Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Jawa Barat

Situ Bagendit Garut yang Gadang-Gadang Menjadi Tempat Wisata Dunia Oleh Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengumumkan mulai melakukan pembangunan Situ Bagendit Garut pada bulan November 2020. Program pembangunan tersebut menjadi masukan Pemprov Jawa Barat kepada Pak Jokowi saat kunjungan kerja di Garut di awal tahun 2019.

Pengerjaannya diperkirakan akan memakan waktu selama 14 bulan. Sehingga, pada akhir tahun 2021, dapat menjadi tempat destinasi wisatawan kelas dunia. Pemerintah Kabupaten Garut telah menyosialisasikan pembangunan Kawasan Daerah Tujuan Wisata (DTW) Situ Bagendit,  Ridwan Kamil sudah mencanangkan rencana pengembangan tempat wisata sejak 26 Oktober 2020.

Apa Menariknya Situ Bagendit Garut Dikembangkan Jadi Objek Wisata?

Sektor pariwisata dikembangakan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi daerah Kabupaten Garut. Hal itu sesuai dengan amanat Perda No. 1 Tahun 2019 tentang  RPJMD periode  2019-2024. Tempat wisata garut akan menjadi core bussines pembangunan.

Bupati Garut meminta PT. Adhi Karya sebagai kontraktor penataan kawasan Situ Bagendit mengerjakan sesuai waktu yang disepakati yakni selama 14 bulan.

Untuk upaya pengembangan Situ Bagendit, Pemerintah Garut sudah membebaskan tanah masyarakat, sekitar 7,5 hektar di sekitar Situ Bagendit. Pembebasan lahan menghabiskan dana sebesar 22 Miliar Rupiah. Total keseluruhan anggaran diperkirakan mencapai 104 miliar; dari dana Pemda 22 miliar dan Kemen PUPR 81 Miliar.

Bupati Garut mengharapkan revitalisasi tetap memperhatikan kearifan lokal dan memanfaatkan sumber daya tenaga kerja maupun material dari wilayah Kecamatan Banyuresmi.

Tahukah Kawan Sabumi bahwa Situ Bagendit menjadi salah satu daya tarik wisata alam di Kabupaten Garut dengan total luas 124 ha. Tempat yang cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal Garut dan sekitarnya pada hari libur.

Sebagai kawasan lindung yang dimanfaatkan menjadi kawasan wisata, Situ Bagendit harus mempertahankan kriteria   kelestarian lingkungan hidup baik sumber daya alam maupun sumber daya buatan.

Kawasan Situ Bagendit berada di Jl. K.H. Hasan Arif, termasuk dalam wilayah administratif Desa Sukamukti Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Nyaris seluruh wilayah permukaan di sekitar kawasan Situ Bagendit berada pada ketinggian yang sama, antara 700 mdpl.

Wisata Situ Bagendit menjadi  wisata tirta sebagai potensi wisata air dengan luas areal mencakup 87,57 ha. Wisatawan dapat mengelilingi seluruh area Situ Bagendit menggunakan rakit maupun sepeda air yang tersedia di dalam kawasan.

Informasi menarik lainnya: Pendekar-Pendekar Pesilat Cilik Kampung Cijati Cicantayan Raih Medali Emas

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close