Sat. Apr 13th, 2024
    Foto Obyek wisata Hutan Kertas di Karawang. Sumber IG @febbriastutiFoto Obyek wisata Hutan Kertas di Karawang. Sumber IG @febbriastuti

    Obyek wisata Hutan Kertas di Karawang bukan hutan yang dipenuhi oleh kertas. Melainkan terdiri dari pohon yang membentuk hutan. Produk hutan dalam bentuk kayu kemudian akan diubah menjadi kertas. PT. Pindo Deli merupakan perusahaan yang menanam dan mengelola pohon di hutan kertas ini.

    Pada awalnya, penanaman pohon di kawasan ini bertujuan untuk meningkatkan pasokan bahan baku di kertas dari daerah lain yang terkadang kurang. Jenis yang direncanakan adalah pohon kalitus atau juga dikenal sebagai eukaliptus. Tumbuhan ini tumbuh di Indonesia dan Australia dan berguna untuk diubah menjadi bubur pembuatan kertas.

    Bermacam jenis pohon di hutan kertas telah ditanam sejak tahun 2004, tetapi terbuka di daerah wisata sejak 2017. Keindahan kawasan hutan telah terbukti menarik banyak orang untuk mengunjungi hutan buatan ini.

    Sekilas Awal Mula Tentang Obyek wisata Hutan Kertas Karawang

    Pada tahun 2017, sekelompok anak mudamengambil inisiatif untuk mengubah wilayah tersebut menjadi tempat wisata. Tangan kreatif mereka telah berhasil “menyulap” hutan Eukaliptus di tempat yang semakin indah, rapi, bersih, dan bagus dibuat foto instagram.

    Hutan kertas tadinya tidak begitu baik atau secantik sekang dan masih ada banyak grumput liar. Pada awalnya, itu adalah tempat perkemahan dan tempat kongkow. Kemudian, melihat potensi pohon yang rapi dan menarik, kami menjadikan tempat ini sebagai objek wisata.

    Penduduk setempat membangun satu per satu fasilitas, mulai dari pembangunan beberapa spot untuk selfie, dengan memasang hammock, lentera dan tulisan yang menarik sera payung berwarna. Selain itu, ada pula Kafe untuk bersantai dengan harga yang terjangkau.

    Pengelola juga menyediakan panggung terbuka dengan bangku kayu, termasuk kebutuhan sistem audio. Wisata Hutan Kerta Karawang sangat terbuka untuk semua orang yang ingin memiliki berlibur atau even di tempat ini.

    Daya Tarik Hutan Kertas

    Wisatawan akan dimanjakan dengan udara segar dan pohon hijau teduh yang menenangkan mata. Tempat ini biasanya dikunjungi oleh orang-orang muda dengan teman, pacar dan keluarga pada akhir pekan.

    Area hutan kertas yang tenang sangat cocok sebagai tempat berkumpul dan santai. Wisatawan juga dapat bermain sepeda dan menikmati kuliner yang dijual di sekitar hutan kertas Karawang.

    Destinasi wisata wisata hutan ini di Karawang ternyata buka sampai malam. Karena itu, tidak perlu khawatir jika pulang terlambat. Suasana di malam hari sangat tenang, dan banyak lampu yang membuat suasana begitu indah.

    Wistawan juga dapat mengambil foto dengan latar belakang lampu. Ada banyak tempat foto yang sangat dapat diinstagramable. Lokasi hutan kertas ini juga sering digunakan untuk mengambil foto prewedding.

    Hutan Kertas Terus Berkembang dan Menghasilkan 6 Anak Usaha

    Meskipun masih baru dalam periode dua tahun, “hutan kertas” melahirkan 6 anak bisnis lainnya. Usaha tersebut seperti bengkel hutan kertas motor, hutan kertas kafe, pengrajin kayu, penyelenggara pernikahan dan hutan kertas sepatu. Semuanya dikelola oleh penduduk setempat muda.

    Pengelola lahan tempat yang sekarang disebut Hutan Kertas meminta izin dari PT Pindo Deli, sebagai pemilik, untuk menjadikannya tempat wisata alami. Rupanya, perusahaan menyambut. Namun, dengan suatu persyartan, yaitu untuk mengurus dan tidak rusak.

    Tiket Obyek wisata Hutan Kertas di Karawang

    Harga tiket masuk ke wisata Hutan Kertas Karawang, yaitu Rp 10.000 termasuk parkir. Bagi mereka yang ingin melakukan sesi foto prewedding dibuat harga khusus, yaitu Rp 150.000.

    Sejak Lebaran 2019, setiap pengunjung ditagih tiket Rp 10.000 rupee dan Rp 15.000 rupee setiap akhir pekan dan liburan. Setiap pengunjung bebas menggunakan semua fasilitas yang ada. Seperti masjid, toilet, spot selfie, sepeda dan lainnya. Nah, jika ini hari Sabtu dan Senin malam, pengelola membuat musik akustik langsung di kafe.

    Artikel menarik lainnya: Bogor Fruit Garden Wisata Belajar Tumbuhan dan Memberi Makan Rusa

    Alamat Obyek wisata Hutan Kertas di Karawang

    Lokasi hutan kertas terletak di desa Gintung, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang. Wilayah ini termasuk dalam Depo PT. Pindo Deli. Untuk sampai ke lokasi wisata, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi karenatersedia di tempat parkir yang memadai.

    Obyek pariwisata hutan kertas buka setiap hari, dari jam 8 pagi hingga 11 malam, pada hari Minggu hingga Kamis, dan dari jam 8 pagi hingga 01:00 WIB pada hari Jumat hingga Sabtu.

    Artikel menarik lainnya: Menu Angkringan Tepi Sawah Setu Bekasi Viral

    3 thought on “Obyek wisata Hutan Kertas di Karawang Tempat Wisata Di antara Pepohonan yang Cantik”
    1. Obyek Wisata Hutan Kertas Di Karawang Tempat Wisata Diantara Pepohonan Yang Indah - Subumik - Quliner says:

      […] Source […]

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *