Wisata Jawa Barat

Kampung Horta Bogor Sebagai Tempat Wisata dan Bermain Anak-Anak Sekolah

Kampung Horta  Bogor adalah tempat wisata edukasi atau wisata belajar bagi anak-anak sekolah. Wilayah Kampung Horta terletak di Kampung Selahuni, Desa Ciomas Rahayu, Kec. Ciomas, Bogor yang sebagian besar ibu-ibu dan remajanya melakoni pekerjaan sampingan sebagai pembuat/pengrajin boneka horta.

Suasana kampung yang tenang dan nyaman perdesaan membuat banyak sekolah yang datang ke Kampung Horta. Di tempat ini terdapat sawah, kolam ikan, kebun, dan kerbau yang bisa menjadi tempat kegiatan bermain sambil belajar bagi siswa sekolah. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini.

Kegiatan Menarik Bagi Siswa Sekolah di Kampung Horta Bogor

Kampung Horta dibuka untuk umum dan didatangi anak sekolah dengan  syarat minimal 20 orang dan paling banyak 200 orang. Setiap hari pengelolanya bisa memfasilitasi beberapa sekolah, sehingga harus menjadwalkan tanggal kedatangan terlebih dulu sebelum mengunjunginya.

Adapun Kegiatan pelatihan di Kampung Horta diantaranya sebagai berikut:

  1. Pelatihan membuat boneka Horta.
  2. Teknik dasar menyablon.
  3. Membuat telur asin,
  4. Pembuatan terarium.
  5. Membuat Daur ulang kertas,
  6. Membuat minuman cincau dan mengenal tanaman obat,
  7. Mempelajari ekosistem sawah,
  8. Cara menanam padi dan games seru di sawah seperti lomba menangkap bebek, lomba menangkap ikan dan lomba memindahkan belut.

Kegiatan pelatihan yang paling diminati adalah pembuatan Boneka Horta yang dibuat dari limbah sebuk kayu mahoni. Lalu dimasukkan ke dalam stoking dan diberikan benih rumput didalamnya. Anak-anak biasanya senang sekali membuat boneka horta, karena bisa dihias dengan mata mainan dan kain flanel yang dibentuk. Jadi, boneka bisa dibentuk seperti patung manusia, Kucing, Sapi dan hewan lainnya.

Pihak sekolah bisa memilih pelatihan-peatihan keterampilan sesuai dengan keinginan, kebutuhan, usia, atau kurikulum sekolah. Rombongan sekolah bisa mengikuti 2, 3 atau 4 program pelatihan.

Biaya Tiket Masuk Kampung Horta Bogor

Harga biaya tiket masuk Kampung Horta dihitung dari kegiatan yang diikuti. Adapun biaya setiap pelatihan adalah Rp. 20.000/ peserta dan waktunya 45-60 menit. Pengelola juga menyediakan makan siang untuk peserta dan guru dengan biaya biaya Rp 20.000/orang.

Contoh perhitungan biaya kegiatan: Jika pihak sekolah memilih 3 program pelatihan/ 1 hari ditambah dengan makan siang. Maka biaya yang dikenakan adalah Rp 80.000/peserta. Sedangkan kalau ingin mengikuti 4 pelatihan, maka biayanya yang harus dibayar Rp 100.000/orang. Bagi guru pendamping cuma membayar biaya makan siang Rp20.000 tanpa biaya tambahan.

Hasi pelatihan yang diikuti setiap peserta bisa dibawa pulang, sehingga tidak usah membeli oleh-oleh lagi dari tempat wisata edukasi Bogor ini. Misalnya, apabila mengikuti 2 pelatihan, maka akan membawa 2 barang atau turut serta dalam 4 pelatihan maka akan ada 4 barang yang dibawa pulang.

Prosedur Pemesanan Kegiatan

Bagi pihak sekolah yang ingin ke kampung horta, lakukan booking terlebih dahulu, mengikuti alur sebagai berikut.

  1. Kontak pengelola Kampung Horta untuk Booking Tanggal.
  2. Lakukan Pembayaran DP.
  3. Pelunasan dilakukan pada Hari kegiatan.

Sebaiknya melakukan survey lebih dulu untuk memastikan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan siswa di sana. Tempat wisata edukasi Kampung Horta bisa menampung 3-4 Bus besar (seat 60) langsung ke lokasi parkiran dengan bantuan kawalan tim pengelola di jalan masuk menuju Kampung Horta.

Informasi dan Survei Lokasi Hubungi :

CP : Ivan
Telp/WA : 0822-9969-5325
Email : info.kampunghorta@yahoo.com

Artikel menarik lainnya: Permainan Hompimpa dan Nilai Religius Dibaliknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *