Wisata Jawa Barat

Wisata Glow Kebun Raya Bogor Destinasi Edukasi Cahaya Malam yang Menarik 

Pencahayaan malam hari yang gelap menjadi keunikan wisata Glow Kebun Raya Bogor. Glow memiliki makna penerang kehidupan yang menghiasi gelap malam dengan cahaya untuk menikmati suasana di antara tumbuhan dan satwa.

Pengunjung disajikan proyeksi visual dengan paduan edukatif dan iringan music dengan tujuan untuk merangsang daya khayal pengunjung. Wisata mala mini menampilkan kisah fiksi dengan pesan inspiratif. Pengunjung juga diajak untuk belajar nilai sejarah, melestarikan tumbuhan dan lingkungan. Wisata edukasi di Kebun Raya Bogor ini memiliki misi utama untuk mencintai Tanah Air nan lestari.

Wisatawan dapat menikmati 6 zona yang dapat dikunjungi, antara lain: Zona 1 Taman Pandan, Zona 2 Taman Meksiko, Zona 3 Taman Akuatik, Zona 4 Lorong Waktu, Zona 5 Taman Astrid, dan Zona 6 Ecodome-Penjemputan. Wisata Glow Kebun Raya Bogor menjadi tempat untuk belajar tentang tumbuhan dan menelusuri kawasan Taman Raya Bogor

Ada Apa saja Wisata Glow Kebun Raya Bogor?

Tempat Wisata Glow Kebun Raya Bogor membuat pengunjung bisa memiliki pengalaman dan keindahan pada malam hari. Selain itu, bisa melihat koleksi ratusan spesies tumbuhan seperti terdapat kaktus, agave, dan yucca yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Zona 1 – Taman Pandan Kebun Raya Bogor

Di Kebun Raya Bogor, ada tanaman Pandan yang banyak manfaatnya. Diantaranya serat pandan dianyam menjadi bahan tikar, topi dan kerajinan lain dan bahannya adalah pandan tikar/ pandan duri (Pandanus tectorius). Jenis lainnya  pandan  adalah Pandanus amaryllifolius yang disebut pandan wangi yang dipakai sebagai pewangi, pewarna makanan, dan upacara adat/ keagamaan beberapa suku di Indonesia.

Selain itu, wisatawan yang mengunjungi Taman Pandan bisa melihat satwa malam hari dan ditampilkan sebagai tokoh fauna dalam cerita. Adapun ceritanya mengenai ekosistem antara makhluk hidup dengan lingkungan yang sangat saling mempengaruhi.

Zona 2 – Taman Meksiko

Taman Meksiko terdapat banyak koleksi ratusan spesies tumbuhan sukulen, antara lain kaktus, agave, dan yucca. Pengunjung bisa memperoleh pengetahuan tersembunyi tumbuhan iklim kering dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Pengunjung bisa menikmati sensasi GLOW Taman Meksiko udara dan keindahan kaktus, agave dan yucca yang terpendar cahaya kegelapan malam.

Zona 3 – Taman Akuatik

Pengunjung bisa melihat keseimbangan kehidupan tumbuhan di ekosistem air, antara lain terapung, berbatang, bersifat tetap, atau berpindah mengikuti arus air di Taman Aquatik Glow Kebun Raya Bogor. Koleksi tanaman di Taman Akuatik, seperti  Typhonodorum lindleyanum Schoot., Metroxylon sagu Rottb., Barringtonia asiatica (L) Kurz. dan lain-lain.

Tanaman Typhonodorum lindleyanum Schoot. atau Pisang Air memiliki keunikan dari segi bentuk, warna daun dan bunganya. Tanaman ini bisa digunakan untuk bahan makanan, seperti Biji dan umbinya dapat dibuat tepung sebagai bahan kue atau mie.

Zona 4 – Lorong Waktu

Pengunjung Lorong Waktu Glow Kebun Raya Bogor seolah berada di dimensi waktu yang bergulir satu arah menuju kepada sebuah titik. Waktu yang memutarkan denyut peradaban dan proses evolusi makhluk hidup dalam kehidupan yang berganti.

Zona 5 – Taman Astrid

Kebun Raya Bogor telah lestari sejak masa raja-raja Nusantara. Diawali legenda Samida dan diteruskan membangun hutan buatan untuk taman dan lahan penanaman. Taman Raya Bogor memiliki peran penting sebagai pusat perlindungan eksositem dan dikembangkan menjadi pusat penelitian alami yang manfaat bagi ilmu botani dan farmasi. Di Taman Astrid, pengunjung akan disajikan rangkaian kisah penjelajahan GLOW sembari menikmati kisah sejarah melalui visualisasi unik pada malam hari.

Zona 6 – Ecodome

Sebelum menyelesaikan penjalajahan GLOW Taman Bogor Raya di antara gelap malam dan menelusuri pendar cahaya yang berasal dari bola raksasa. Model bangunan Ecodome berbentuk yang kokoh dari terpaan angin dan cuaca. Kemajuan zaman bisa memberilan manfaat kepada ekosistem, sehingga kehidupan bisa terus tercipta dan flora – fauna bisa lestari hinggai 200 tahun ke depan.

Harga Tiket Masuk Glow Kebun Raya dan Cara Pemesanannya

Pengunjung bisa berwisata di Glow Kebun Raya Bogor dengan harga Rp100 ribu dan terkadang ada harga Spesial yaitu Rp 75 ribu – Rp 100 ribu / orang. Pemesanan Tiket Wisata Edukasi Bogor tersebut dilakukan melalui website glowindonesia.com.

Artikel menarik lainnya: Kopi Tubing BogorTempat Ngopi Baru Kaum Muda dengan Suasana Sawah yang Sangat Viral

Cara Pemesanan Tiket Glow Kebun Raya Bogor

  1. Silakan buka glowindonesia.com
  2. Klik Get Ticket untuk masuk ke halaman pemesanan.
  3. Pilihlah Login atau Register jika tidak memiliki akun.
  4. Klik jumlah Jumlah Orang / Tiket.
  5. Pilihlah Tanggal dan Waktu Show untuk berkunjung.
  6. Isilah data diri.
  7. Klik Metode Pembayaran.
  8. Selanjutnya melakukan Pembayaran.
  9. Lalu, E-Voucher dan Barcode dikirimkan ke email yang digunakan.
  10. Silakan menunjukan E-Voucher di Ticket Box yang akan ditukar gelang Glow sebagai tanda masuk.

Jam buka Glow Kebun Raya Bogor dibuat dalam grup dengan kuota yang terbatas dari pukul 18.10-20.00 WIB. Setiap pengunjung diharapkan bisa datang 15 menit sebelum waktu jam kunjungan. Lokasi Glow Kebun Raya Bogor berada di di Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kota Bogor, Jawa Barat 16122.

Demikian informasi mengenai  Wisata Kebun Raya Bogor Glow sebagai Destinasi Edukasi yang bisa menjadi pilihan tempat untuk dikunjungi. Destinasi wisata yang menarik dikunjungi bersama teman dan keluarga.

Artikel menarik lainnya: Alun Alun Kota Bogor Ikon Baru dan Ruang Publik Eks Taman Topi

2 thoughts on “Wisata Glow Kebun Raya Bogor Destinasi Edukasi Cahaya Malam yang Menarik 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *