Sat. May 25th, 2024
    Lembah Salak Camping Ground Curug Putri Pelangi. Sumber IG lembahsalak.campgroundLembah Salak Camping Ground Curug Putri Pelangi. Sumber IG lembahsalak.campground

    Lembah Salak Camping Ground adalah salah satu tempat berkemah tersembunyi di Kota Bogor. Wisata alam yang memiliki pemandangan alam terbuka dan suasana Kota Bogor yang terlihat cantik pada malam hari.

    Tempat camping di Bogor ini memiliki suasana yang berbeda dan tergolong sepi pengunjung, karena tidak begitu banyak orang yang mengetahuinya. Lahan Camping Ground Lembah Salak, Curug Putri Pelangi bisa dikatakan cukup luas dan kondisi dataran yang berundak-undak.

    Orang yang ingin berkemah bisa memilih lokasi menjadi tempat mendirikan tenda. Tidak ada aturan tertentu membangun tenda, asalkan tidak terlalu rapat dan menghalangi tenda pengunjung lain di tempat wisata alam Bogor ini.

    Tempat ini menarik untuk didatangi, bagi pengunjung yang suka camping dan merindukan suhu udara yang sejuk. Agar tidak kedinginan maka jangan lupa membawa jaket, kaus kaki dan sarung tangan ya. Untuk mengurangi rasa dingin malam hari, bisa membakar api unggun, sembari menyeduh membuat kopi atau teh bersama pengunjung lainnya.

    Lokasi Lembah Salak Camping Ground Bogor

    Bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat berkemah ini bisa mengecek di google map dengan kata kunci pencarian “Camping Ground Lembah Salak, Curug Putri Pelangi.” Alamatnya berada di Tajur Halang, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat. Tempatnya tidak jauh dari pusat Kota Bogor dan cukup memakan waktu sekitar 30-45 menit saja.

    Untuk kondisi jalannya harus lebih diperhatikan, karena jalur yang sedikit ekstrem dan perlu memeriksa kendaraan bermotor harus dengan kondisi layak jalan. Bagi pengunjung yang pergi dengan kendaraan pribadi, berangkat melalui arah Tajur Halang.

    Patokan Perjalanan Rute Menuju Lembah Salak Camping Ground

    Selama perjalanan akan melihat pemandangan perbukitan dihiasi kejukan udara dingin. Patokan selanjutnya adalah bertemu SDN 02 Tajur Halang, kemudian belok kiri. Selanjutnya akan bertemu jalan bercabang.

    Kemudian bisa mengambil jalan mana saja, namun sebaiknya tidak mengambil jalan sebelah kiri karena kondisi medan yang terjal dan banyak bebatuan. Ingat jalannya tidak terlalu luas dan hanya cukup untuk satu mobil saja. Tak lama akan sampai di lokasi dan parker di tepat yang telah disediakan di dalam kawasan tempat berkemah.

    Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Tempat Camping Bogor ini?

    Bukan  hanya berkemah, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan, antara lain:

    1. Pengunjung bisa berwisata air di aliran Curug Putri Pelangi. Jaraknya tak begitu jauh dari Lembah Salak Camping ground sekitar 1,2 Km dari pintu masuk. Lokasinya bisa didatangi dengan menaiki sepeda motor atau berjalan kaki. Air yang mengalir ketika matahari sedang terikakan menghasilkan cahaya pelangi di antara batu-batu di dekat curug yang membuatnya tampak unik.
    2. Jika membawa anak-anak, maka bisa membawa mereka ke taman kelinci dan peternakan kambing, bukit cengkeh dan perkebunan jambu Kristal. Pengunjung bisa memetik dan membeli langsung jambu di sana.
    3. Pada malah hari, orang yang camping bisa melihat city light ke arah Kota Bogor sembari menyalakan api unggun. Untuk kayu bakarnya, pengelola sudah menyediakan untuk orang yang berkemah.

    Bagi kamu yang tidak membawa tenda dan peralatan camping dari rumah, pengelola menyewakan untuk setiap pengunjung. Biayanya bisa dibilang tak mahal dan sesuai dengan kebutuhan berkemah di tempat ini. Oh ya, untuk masuk ke kawasan ini harus membayar tiket masuk dan biaya parkir.

    Artikel menarik lainnya: Camping Ground Cidahu Sukabumi Tempat Kemping yang Sejuk di Kawasan Gunung Halimun Salak

    Harga Tiket Masuk Lembah Salak Camping Ground dan Penyewaan Peralatan Berkemah

    Berikut adalah biaya masuk dan biaya sewa peralatan yang bisa disewa.

    Tarif Camping

    • HTM (include curug)    : Rp 30.000 /orang
    • Parkir Mobil      : Rp 10.000 /mobil
    • Parkir Motor      : Rp 5.000 /motor

    Biaya Sewa Peralatan Camping

    • Sleeping Bag : Rp. 40.000
    • Matras : Rp. 20.000
    • Kayu bakar : Rp. 15.000
    • Paket makan : Rp. 45.000-65.000

    Selain membawa tenda camping sendiri, pengunjung juga bisa menyewa tenda untuk 2-4 orang. Harga sewa tenda Rp.150.000/unit. Ada pilihan menginap lainnya, yaitu menyewa 2 gazebo dengan harga sewa Rp.350.000/unit (weekday) dan Rp.450.000 (weekend). Bentuk Gazebo adalah rumah panggung yang bisa digunakan untuk 2-4 orang. Tersedia pula saung yang dibuat untuk santai atau masak-masak.

    Demikian informasi mengenai Lembah Salak Camping Ground Curug Putri Pelang Tempat Berkemah Tersembunyi di Kota Bogor. Mari berlibur dengan selalu menjaga protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan oleh pemerintah.

    Artikel menarik lainnya: Wisata Curug Nangka Bogor Air Terjun yang Bagus dan Indah untuk Dikunjungi

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *