Jembatan Gantung Rengganis Terpanjang di Asia tenggara

Jembatan Gantung Rengganis Terpanjang di Asia tenggara

Jembatan Gantung Rengganis Terpanjang di Asia tenggara adalah destinasi wisata baru di Kabupaten Bandung, Objek wisata ini sesuai yang diklaim oleh Bupati Bandung, Dadang jembatan gantung mempunyai panjang sekitar 350 meter.

Tempat wisata alam Kabupaten Bandung ini menghubungkan ke akses Wisata Kawah Rengganis di Ciwidey. Selama periode peluncuran ini, penduduk Kabupaten Bandung akan mendapatkan diskon 50% untuk memasuki area wisata ini. Caranya adalah menunjukkan KTP penduduk sesuai lokasi.

Perbedaan dengan suspension bridge di Sukabumi, jembatan ini mempunyai panjang 370 meter dan 70 meter di atas tanah. Sementara Jembatan Situgunung yang panjangnya hanya memiliki panjang 243 meter lebar 1,2 meter dan terletak pada ketinggian 107 meter dari bagian permukaan tanah.

Menariknya Jembatan Gantung Suspension Bridge Rengganis Terpanjang di Asia tenggara

Kawah Rengganis adalah tempat wisata yang cukup tersembunyi tetapi yang memiliki daya tarik air panas belerang. Jembatan Gantung di Ciwidey ini tidak kalah menarik mengenai nuansa keindahan alamnya.

Jembatan Gantung Rengganis bermuara di lokasi kawah atau dikenal penduduk lokal dengan nama air panas Cibuni. Selain pemandangan yang indah, wisatawan dapat menikmati matahari terbit dan terbenam.

Jembatan gantung ini memiliki kayu ulin yang kuat atau kayu besi Kalimantan, dengan konektor kawat sling yang kuat. Di sebelah kiri dan kanan, jaring dipasang. Ketika tubuh bergerak untuk melanjutkan, jembatan terasa berayun sehingga menghadirkan perasaan adrenalin.

Di lokasi ini, wisatawan dapat menikmati pesona alami kawah Renggani. Keindahan, pesona alam, dan air panas Cibuni di kawah Ciwidey Rengganis memiliki nilai-nilai sejarah yang kuat. Hal itu terjadi karena merupakan hasil dari letusan gunung sunda purba yang telah terjadi selama jutaan tahun.

Kawah aktif dengan letusan gunung masih ada dan merupakan objek wisata. Keindahan kawah rengganis terbentuk oleh alam, jadi keindahannya terbentuk secara alami yang memiliki nilai -nilai sejarah yang kuat karena merupakan hasil dari letusan gunung.

Direncanakan bahwa pembukaan besar akan berlangsung pada bulan Juni atau Juli 2022. Karena sejauh ini, akses jalan sedang ditata dan  tempat parkir mobil dibuat lega dan aman bagi wisatawan.

Harga Tiket Jembatan Gantung Rengganis Ciwidey

Nilai harga tiket: Rp 130.000/orang, namun promo bulan Mei 2022  dikenakan HTM Rp 100.000/orang. Wisatawan mendapat fasilitas kedua arah jembatan, ditambah welcome drink dan tiket masuk ke Kawah Rengganis.

Sedangkan kalau hanya sekali dan masuk ke Kawah Rengganis, harga tiket adalah Rp 70.000 pada bulan Mei 2022 (normalnya Rp 100.000). Apabila tidak melewati Jembatan Gantung Rengganis cukup membayar 15.000 (harga normal Rp 23.000).

Artikel menarik lainnya: Taman Kuning Tempat Wisata Keluarga di Kebun Raya Kuningan

Lokasi Menuju Jembatan Gantung Rengganis Dimana

Tempat wisata Jembatan gantung Rengganis adalah di Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung. Wisatawan yang datang diarahkan melalui alun-alun ciwidey Kabupaten Bandung menuju kawasan wisata Ciwidey. Lalu jalan melalui Kawah Putih hingga sampai ke Situ Patenggang.

Lalu, beberapa meter kemudian pengunjung akan dibelokkan dan diarahkan ke kiri yang berada di atas bukit. Sehingga, tampak pemandangan Situ Patenggang. Selanjutnya, jalan terus sampai ke pos retribusi. Kemudian, menempuh perjalanan sedikit akan tiba di jembatan gantung rengganis.

Fasilitas Fasilitas lengkap Jembatan Gantung Rengganis Terpanjang di Asia Tenggara yang disediakan membuat para pengunjungnya menjadi betah. Setidaknya datang lebih dari 5000 pengunjung ke lokasi ini setelah pembukaan jembatan tersebut. Di sana ada Mushola, toilet, rumah makan dan area parkir yang luas.

Artikel menarik lainnya: Keindahan Tempat Wisata Telaga Nilem Kuningan Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *