Seblak Rafael Garut Dibikin di Cobek Bikin Ketagihan

Seblak Rafael Garut Dibikin di Cobek Bikin Ketagihan

Seblak Rafael Garut Dibikin DiCoet Bikin Ketagihan. Enggak nyangka, Rafael Tan dari SMASH ini malah jadi ambasador seblak di dunia maya. Sang duta seblak yang Viral sekali. Kontennya membuat penonton penasaran dan ketagihan melihat seblak di TikTok. Menariknya banyak orang udah pada bikin dan penasaran mau mencoba sendiri.

Seblak adalah makanan khas Sunda dari daerah Parahyangan. Rasanya gurih dan pedas dan bikin nagih! Bahan utamanya dari kerupuk yang dicampur bawang putih sama kencur. Bikin rasanya has dan enak sekali.

Seblak mulai booming di Bandung sekitar tahun 2000-an, tetapi katanya kuliner serupa sudah ada di Garut dan Cianjur Selatan dari jaman dulu. Bahkan sebelum zaman kemerdekaan. Namanya Kurupuk Leor yang memiliki tekstur yang lembut sekali. Nah, Seblak Rafael itu terutama identic dengan cobeknya

Seblak Cobek Garut Ala Rafael Tan

Seblak bisa dibuat dengan banyak variasi topping, kuahnya pekat, dan rasanya pedas. Tetapi ternyata, seblak asli Garut punya cara masak yang berbeda.

Seblak yang ditunjukka Rafael Tan ini seblaknya cuma memakai satu jenis kerupuk saja. Bumbunya juga simpel, cuma ada bawang putih, cabe rawit, sama kencur (cikur). Semua bumbu itu diulek halus menggunakan cobek, setelah itu disiram pake minyak panas.

Setelah bumbunya sudah siap, kerupuk yang sudah direbus dimasukin. Lalu, Aduk rata sambil nyantap dengan lahap. Hal ini yang membuat Rafael viral, karena melakukan aksi Konten dengan gaya yang lucu dan santai.

Tidak Hanya dari Kerupuk, Rafael juga Membuat Mie Goreng Seblak

Selain Seblak Cobek, Rafael ternyata bisa membuat varian resep dari mi goreng. Jadilah Seblak Mie Goeng. Sekarang menjadi menu andalannya setelah seblak coet. Mi goreng-nya keliatan menggoda banget, apalagi dicampur dengan bumbu seblak yang gurih dan pedes.

Refael Rajin Melakukan Review Jajanan Sunda

Selain itu, Rafael Tan SM*SH juga membuat seblak membuat ulasan tentang jajanan lain, seperti telur gulung, bacil hingga cilor. Jajanan hits dari Jawa Barat namanya Bacil. Bacil itu singkatan dari bakso kecil, bentuknya mirip cilok tapi ukurannya lebih kecil, gitu loh.

Nah, Rafael tuh sharing momennya lagi menikmati Bacil dan langsung viral, bro! Biar bisa bikin Bacil sendiri, kamu perlu campur tepung tapioka sama tepung terigu, terus dicampur air panas. Setelah itu, Bacil disajikan menggunakan bumbu pedas yang terbuat dari bawang putih, kencur, dan cabe merah. Bacilnya dimasak bareng bumbu tersebut.

Bahkan, resep seblak coet ala Rafael Tan, atau yang dikenal sebagai Rafael Landry Tanubrata, sampai viral sekali. Menariknya, berdampak langsung pada ketersediaan kerupuk mawar putih di beberapa tempat di Kabupaten Garut! Jadi, panganan pendamping yang terbuat dari adonan tepung tapioka ini jadi kosong di toko-toko.

Eh, Rafael mengetahui keluhan tentang langkanya kerupuk mawar putih. Dia cerita lewat video TikTok @rafaell_1616, sambil makan pempek bumbu seblak di atas cobek. Artis kelahiran Garut mendengar cerita curhatan ibunya yang bilang kalau kerupuk mawar putih susah dicari.

Artikel menarik lainnya: Muara Jambu Camping Ground Tempat Liburan dan Wisata Berkemah di Subang

Alamat Seblak Rafael Garut

Lokasi Seblak Rafael Garut terletak di Jalan  OTISTA no.277 TAROGONG GARUT ( Depan Kampus STIE YASA ANGGANA). Namun penonton tidak hanya ingin membeli seblak buatannya.

Bukan penasaran sama alamat Geprek Rafael, tapi netizen malah pada kepo sama resep seblak buatan Rafael Tan yang katanya enak bange. Hingga ingin mencoba bikin makanan hits ini di rumah. Terutama para fans Rafael Tan.

Konten Seblak Coet ala Rafael bikin para warganet sampe akun-akun centang biru tergiur buat membuat masakan. Viralnya gila-gilaan, sampai Seblak Coét Mamang Rafael jadi salah satu menu andalan di kuliner Geprek Rafael miliknya di Garut, Jawa Barat. Yang lucunya lagi, warganet sampe angkat Rafael jadi Duta Seblak. Tertarik mencobanya seblak Rafael?

Artikel menarik lainnya: Wisata Side Land Kaduela Kuningan Destinasi Seru dengan Pemandangan Gunung Ciremai

admin

One thought on “Seblak Rafael Garut Dibikin di Cobek Bikin Ketagihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *