa mendukung spirit untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Sukabumi.

Apalagi, Kabupaten Sukabumi mempunyai banyak potensi wisata yang sangat menarik. Selain itu, kaya akan keindahan alam dan seni budaya. Bupati juga berharap Kemenparekraf  bisa mendukung desa wisata cisande sukabumi.

Informasi Lokasi

Alamat: Kampung Karadenan, RT. 22/07, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Contact Person: Maman Mulyana,S.Pd

Email: mmulyana32@yahoo.com

Nomor Kontake: 085759581748

Facebook: agrowisatacisande

Instagram: agrowisatacisande

Artikel menarik lainnya: Kampung Horta Bogor Sebagai Tempat Wisata dan Bermain Anak-Anak Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *