Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Wisata Jawa Barat

Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor Menarik untuk untuk Dikunjungi Bersama Anak-Anak

Kampoeng Wisata Cinangneng dapat menjadi pilihan tempat wisata keluarga di kota Bogor selain puncak. Taman tempat bermain yang membawa tema Kampoeng dan kondisi pedesaan yang khas. Menawarkan berbagai kegiatan menarik, terutama untuk anak -anak.

Wisatawan akan banyak disajikan pada budaya Suku Sunda, khususnya dengan berbagai kegiatan yang umumnya dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Mulai bertanam padi, mengenakan lesung, pakaian adat dan instrumen musik tradisional.

Tempat wisata pendidikan ini adalah desa pariwisata Cinangnet yang tepat untuk dikunjungi oleh anak -anak sekolah yang ingin mengenal pertanian, budaya, dan alam di Indonesia. Suasana khas daerah pedesaan yang indah adalah citra budaya Sunda merupakan konsep daya tarik wisata Kampoeng Cinangneng.

Daya Tarik Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor

Nama Cinangneng itu sendiri diambil dari nama sungai di sana, Sungai Cinangneln. Sejarah tempat wisata edukasi  dan taman bermain anak -anak di Bogor didirikan oleh Hester Basoeki, Orang yang diakui oleh Menteri Pariwisata sebagai pelopor pariwisata desa di Indonesia dengan mendirikan program Pulang Kampoeng Wisata Cinangneng.

Sebagai desa wisata alam Jawa Barat, tempat ini memiliki berbagai kegiatan mulai dari budaya, dari alam hingga pertanian. Biasanya, pengunjung yang datang adalah sekelompok anak sekolah atau mahasiswa.

Awalnya, desa wisata Cinanggneng hanya memiliki luas sekitar 700 meter persegi dan kini telah meningkat menjadi 1,5 hektar. Ada alat musik dan lagu tradisional dengan 94 rumah penginapan.

Rata -rata per hari Kampoeng Wisata Cinanggnng menerima kunjungan wisatawan maksimum 600 orang, Pengunjung sebanyak 80% didominasi oleh lembaga pendidikan yang ingin merasakan edukasi suasana alami dan nuansa pedesaan. Anak-anak juga bisa belajar memainkan berbagai alat musik dan lagu -lagu tradisional.

Di desa wisata ini, pengunjung akan diajari beberapa alat musik Sunda yang khas seperti Angklung dan  Gamelan, serta menyanyikan lagu -lagu tradisional Sunda.

Belajar Menari Tradisional di Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor

Tanpa lupa, kegiatan pembelajaran tari tradisional seperti Jaipongan juga bisa menjadi pilihan. Tidak hanya belajar menari, pengunjung juga akan dilengkapi dengan pakaian tradisional sederhana sehingga tarian lebih menarik untuk ditonton.

Belajar Membuat Kue Dan Jamu Khas Tradisional

Bagi wisatawan yang menyukai aktivitas kuliner, pastikan untuk memilih paket membuat kue tradisional. Kue Bugis dan Putu adalah menu utama yang sering dipilih. Selain itu, ada juga paket aktivitas untuk mempelajari cara bikin jamu yang merupakan pengalaman yang menarik.

Menggambar Caping Pak Tani Dan Membuat Karya Seni Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor

Untuk anak -anak, kegiatan ini bisa menjadi pilihan. Peserta akan mendapatkan cat untuk melukis yang kreatif di atas Caping Tani. Selain itu, ada juga kegiatan untuk membuat karya seni sederhana seperti wayang batang dan daun singkong.

Menanam Padi Bersama Anak-Anak

Tidak semua orang merasakan pernah menanam beras. Di Kampoeng pariwisata Cinangneng, bisa melakukan kegiatan penanaman padi bersama anak-anak. Meraka bisa merasakan seperti apa awal mula padi di tanam di sawah.

Tour Kampoeng Kampoeng Wisata Cinangneng

Jangan lewatkan Tur Kampoeng yang akan mengunjungi usaha kecil penduduk setempat seperti konveksi dan kerajinan bambu. Pengunjung akan diundang untuk belajar dan melihat proses produksi UMKM yang secara langsung dilakukan oleh penduduk. Bepergian keliling Kampoeng juga menyenangkan karena pengunjung akan merasakan langsung melalui area kebun, sawah dan hutan.

Bermain Di Sungai Dan Memandikan Kerbau

Tidak lengkap dari pedesaan tetapi tidak merasakan sensasi melintasi sungai untuk memandikan kerbau. Kedua kegiatan ini juga bisa menjadi pilihan yang menyenangkan, terutama jika bareng kelompok. Anak-anak tentu menyukai kegiatan ini sambil mempraktikkan sifar berani dan ketangkasan.

Harga Tiket Masuk Kampoeng Wisata Cinangneng & Paket

Wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas wisata seru di Kampoeng wisata dengan memilih beberapa paket. Harga tiket paket Kampoeng Wisata Cinangneng dengan harga dari Rp20.000.

Harga Tiket Paket Kampoeng Wisata Cinangneng

  • Package A – Poelang Kampoeng (Minimum 20 Persons) adalah Rp145.000
  • Paket B – I Am Also From The Kampoeng (sedikitnya 10 Persons) adalah Rp125.000
  • Package C Survey Package adalah Rp20.000
  • Paket D Ronda adalah Rp100.000

Adapun Paket Poelang Kampoeng: Kampoeng Tour, Belajar bermain lagu dengan Angklung dan musik Sunda, bermain gamelan, tarian jawa barat, menanam padi, belajar membuat makanan dan minuman tradisional, dan lainnya.

Paket I Am Also From The Kampoeng: Kunjungi Kampoeng dengan foto pakaian tradisional, belajar cara memainkan lagu-lagu Angklung dan musik sunda, belajar bermain gamelan, menanam padi, membuat makanan dan minuman tradisional. Juga memandikan kerbau, untuk membuat boneka dengan daun singkong, menggambar, dan lainnya.

Artikel menarik lainnya: Jembatan Gantung Rengganis Terpanjang di Asia tenggara

Lokasi Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampung Wisata Cinangneng terletak di Jalan Babakan Kemang RT. 01/02, Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea Unik, Bogor. Akses ke lokasi Kampoeng Wisata Cinangneng membutuhkan waktu sekitar 45 menit menggunakan sepeda motor di kota Bogor.

Pengunjung ingin merasakan suasana di pedesaan, sehingga dapat memilih paket yang mencakup akomodasi. Meskipun tema daerah pedesaan, wisma yang diberikan kepada Kampoeng Tourism Cianneng memiliki fasilitas yang memadai mulai dari AC, shower, air panas dan televisi.

Bahkan ada fasilitas tambahan gratis untuk digunakan. Menariknya, air yang digunakan di kolam ini berasal dari mata air asli. Sementara fasilitas lain juga tersedia, seperti toilet, masjid, paket kuliner, dan toko suvenir.

Artikel menarik lainnya: Alam Wisata Cimahi Destinasi Destinasi kuliner dan Outbond Gratis Tiket Masuk

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close