Wisata Jawa Barat

Wisata Curug Nangka Bogor Air Terjun yang Bagus dan Indah untuk Dikunjungi

Wisata Curug Nangka Bogor berada di Kawasan Taman Nasional Halimun Salak (TNGHS). Di kawasan ini juga terdapat tempat camping yang dekat dengan aliran air dengan kondisi jernih dan bersih bersumber dari air terjun. Ketinggian curug ini sekitar 25 m.

Secara administratif, kawasan Curug Nangka Bogor merupakan bagian dari Desa Sukajadi dan Gunung Malang, Kecamatan Ciapus Kabupaten Bogor. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke lokasi, harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit dengan kondisi yang cukup layak dilalui kendaraan mobil dan sepeda motor.

Tidak perlu takut tersesat, karena ada papan petunjuk arah yang mengarahkan perjalanan ke Curug Nangka. Sehingga, cukup sangat mudah untuk didatangi oleh wisatawan. Jika mau naik kendaraan umum, pengunjung bisa menaiki angkot dari Kota Bogor.

Kendaraan Angkot yang dinaiki menuju Curug Nangka adalah jurusan Ramayana-Ciapus yang ngetem dari depan Bogor Trade Mall. Lalu, perjalanan berhenti sampai pertigaan sebelum pintu gerbang, Kemudian, lanjutkan rute menuju belok kiri kearah Curug Nangka. Berhenti di pertigaan, lanjutkan dengan berjalan kaki ke pintu gerbang. Jaraknya menuju gerbang kira-kira ½ km.

Jalan Kaki dari Pintu Gerbang Menuju Tempat Wisata Curug Nangka Bogor

Setelah sampai gerbang, wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan trekking melewati tangga batu dan menyeberangi sungai. Di tengah perjalanan akan melewati dua curug kecil, yaitu Curug Daun dan Curug Kawung.

Perjalanan yang ditempuh menuju Curug Nangka Bohor sekitar 1 km dari gebang. Tak lama melakukan perjalanan, maka dapat menikmati  melihat air terjun yang menghempas bumi dan mengalir deras ke sungai di bawahnya. Air dari Curug Nangka cukup dingin didukung dengan udara yang dingin dan segar. Di sekitar air terjun akan tampak pemandangan pohon lebat di antara tebing tinggi.

Di bawah bagian curug, ada cekungan air yang dapat menjadi tempat mandi dan disekitarnya juga terdapat kolam alami pada bagian sungai. Pengunjung bisa berbasah-basahan di sana.

Fasilitas Wisata Curug Nangka Bogor bisa dikatakan cukup lengkap, dari lahan parkir hingga kamar mandi. Bagi Anda yang ingin menginap, wisatawan bisa bermalam di penginapan yang berada di sekitar pintu masuk. Jika lapar dan tidak bawa makanan dari rumah, wisatawan bisa makan di warung-warung makanan.

Sebelum berangkat disarankan untuk menggunakan sandal atau sepatu gunung yang khusu untuk trekking. Karena kondisi jalan Curug Nangka cukup licin dan perlu berhati-hati terutama pada musim hujan.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Nangka Bogor

Pengunjung yang ingin datang ke air terjun ini dikenakan biaya tiket dengan harga yang cukup murah, sebagai berikut:

Tiket Masuk Curug Nangka Weekday: Rp 22.000 dan Weekend: Rp 32.000

Apa Saja Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Curug Nangka Bogor?

Curug Nangka memiliki pemandangan alam yang indah dan  meliihat  air terjun turun di antara dua tebing dan pohon-pohon yang di sekitarnya. Selain menikmati keindahan alamnya, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan, antara lain:

Camping di Sekitar Curug Nangka Bogor

Kawasan wisata Curug Nangka Terdapat camping ground berada di sisi kanan dekat anak sungai. Jika ingin berkemah, maka akan dikenakan biaya Rp5.000/ orang/ hari. Bagi Anda yang suka camping, bisa mencoba pengalaman berkemah  di sini.

Selain itu adapula glamour camping (Glamping) dengan fasilitas yang cukup lengkap, seperti shower, toilet duduk, listrik, lampu, dan disedikan sarapan.

Artikel menarik lainnya: Alun Alun Kota Bogor Ikon Baru dan Ruang Publik Eks Taman Topi

Berenang di Aliran Curug Nangka

Anda juga bisa berenang di Curug Nangka yang dalamnya cuma sekitar lutut orang dewasa. Tetapi harus berhati-hati karena banyak bebatuan di sekitar kolam. Selain itu, bisa pula mandi di sekitar sungat yang ada di Kawasan Curug Nangka Bogor ini.

Demikian informasi mengenai Wisata Curug Nangka Bogor. Sebelum berangkat perhatikan cuaca, bawa pakaian ganti, dan jangan sampai ketinggalan dompet. Sebisa mungkin juga membawa sampah kembali pulang, agar tidak mengotori destinasi wisata atau buang di tempat yang disediakan.

Artikel menarik lainnya: Wisata Glow Kebun Raya Bogor Destinasi Edukasi Cahaya Malam yang Menarik 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *