Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Jawa Barat

Menikmati Keindahan Pohon Pinus di Kawasan Wisata Alam Gunung Pancar Bogor

Taman Wisata Alam Gunung Pancar adalah adalah kawasan gunung yang memiliki hutan produksi yang menjadi tempat wisata terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawasan Hutan Produksi yang berada di Gunung Pancar mengalami perubahan fungsi menjadi Taman Wisata Alam Gunung Pancar dengan luas 447,5 Ha berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan No. 156/Kpts-II/1988 tgl 21 Maret 1988.

Gunung Pancar berada pada ketinggian 300–800 m dpl dengan kondisi kontur tanah landai sampai bergelombang terjal. Kondisi kemiringannya sekitar 15­40%. Bagian tertinggi di tempat wisata ini berada di puncak Gunung Pancar 800 m dpl dan Pasir Astana 700 m dpl.

Tidak heran kalau Gunung Pancar banyak didatangi pengunjung, karena memiliki objek dan daya tarik yang menawan. Di kawasan ini, kamu dapat menikmati keindahan pemandangan hutan pinus yang indah dan menikmati pergelaran kesenian tradisional daerah.

Potensi Wisata Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Kamu Pasti Tertarik Mengunjunginya

Kawasan Camping ground Gunung Pancar. Foto https://www.instagram.com/gunungpancar/
Kawasan Camping ground Gunung Pancar. Foto https://www.instagram.com/gunungpancar/

Taman Wisata Gunung Pancar menjadi destinasi yang menawarkan panorama alam hutan menjadi tempat kreasi dan rekreasi. Kegiatan pariwisata alam yang diunggulkan di tempat ini.

Berikut potensi wisata yang terdapat di Taman Wisata Alam Gunung Pancar, antara lain:

  • Kawasan perkemahan dengan lokasi ditempatkan di beberapa lokasi. Seperti Ground Bukit Batu Gajah dengan luas 10.000 m2, Bukit Batu Pandan memiliki luas 5000 m2, dan Lembag Pakir yang yang luasnya sekitar 10.000 m2.
  • Tempat Pemandian Air Panas di Lokasi di Blok Asiah terdapat bangunan dengan jumlah 12 kamar.
  • Tracking Downhil sebagi jalur sepeda gunung yang berada di (Blok Cipanas s/d Blok Ciburial). Panjang kawasan track sekitar 500 meter dengan Kapasitas 100 orang.

Tempat wisata Gunung Pancar di Bogor ini dikenal dengan hutan pinus dan pemandian air panas. Sehingga, menjadi lokasi wisata yang menjadi pilihan banyak orang, khususnya warga Jakarta dan sekitarnya.

Gunung Pancar juga memiliki yang menari dari potensi flora di dalam hutannya, seperti ditemukan berbagai jenis tumbuhan Kondang (Ficus variegata Bl), Teureup (Artocarpus elasticus), Rasamala (Altingia exelsa), Puspa (Schima walichii), Bayur(Pterospermum javanicum), Burahol (Stelechocarpus burahol), Mara (Macaranga tanarius), dan Putat (Barringtonia spicata Bl). Di hutan sekunder, tumbuhan didominasi oleh pohon Pinus (Pinus merkusii).

Di tempat wisata ini juga memiliki Potensi Fauna yang tak kalah dengan hutan lain, seperti Owa Jawa (Hylobathes moloch), Surili Jawa (Presbytis comata), Macan Tutul (Panthera pardus), Lutung (Tracipytheucus auratus), Babi Hutan (Sus scrofa), Ayam Hutan (Gallus gallus), Elang Ular Bido (Spilorasi cheela) dan Elang Hitam (Inctianetus malayyensis).

Lokasinya Dapat Dikunjungi dengan Mudah

Gunung Pancar bisa menjadi pilihan berliburan dari anak muda dan keluarga dengan latar pemandangan alam yang mempesona. Bagi kamu yang ingin berkunjung, lokasinya tidak sekitar 1,5 ­ 2 jam dari Jakarta atau 45 menit dari Sirkuit Sentul.

Taman Wisata Gunung Pancar (TWA-GP) dapat dikunjungi dari arah Kota Jakarta melalui jalur darat Tol Jagorawi. Keluar dari pintu Tol Sentul Selatan menuju Kecamatan Babakan Mandang dan Desa Karang Tengah dengan jarak tempuh 11 km. Selain itu, kawan Sabumi juga dapat mendatangi lokasi dari kota Bogor melewati daerah Bogor Baru, Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Mandang dan Desa Karang Tengah dengan jarak 25 km.

Tempat wisata menarik lainnya: Kisah Cerita Rakyat Mbah Ebos Sang Pembuka Lahan Tempat Wisata Ciater

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close