Wed. May 15th, 2024
    Wisata Batu Kuda ManglayangWisata Batu Kuda Manglayang

    Bagi pecinta alam dan petualangan, Bandung Timur memiliki destinasi dengan nama Wana Wisata Batu Kuda Manglayang. Kawasan Batu Kuda ini berada di perbukitan yang dipenuhi dengan hutan pinus dengan ketinggian berkisar antara 1150 hingga 1300 mdpl.

    Menariknya, wisata alam Manglayang ini berada di bawah pengawasan langsung dari Perhutani dan menjadi tujuan wisata populer. Kawasan ini sudah diakui sebagai cagar budaya yang dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

    Meskipun namanya mencantumkan kata “kuda,” Wana Wisata Batu Kuda tidak memiliki kaitan dengan hewan tersebut. Alih-alih menjadi peternakan atau tempat wisata yang berhubungan dengan kuda, justru menawarkan pesona alam hutan pinus.

    Artikel menarik lainnya: Kopi Botanika Kuningan: Ngopi Cantik di Dekat Gunung Ciremai

    Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Tempat Wisata Batu Kuda Manglayang

    Pemandangan Batu Kuda bukan hanya hutan biasa yang gelap dan rimbun, tetapi telah diatur dengan baik untuk kenyamanan pengunjung. Tempat Wisata Batu Kuda ini memiliki banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu, seperti berikut ini.

    Botram Piknik Bersama dengan Keluarga Wisata Batu Kuda Manglayang

    “Botram” adalah istilah dalam bahasa Sunda kegiatan makan bersama di luar ruangan atau piknik. Tempat ini menjadi favorit untuk botram dengan membawa bekal makanan untuk dinikmati bersama-sama.

    Wisatawan bisa menikmati keindahan hutan pinus yang rimbun sambil bersantai, sangat cocok untuk melepas penat untuk melakukan rutinitas sehari-hari. Banyak orang yang datang ke sini hanya untuk botram dan bersantai  sambil menggantungkan hammock.

    Wisatawan Bisa Hiking di Kawasan Wisata Batu Kuda Manglayang

    Wisatawan bisa menjelajahi area Batu Kuda. Rutenya tidak terlalu sulit karena telah disediakan jalur dan tangga-tangga bambu y berkeliling area Batu Kuda. Dari Batu Kuda, wisatawan bisa mendaki ke puncak Gunung Manglayang yang jaraknya tidak terlalu jauh untuk pendaki pemula.

    Salah satu tujuan lainnya Dermaga Batu Kuda juga merupakan tempat yang perlu dikunjungi. Untuk menikmati pemandangan dari ketinggian, menara pandang ini bisa menikmati pemandangan yang luas ke sekitarnya.

    Berkemah di Camping Ground Batu Kuda

    Kegiatan favorit di tempat ini adalah berkemah. Banyak pengunjung yang datang secara perorangan maupun kelompok. Ada banyak ruang terbuka yang telah ditetapkan sebagai area perkemahan.

    Bahkan, banyak organisasi di Bandung Timur yang menggunakan tempat ini menjadi lokasi camping. Jika suka berkemah, Batu Kuda adalah tempat yang wajib Anda kunjungi.

    Terdapat Situs Batu Kuda

    Situs Batu Kuda adalah sebuah batu besar yang konon merupakan perwujudan dari kuda tunggangan Prabu Layang Kusuma. Tempat ini dekat dengan gerbang masuk, sehingga mudah dijangkau dengan berjalan kaki.

    Wisatawan bisa mengunjungi situs ini sambil melakukan trekking ringan melalui kawasan hutan pinus. Selain situs Batu Kuda, ada a beberapa petilasan lain di sini, seperti batu kursi, batu lawang, batu tumpeng, dan batu keraton, dengan cerita mitosnya sendiri.

    Tempat Wisata yang Pas untuk Berfoto

    Di tempat wisata ini terdapat banyak spot indah di Batu Kuda yang sempurna untuk berfoto. Tidak hanya  hutan pinus, wisatawanbisa naik sedikit ke bagian kayu yang ada di bagian atas bukit.

    Dengan latar belakang hutan pinus yang cantik, foto yang diambil bisa estetis. Ada banyak spot terbuka yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mengambil foto yang indah.

    Harga Tiket Masuk Wisata Batu Kuda Manglayang

    Untuk masuk ke Wana Wisata Batu Kuda, berlaku tarif sebagai berikut:

    • Tiket masuk (weekday): Rp 10.000 per orang
    • Harga Tiket masuk akhir pekan/hari libur (weekend/holiday): Rp 12.000 per orang
    • Parkir motor: Rp 2.000
    • Tiket Parkir mobil: Rp 5.000

    Fasilitas di tempat ini cukup lengkap, namun toilet bukan Cuma area hutan pinus dekat gerbang masuk. Terdapat juga toilet alternatif di sebelah kiri area tersebut, sebelum menuju ke platform menara pandang.

    Alamat Wisata Batu Kuda Manglayang

    Destinasi Wisata Batu Kuda terletak di Kampung Cikoneng, Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung. Tempatnya tidak terlalu jauh. Dari bundaran Cibiru, jaraknya sekitar 7 hingga 10 kilometer saja.

    Meskipun jalan menuju Batu Kuda cukup bagus, namun jalanannya cukup kecil dan terus menanjak, terutama di sekitar 2-3 kilometer terakhir sebelum mencapai lokasi.

    Demikian artikel tentang Wisata Batu Kuda Manglayang. Tempat wisata yang pas bersama keluarga dan teman-teman.

    Artikel menarik lainnya: Pantai Indah Resort & Hotel Pangandaran: Pengalaman Pantai yang Tidak Terlupakan

    2 thought on “Wisata Batu Kuda Manglayang Keindahan Alam yang Memukau”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *