Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Jawa Barat

Wisata Pantai Pangandaran Dibuka Kembali Langsung Ramai Dikunjungi Wisatawan

Wisata Pantai Pangandaran dibuka langsung ramai dikunjungi wisata. Pantai terbaik di Kabupaten Pangandaran lokasinya paling selatan Jawa Barat dan berbatasan dengan Samudera Hindia. Tempat wisata alam ini selalu dikunjugi wisatawan lokal maupun mancanegera.

Di Pantai Pangandaran, wisatawan bisa menikmati panorama pantai dengan hamparan pasir putih, riak ombak laut yang relatif kecil, dan ditambah hembusan angin. Sehingga, pengunjung akan merasa nyaman. Selain itu, wisatawan dapat mengunjungi kawasan konservasi yang di dalamnya terdapat aneka flora dan fauna. Di Taman Wisata Alam tersebut terdapat juga situs peninggalan massa kerajaan Hindu Budha. Ada Prasasti Batu Kalde, Nanndi dan Yoni, ditambah beberapa Goa alami dan buatan.

Mari Berkunjung ke Tempat Wisata Pantai Pangandaran yang Dibuka Kembali

Keindahan Pantai Pangandaran. Foto @mulkisalman
Keindahan Pantai Pangandaran. Foto @mulkisalman

Untuk sampai di pantai Pangandaran, wisatawan dapat pergi melalui beberapa rute. Dari Kota Bandung dapat menaiki bus, rutenya Bandung-Tasikmalaya-Pangandaran menempuh jarak 236 km. Rute lainnya dengan menaiki kereta api, wisatawan trun di Stasiun Banjar dan melanjutkan perjalanan dengan bus sampai Pangandaran. Bagi wisatawan yang datang dari Yogyakarta, melalui rute Yogyakarta-Cilacap-Banjar-Pangandaran. Jaraknya 385 km. Kalau mau menaiki kereta api akan turun di Stasiun Banjar juga, lalu naik bus hingga ke Pangandaran.

Kondisi jalan yang beraspal membuat wisatawan akan nyaman berkeliling Pangandaran dengan kendaraan bermotor maupun sepeda di sana. Pada malam hari, pengunjung bisa tetap melakukan aktivitas dengan merasa aman karena penerangan cukup memadai.

Dua Sisi Tempat Wisata Pantai Pangandaran Pantai Timur dan Barat

Di Pantai Barat, ombak tidak begitu besar dihiasi hamparan pasir yang luas. Kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan, antara lain:

  • Berenang,
  • Menaiki perahu menuju Pasir Putih ataupun berkeliling di TWA Cagar Alam,
  • Snorkeling,
  • Berkuda,
  • Keliling Pangandaran dengan menyewa mobil gowes atau trail┬ámini,
  • Surfing,
  • Berjemur di bawah matahari sambil menikmati pemandangan sekitar
  • Menyaksikan matahari terbenam.

Pantai timur dikenal dengan tempat kuliner yang lengkap. Wisatawan dapat menikmati ragam olahan makanan laut yang dihidangkan sesuai pesanan. Harganya masih dikatakan cukukp terjangkau. Ikan juga bisa langsung dibeli dari nelayan. Kondisi ikan tentu lebih segar. Kegiatan yang dapat dilakukan di pantai timur, antara lain:

  • Watersport,
  • Memancing,
  • Keliling pantai menggunakan mobil gowes, sepeda tandem dan trail mini.

Kawasan wisata Pangandaran terdapat berbagai fasilitas penunjang, seperti area parkir yang luas, penginapan dengan berbagai tipe, bank, atm, dan rumah makan. Jadi, jangan takut kalau kehabisan uang dan kelaparan di sekitar tempat wisata.

Jika ingin membeli oleh-oleh khas Pangandaran untuk dibawa pulang, wisatawan dapat membelinya di pusat belanja tak jauh dari pantai. Kamu bisa membeli ragam pernak pernik kerajinan, dan pakaian pantai. Ada juga oleh-oleh makanan khas Pangandaran seperti jambal roti dan ikan asin.

Baca juga: Gunung Tumpeng Girimukti di Kecamatan Ciemas Menjadi Tempat Wisata Viral di Sukabumi

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close