Wisata Jawa Barat

Situ Rawa Besar Depok: Pemda Jabar Berikan Perahu Besar Dukung Wisata Air

Situ Rawa Besar Depok didukung oleh Pemerintah Jawa Barat (Jabar) dengan menyumbangkan perahu besar sebagai tempat wisata air. Perahu tersebut mampu mengangkut sekitar 10 orang kini dan sudah mulai bisa dipakai. Sumbangan tersebut atas dukungan  BJB.

Pemberian perahu juga sebagai tanda telah berakhirnya penataan Situ Rawa Besar, tidak tampak lagi kawasan kumuh. Sehingga, dapat menjadi tempat wisata warga sekitar. Harapannya, fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan warga dan menghasilkan pendapatan. Gubernur ingin warga tidak hanya jalan-jalan ke mall, tetapi juga wisata outdoor.

Perahu bermesin tunggal diserahterimakan oleh Ridwan Kamil secara simbolis kepada RW setempat. Disaksikan pula oleh Pjs. Wali Kota Depok Dedi Supandi (3/11/2020). Rombongan Kang emil sempat mencoba berkeliling Situ Rawa Besar dan mengajak anak-anak besar pengunjung lain yang datang di tempat itu.

Revitalisasi Pelestarian Situ Rawah Besar Menjadi Tempat Wisata Menarik di Kota Depok

Langkah pelestarian Situ Rawa Besar Depok sebagai langkah pengembangan sektor pariwisata air. Lokasi yang mudah didatangi pengunjuk karena terletak tepat di jantung kota Depok. Luas Situ rawa besar sekitar 13 Ha dan menjadi kawasan penyangga resapan air untuk wilayah Kota Depok dan sekitarnya. Danau tersebut berada di kawasan Jalan Wijaya Kusuma hingga Jalan Dukuh Pasar Lama.

Sebelumnya, Situ tersebut sempat digunakan sebagai penyangga kegiatan ekonomi. Namun, sempat tidak diperhatikan, sehingga dilakukan revitalisasi oleh pemerintah Jawa Barat. Pengembangan situ Rawa Besar dapat digunakan para pengunjung untuk mengabadikan momen dan swafoto bersama keluarga.

Selain itu, jika dikelola dengan baik, hasil perikanan dapat dimanfaatkan juga oleh masyarakat sekitar. Masyarakat dapat dilibatkan dengan memberi edukasi budidaya ikan air tawan. Sehingga dampaknya akan semakin terasa, apalagi sektor pariwisata air perhatikan dan dikembangkan oleh pemerintah.

Keberadaan Situ Rawa Besar kedepannya dapat menjadi destinasi wisata Kota Depok yang berkelanjutan. Kondisi lingkungan lebih terawat, tidak banyak sampah, dan dilengkapi dengan sarana yang baik seperti toilet yang bersih. Selain itu, ada keterangan atau penjelasan tentang tempat tersebut sebagai obyek wisata air agar menarik bagi para pengunjung di sana.

Pengembangan Tempat Pariwisata Air Kota Depok Jawa Barat

Kota Depok adalah wilayah yang mempunyai beberapa situ. Fungsinya tidak hanya sebagai tempat rekreasi. Tetapi jugamengairi irigasi dan sebagai penangakaran ikan sekaligus rekreasi pemancingan. Adapun situ yang terdapat di kota Depok, antara lain : Situ Rawa Besar, Situ Pedongkelan, Situ Tipar, Situ Rawa Kalong, Situ Pengarengan, Situ Jatijajar, Situ Cilangkap, Situ Bahar, Situ Cilodong, Situ Baru/Studio alam, Situ Citayam, Situ Asih Pulo, Situ Jemblung, Situ Gadog, Situ Pancoran Mas, Situ Pladen, Situ Bojong Sari, Situ Sawangan, Situ Pangasinan.

Tahukah kawan Sabumi, Kawasan Situ Rawa Besar terletak dekat dengan kampung Lio. Wilayah permukiman padat yang bisa dilibatkan turut menjaga ekologi tempat pariwisata air Situ Rawa Besar tersebut. Situ ini digadang-gadangbisa menjadi bagian dari pengembangan program pariwisata Kota Depok.

Untuk itu, tidak hanya situ saja yang diperhatikan, Kampung Lio menjadi bagian lingkungan yang diperhatikan sebagai bagian jejaring jejalur wisata kota. Wisata air Situ Rawa Besar dilakukan dengan penataan bangunan dan insfrastruktur permukiman. Hal itu diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat sekitarnya.

Situ Rawa Besar bisa berfungsi sebagai sumber penghidupan warga jika terus dijaga. Kegiatan ekonomi dapat ditingkatkan dengan adanya kegiatan wisata dan usaha lokal warga, serta pengembangan jasa lainnya yang dapat berfungsi sebagai pendukung bagi kegiatan ekonomi kawasan utama di sekitar Situ Rawa Besar.

Informasi menarik lainnya: Fungsi Noken Bagi Kehidupan Perempuan Papua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *